Ini Hikmah Puasa Ramadan, Sudah Kamu Capai?

Jumat, 21 April 2023 | 07:46:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ini Hikmah Puasa Ramadan, Sudah Kamu Capai?

Ilustrasi Hikmah Puasa Ramadan. (Pexels/Chattrapal Singh)

Ladiestory.id - Ramadan menjadi bulan yang sangat istimewa bagi seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia. Hal itu karena saat Bulan Ramadhan, seluruh amalan-amalan yang dilakukan akan mendapatkan pahala berlipat-lipat ganda.

Selain itu, Bulan Ramadan juga merupakan bulan pilihan Allah untuk menjadi waktu turunnya seluruh firman-Nya. Tidak hanya itu, berpuasa di Bulan Ramadhan termasuk ke dalam rukun islam yang keempat yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat islam.

Puasa memiliki banyak keistimewaan. Di antaranya, ia menjadi satu-satunya ibadah yang Allah berkata untuknya: “Puasa untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya”. (Shahih Al-Bukhari hadits 1894).

Tentu saja, sangat banyak sekali hikmah yang bisa didapatkan saat menjalankann ibadah puasa di Bulan Suci Ramadan. Berikut adalah 5 hikmah puasa di Bulan Ramadan yang bisa kamu dapatkan.

Menjadi Manusia Bertaqwa

Ilustrasi Hikmah Puasa Ramadhan. (Pexels/Thirdmann)

Hikmah puasa saat Bulan Ramadan yang pertama adalah menjadikan manusia menjadi mahluk yang bertaqwa.

Karena, puasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang disyariatkan untuk melatih manusia tunduk dan patuh terhadap perintah Allah.

Melatih Diri untuk Hidup Sederhana

 

Ilustrasi Hikmah Puasa Ramadhan. (Pexels/Thirdman)

Berpuasa berarti adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkannya, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari dimana kita hanya diperbolehkan makan dan minum hanya dua waktu saja yakni sahur dan buka dalam satu hari.

Hal itu pun lantas membuat kita berhemat dan hidup sederhana dengan memakan makanan serta meminum minuman secukupnya.

Meningkatkan Rasa Simpati dan Empati

Ilustrasi Hikmah Puasa Ramadhan. (Ku-Ka Blog)

Bulan Ramadan tidak hanya menjadi kesempatan bagi setiap muslim untuk meningkatkan ketakwaan, namun juga mdapat meningkatkan rasa simpati dan empati.

Dengan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, orang yang hidup berkecukupan akan merasakan bagaimana perasaan menahan lapar seharian, hal yang setiap hari dirasakan oleh orang dari kalangan kurang mampu.

Hal ini akan membuat kita mendapatkan pahala yang berkali-kali lipat juga apabila dapat mempraktekkannya.

Mengasah Kesabaran

Ilustrasi Hikmah Puasa Ramadhan. (Spesial)

Saat menjalani ibadah puasa Bulan Ramadan, kesabaran kita juga akan dilatih. Kita dituntut untuk sabar dalam menahan rasa dahaga dan lapar, serta godaan-godaan lainnya. Kita juga harus menahan diri dari perilaku buruk dan membiasakan diri untuk berpikir positif dan berdoa.

Meningkatkan Kesehatan Jasmani

Ilustrasi Hikmah Puasa Ramadhan. (Pexels/Thirdman)

 

Berpuasa di Bulan Ramadan tidak hanya sebagai menjalani kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah, melainkan juga dapat memberikan dampak yang baik bagi tubuh kita.

Dengan menjalankan puasa, kita akan memberikan waktu istirahat untuk pencernaan kita. Berpuasa juga menjadi salah satu cara untuk kita yang ingin menurunkan berat badan.

Selain itu berpuasa juga bermanfaat pada kesehatan jasmani lainnya seperti meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol kadar gula darah, meningkatkan kesehatan otak, dan mencegah peradangan.