Ini Simbol-Simbol Yang Banyak Digunakan Pada Perhiasan

Kamis, 25 November 2021 | 00:01:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Ini Simbol-Simbol Yang Banyak Digunakan Pada Perhiasan

Foto: Liontin emas Lustra dan Lovely Frank & co.

Perhiasan jadi benda paling ideal untuk menempatkan simbol-simbol penuh makna yang sudah ribuan tahun usianya. Simbolisme adalah penggunaan benda atau bentuk untuk merepresentasikan sebuah ide atau kualitas tertentu.

Simbolisme sudah digunakan manusia sepanjang peradaban itu sendiri ada. Tidak terkecuali pada perhiasan yang juga tidak bisa dipisahkan dari sejarah kehidupan manusia.

Simbol-simbol yang digunakan pada perhiasan tidak terhitung banyaknya. Tapi ada sejumlah simbol yang paling banyak digunakan secara konsisten sejak dulu hingga sekarang. Apa saja simbol-simbol itu dan apa ide atau kualitas yang diwakilinya?

1. Lingkaran

Lingkaran adalah sebuah bentuk tanpa awal dan akhir, sehingga sering dimaknai sebagai eternity atau keabadian. Lingkaran juga menjadi lambang keparipurnaan atau siklus kehidupan yang komplit. Tidak heran kalau bentuk lingkaran jadi cincin tunangan dan cincin kawin.

Cincin kawin Frank & co.
Foto: Cincin kawin Frank & co.

 

2. Salib

Salib jadi simbol bagi umat Kristiani yang melambangkan penyaliban Yesus Kristus. Salib ini sendiri punya banyak sekali variasi, tapi yang populer adalah Greek cross yaitu versi kotak (seperti tanda tambah) dan Latin Cross yang lebih panjang bagian vertikal dibanding horisontalnya.

Salib diidentikkan juga sebagai simbol dari orang suci yang menjadi pelindung area tertentu, seperti St George Cross yang menjadi lambang di bendera Inggris. St George adalah prajurit suci pada Perang Salib Ke-tiga di akhir zaman pertengahan.

3. Evil Eye

Berbentuk mata dengan bola berwarna biru di bagian tengah. Evil eye yang sudah digunakan sejak 3000 tahun lalu di zaman Yunani dan Romawi kuno ini dipercaya bisa menghalau kekuatan jahat. Evil juga banyak digunakan bersamaan dengan simbol Hamsa (baca bagian bawah).

Baca juga: Filosofi Api yang Menjadi Inspirasi Seri Blaze dari Flare Collection

4. Hamsa

Dalam budaya Timur Tengah, hamsa berarti ‘tangan Tuhan’ seperti yang bisa dilihat dari bentuknya. Banyak orang percaya simbol ini akan melindungi dari evil eye dan juga membawa keberuntungan, cinta dan kesehatan . Hadir dalam variasi ibu jari dan kelingking sama besar, ibu jari normal atau tangan dengan evil eye di bagian tengah.

5. Heart

Bicara  bentuk jantung ini, pasti sudah tahu kalau maknanya adalah cinta, tidak hanya kepada pasangan tetapi juga pada sahabat dan keluarga.

Simbol yang biasa disebut hati dalam bahasa Indonesia sudah mulai dipakai sejak abad pertengahan namun mulai populer di zaman Ratu Victoria di Inggris dan jadi salah satu simbol paling populer. Bentuk hati paling banyak digunakan pada liontin emas dan liontin berlian.

Foto: Liontin berlian Truly dan Lovely Frank & co

 

6. Kunci

Kunci bisa membawa makna yang berbeda-beda. Bisa berarti ilmu pengetahuan dan kesuksesan, bisa bermakna kebebasan dan bagi pasangan bisa berarti cinta karena menyimbolkan kunci pembuka hati.

7. Simbol Perdamaian

Dibuat oleh seniman Inggris Gerald Holtom di tahun 1958 sebagai simbol atas protes warga Inggris terhadap perang. Terinspirasi dari kode huruf dari Angkatan Laut Inggris berupa huruf N dan D yang bermakna Nuclear Disarmament atau pelucutan nuklir.  Tahun 60-an, simbol ini diadopsi oleh gerakan serupa di Amerika Serikat.

Baca juga: Arti di Balik Nama Flare Collection

8. Semanggi Empat Daun

Dalam bahasa Inggris disebut four-leaf clover, ini adalah simbol keberuntungan yang asalnya dari Irlandia. Empat daun dalam simbol ini berarti, keyakinan, harapan, cinta dan keberuntungan. Orang yang menemukan semanggi berdaun empat ini dianggap beruntung.

9. Infinity

Infinity ] menyerupai tali yang berbentuk angka delapan dalam posisi tertidur. Melambangkan sesuatu yang tanpa awal dan akhir alias sesuatu yang abadi. Simbol infinity ini biasa digunakan untuk menyatakan cinta pada pasangan atau sayang terhadap sahabat.

Tertarik ingin memiliki perhiasan emas atau perhiasan berlian dengan simbol-simbol penuh makna? Jangan lewatkan koleksi dari rumah perhiasan Frank & co. yang selalu menyajikan pilihan yang begitu beragam. Cari tahu koleksi lengkapnya di website Frank & co. dan juga Instagram @franknco_id.