Ini Makanan Untuk Jaga Rambut Tetap Sehat Menurut Ahli Diet

Selasa, 9 Januari 2024 | 17:05:00

Atika Febriani

Penulis : Atika Febriani

Ini Makanan Untuk Jaga Rambut Tetap Sehat Menurut Ahli Diet

Healthy hair. (Instagram.com/helenai)

Ladiestory.id - Memiliki rambut yang indah pasti menjadi impian setiap wanita, seperti kamu ketahui rambut menjadi mahkota yang memperindah penampilan. Tampil dengan rambut sehat membuat seseorang akan lebih percaya diri dan menerima banyak pujian.

Banyaknya produk hair care seperti sampo yang membuat rambut ekstra lembut, sampo dengan campuran kondisioner sampai wewangian dari buah, bunga bahkan wangi makanan pun sudah dapat kamu temui di pasaran. 

Tapi tahukah kamu, perawatan menggunakan produk hair care saja tidak cukup? Kamu harus tetap menjaga kesehatan rambut dengan mengonsumsi makanan sehat. 

Tubuh kamu membutuhkan energi untuk pertumbuhan rambut dan produksi hormon yang baik untuk kesehatan rambut dengan kalori 2.000 per hari. Jadi pastikan dulu kebutuhan kalori kamu tercukupi dan lengkapi dengan hair care yang kamu punya. 

Melansir dari nypost.com yang tayang Senin (8/1/2024), Amanda Sauceda seorang ahli diet mengatakan bahwa makanan yang tepat untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat. Pola makan yang tepat dan baik akan memperbaiki masalah rambut mulai dari kerontokan, ketombe hingga rambut bercabang. 

Salmon sashimi. (Instagram.com/helenai)

 

 

Sang ahli mengatakan bahwa daging ikan salmon liar adalah pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan rambut dari dalam. Wild salmon sudah diuji memiliki kandungan protein yang tinggi. Tak hanya itu, jenis ikan satu ini juga mengandung kolagen laut, omega-3 serta protein yang sangat bermanfaat.

“Rambut terbuat dari protein, khususnya keratin. Jadi masuk akal jika kita perlu mengonsumi protein dalam jumlah yang cukup dalam makanan kita untuk mendukung pertumbuhan rambut yang sehat,” jelas Amanda.

Ia juga menjelaskan wild salmon yang biasanya ditangkap secara langsung di Alaska, memiliki kandungan vitamin D lho! Ahli gizi satu ini menyarankan untuk memakan daging ikan mentah sebanyak dua kali seminggu. 

Seperti diketahui, salmon dinobatkan sebagai makanan dengan manfaat yang sangat banyak. Salmon baru-baru ini dinobatkan sebagai makanan terbaik di dunia. Selain untuk rambut, daging ikan satu ini memiliki manfaat mencegah kanker, demensia hingga penyakit jantung.