Ini Dia 5 Tanda Kucing Hormat dengan Anda!

Rabu, 13 Juli 2022 | 20:45:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Ini Dia 5 Tanda Kucing Hormat Dengan Anda!

Ilustrasi merawat kucing. (Special)

Ladiestory.id - Kucing merupakan hewan yang seringkali bertingkah semaunya. Walaupun begitu, hewan tersebut tetap menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk dipelihara. Alasannya adalah karena kucing seringkali memiliki tingkah yang lucu dan menggemaskan. Sehingga cocok untuk dijadikan teman.

Serupa dengan anjing, kucing juga akan menunjukkan perilaku yang penuh kasih sayang jika mereka sudah memiliki keterikatan dengan pemiliknya. Keterikatan ini akhirnya menghasilkan kucing yang hormat dengan para pemiliknya. 

Namun, dalam mendapatkan hormat dari kucing ini perlu melalui proses yang panjang. Carlo Siracusa selaku pakar perilaku hewan dan James Serpell selaku profesor etika dan kesejahteraan hewan di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Pennsylvania telah melakukan penelitian terhadap perilaku kucing dan mengungkapkan bahwa kucing sebenarnya mencintai pemilik mereka. Namun, terkadang sinyal akan hal tersebut tidak terlalu dapat ditangkap oleh manusia.

Lalu seperti apa sikap kucing yang telah hormat atau memiliki keterikatan dengan pemiliknya?

Berikut Ladiestory.id telah merangkum 5 hal yang akan dilakukan kucing jika mereka sudah hormat atau terikat dengan pemilik mereka yang didapat dari penilaian dan kuesioner penelitian perilaku kucing oleh James Serpell.

Berguling dan memperlihatkan perut

Kucing Berguling (Special)

Perut merupakan bagian yang rentan bagi kucing. Untuk itu kucing tidak akan dengan mudah memperlihatkannya kepada orang yang mereka anggap mengancam keselamatannya. Maka jika kucing berguling di depan Anda dan memperlihatkan perutnya, itu artinya mereka sudah memiliki rasa hormat untuk Anda sebagai pemilik.

Memunggungi pemiliknya

Ilustrasi Kucing Memunggungi (Special)

Hampir sama dengan poin pertama, kucing tidak suka menunjukkan kelemahannya. Sedangkan jika mereka memunggungi sesuatu, itu artinya tingkat kewaspadaan mereka kepada hal yang ada di belakang mereka menurun. Untuk itu, hal ini bukan berarti kucing mengacuhkan pemiliknya. Namun, hal ini dilakukan karena mereka sudah percaya dengan pemilik mereka.

Menggosokkan Wajahnya pada Anda

Ilustrasi Kucing Mengusapkan Wajahnya (Special)

 

Kucing senang menandai wilayah mereka dengan kelenjar bau yang mereka miliki. Oleh karena itu, jika mereka sudah memiliki keterikatan akan pemiliknya, mereka akan menggosokkan wajah mereka ke pemiliknya atau juga barang-barang milik pemilik mereka.

Memijat

Ilustrasi Kucing Memijat (Special)

 

Ketika kucing masih kecil, mereka terbiasa untuk memijat ibunya saat sedang menyusui. Hal ini merupakan tanda kasih sayang dari kucing. Maka, mereka juga akan menunjukkan hal ini kepada pemilik mereka.

Tidur di dekat Pemiliknya

Kucing Tidur (Special)

Sejatinya kucing merupakan hewan pemangsa. Untuk itu mereka terbiasa mencari tempat tidur yang tersembunyi. Maka jika mereka mau tidur di dekat Anda, artinya mereka sudah menghormati Anda.