Sederhana tapi Bermanfaat, Ini 7 Inspirasi Hadiah Natal untuk Anak

Kamis, 22 Desember 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Sederhana Tapi Bermanfaat, Ini 7 Inspirasi Hadiah Natal Untuk Anak

Ilustrasi memberikan kado natal. (Special)

Ladiestory.id - Kurang dari sepekan, umat Nasrani akan menyambut natal. Selain beribadah ke gereja, natal juga identik dengan tukar kado.

Bahkan, bagi anak kecil, natal rasanya kurang lengkap jika tanpa menerima kado dari orang tua. Sebagai orang tua, tentunya ingin memberikan kado yang berkesan dan juga disukai oleh anak. Nah, berikut Ladiestory.id telah merangkum tujuh inspirasi hadiah natal untuk anak yang bermanfaat dan berkesan. 

Buku Cerita

Ilustrasi buku cerita. (Special)

Buku cerita menjadi salah satu inspirasi hadiah natal yang bisa kamu berikan ke anak. Dengan memberikan buku cerita, secara tidak langsung kamu juga mendorong anak untuk lebih mencintai buku. Buku cerita memberikan manfaat yang bagus bagi tumbuh kembang anak.

Nah, agar kemampuan imajinasi anak dapat berkembang, kamu bisa memilih buku yang cerita tentang fiksi atau dongeng. Selain itu, perhatikan juga gambar dan warna yang menarik agar anak tertarik untuk membacanya. 

Mainan Sensori

Ilustrasi pasir kinetik. (Special)

Mainan sensori dengan tekstur lunak, seperti slime, maupun tekstur kasar, seperti pasir, juga merupakan hadiah natal yang tepat bagi anak. Dengan mainan sensori, anak bisa bebas melakukan eksplorasi yang dapat merangsang fungsi indra, baik penglihatan, sentuhan, bahkan suara. 

Play Dough

Ilustrasi play dough. (Special)

Play dough juga menjadi pilihan tepat yang dapat dijadikan sebagai hadiah natal bagi anak. Play dough merupakan mainan edukasi yang terbuat dari adonan atau plastisin.

Play dough juga dapat diubah menjadi beragam bentuk. Memberikan play dough sebagai kado natal dapat melatih imajinasi dan membantu merangsang motorik halus anak. Hadiah natal ini cocok diberikan kepada anak mulai usia tiga tahun. 

Lego

Ilustrasi Lego. (Special)

Masa anak-anak merupakan masa untuk bermain dan melakukan eksplorasi banyak hal. Untuk mendukung perkembangan anak, orang tua bisa memberikan hadiah berupa mainan edukasi, seperti Lego.

Dengan memberikan hadiah Lego, maka anak dapat mencoba eksplorasi dengan menyusun balok-balok menjadi bangunan atau bentuk sesuai imajinasinya. Orang tua juga bisa mendampingi anak dan membantu jika buah hati kesulitan ketika menyusun Lego.

Kotak Makan dan Botol Minum

Ilustrasi kotak makan. (Special)

Untuk anak yang sudah lebih besar atau memasuki usia sekolah, kamu bisa berikan kado natal yang bermanfaat, yaitu kotak makan dan botol minum. Kotak makan dan botol minum sangat berguna bagi anak, terlebih saat sekolah.

Selain itu, dengan memberikan kado natal berupa kotak makan maupun botol minum juga dapat mengajarkan anak agar tidak jajan sembarangan di sekolah. Kamu bisa memilih kotak makan dan botol minum dengan warna yang menarik atau bisa juga yang bergambar karakter yang disukai anak. 

Alat Musik

Ilustrasi alat musik. (Special)

Alat musik juga bisa kamu jadikan sebagai hadiah natal untuk anak. Sebaiknya, belikan alat musik yang sekiranya membuat anak tertarik dan ingin memainkannya.

Dengan cara ini, anak akan memiliki keterampilan baru. Melalui alat musik ini, siapa tahu orang tua dapat menemukan bakat anak di bidang seni, khususnya seni musik. 

Hewan Peliharaan

Ilustrasi hamster. (Special)

Kado natal berupa hewan peliharaan juga bisa diberikan kepada anak, terutama bagi anak yang memiliki ketertarikan dengan binatang. Dengan memberikan hewan peliharaan, maka dapat mengajari anak untuk bertanggung jawab merawat binatang tersebut.

Selain itu, anak juga dapat lebih terlatih dalam mengelola emosi. Namun, sebelum memberikan hadiah natal berupa hewan peliharaan, pastikan bahwa anak maupun anggota keluarga tidak memiliki alergi terhadap hewan tertentu, ya. 

Apakah kamu sudah menemukan hadiah natal yang cocok untuk anak, Ladies