Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | JEWELRY | INI 5 BAHAN DI RUMAH YANG SIAP BERSIHKAN PERHIASANMU

Ini 5 Bahan Di Rumah Yang Siap Bersihkan Perhiasanmu

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Minggu, 24 Januari 2021 | 05:55:42
Durasi baca: 3 menit, 18 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ini 5 Bahan Di Rumah Yang Siap Bersihkan Perhiasanmu

Memiliki banyak perhiasan emas tapi yang digunakan itu-itu aja? Alhasil perhiasan menjadi kusam dan membuat iritasi kulit karena debu yang menempel.

Mulai sekarang jangan malas membersihkan perhiasan. Selain menjaga warna tetap berkilau dan terbebas dari debu, perhiasan emas yang terawat dengan baik akan memiliki harga jual yang baik dibandingkan emas yang kusam.

Tidak perlu jauh-jauh ke toko perhiasan untuk merawat perhiasan mu. Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah, kamu bisa hemat biaya dan mengembalikan warna emas kembali seperti semula.

Baca juga: 5 Cara Alami Mencegah Insomnia

Yuk simak, ini dia 5 bahan di rumah untuk mengembalikan kilau perhiasan emas.

Air Mendidih

Yang pertama dan paling mudah dilakukan adalah menggunakan air mendidih. Rendam koleksi anting emas, cincin emas, kalung emas atau gelang emas dalam mangkuk berisi air mendidih, diamkan hingga air tidak panas, lalu gosok perhiasan menggunakan sikat atau kain lembut.

Walau simple dan mudah dilakukan tapi tidak semua perhiasan emas bisa dibersihkan dengan air mendidih. Lakukan metode ini hanya untuk logam perhiasan yang memiliki kadar emas murni saja.

Tidak sarankan untuk pembersihan pada perhiasan yang menggunakan batu mulia atau berlian, karena air yang mendidih dapat mengikis lem batu mulia yang menyebabkan batu terlepas dari rangka.

Baking Soda, Air dan Aluminium Foil

Untuk membersihkan perhiasan yang kusam, kamu juga bisa memanfaatkan baking soda, air bersih dan aluminium foil. Dengan metode ini, tidak diperlukan scrubbing yang dapat merusak perhiasan.

Baca juga: Bahan Aktif Pada Skincare Yang Dapat Mencerahkan Kulit Wajah


Langkah pertama, siapkan mangkuk yang telah dilapisi aluminium foil, tuang air hangat ke dalam mangkuk, tuang 1/2 sendok makan baking soda, lalu rendam perhiasan sekitar 5 menit.

Dikutip dari Huffpost, metode ini akan memindahkan noda dari perak ke air, maka kamu akan melihat air menjadi sedikit keruh berkat proses yang disebut pertukaran ion. Metode ini juga bisa kamu gunakan untuk kalung emas atau anting emas yang memiliki permukaan sulit dijangkau.

Tapi ingat, jangan terlalu lama merendam perhiasan karena akan merusak warna logam. Setelah itu keluarkan perhiasan dari air, gosok dengan kain lembut dan tidak berbulu untuk membersihkan noda yang masih menempel.

Sabun Cuci Piring Dan Air

Campuran klasik dari sabun dan air adalah cara yang mudah dan efektif untuk membersihkan perhiasan emas. Tapi beda dengan sabun pembersih lainnya, sabun pencuci piring terdapat molekul surfaktan yang dapat menyatukan air dan minyak.

Baca juga: Minuman Untuk Buka Puasa Dengan Bahan Dasar Es

Molekul ini dipercaya dapat melepas kotoran yang menempel pada perhiasan dan membuat warna emas hidup kembali, jadi cocok untuk area yang sulit terjangkau seperti sela-sela kerangka anting emas, kerangka batu mutiara pada kalung emas, dan kerangka cincin emas.

Gunakan sikat gigi atau kain berbulu lembut untuk menggosok kotoran pada perhiasan emas, tetapi lewati langkah itu untuk perhiasan mutiara dan opal. Untuk perhiasan mutiara dan opal kamu cukup oleskan sabun pencuci piring, bilas dengan air bersih lalu diamkan saja perhiasan hingga kering dengan sendirinya.

Pasta gigi dan Air

Selain dapat membersihkan kotoran di gigi, pasta gigi juga bisa membersihkan kotoran pada di perhiasan. Pasta gigi merupakan zat abrasif ringan yang dapat mengangkat kotoran, termasuk yang menempel pada perhiasan emas.

Untuk perhiasan yang tidak terbuat dari emas atau perak, kamu bisa langsung oles pasta gigi pada perhiasan, gosok dengan kain lembut, bilas dengan air bersih dan gosok kembali agar perhiasan terlihat lebih berkilau.

Jika perhiasan yang kamu bersihkan terbuat dari emas, lebih baik campurkan terlebih dahulu pasta gigi dengan air agar tidak meninggalkan bekas goresan dari tekstur pasta gigi, bilas dengan air bersih dan gosok dengan kain berbahan lembut.

Baca juga: Bagaimana Cara Meniruskan Pipi Yang Tembem Secara Alami?

Handsanitizer

Baru sadar perhiasan kusam saat sudah di jalan? Jangan khawatir, bawa hand sanitizer, kan? Pandemi COVID-19 mengharuskan kita membawa hand sanitizer ke manapun kita berada. Selain menghindari tangan kita dari virus, hand sanitizer juga bisa kita manfaatkan untuk membersihkan perhiasan.

Kandungan alkohol yang ada di handsanitizer sama fungsinya dengan alkohol. Walau kandungannya lebih sedikit, hand sanitizer juga dapat membersihkan kotoran membandel pada perhiasan.

Caranya sangat mudah, tuang/semprot hand sanitizer pada cincin emas atau perhiasan emas lainnya, gosok dengan kain lembut, jika ada bagian yang sulit dibersihkan gunakan tissue/ cotton bud, dan tadaa! Perhiasan mu kembali berkilau.

Itu dia 5 di rumah tangga yang bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan berikut caranya yang bisa kamu praktekkan di rumah.

Baca juga: 5 Resep dengan Bahan Dasar Milo Untuk Berbuka

Kalung Emas Cincin Emas Gelang Emas Anting Emas

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Jewelry