Jadikan Batik Kudus Fashionable, Bakti Budaya Djarum Foundation Gelar Pembinaan

Minggu, 14 Agustus 2022 | 23:00:00

Andi Afifah

Penulis : Andi Afifah

Jadikan Batik Kudus Fashionable, Bakti Budaya Djarum Foundation Gelar Pembinaan

Kelompok 6 - SMK NU Banat Kudus - Paciencia - Pemenang Media_s Choice (Special)

Ladiestory.id - Bakti Budaya Djarum Foundation gandeng fashion designer Denny Wirawan untuk melakukan pembinaan di Kudus. Melalui Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion, siswi SMKN 3 Kudus dan SMK NU Banat Kudus jurusan Tata Busana, melakukan pre-test.

Dimana para peserta diminta untuk mengisi form pertanyaan, dan membentuk kelompok kerja berisikan 13 pelajar yang memiliki keterampilan menjahit, mendesain pakaian, membuat pola, serta public speaking.

Selanjutnya, para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan mentoring secara hybrid. Dengan materi ready to wear, sustainable fashion, padu padan warna, dan tentunya materi mengenai tips dan trik mengolah batik Kudus agar menjadi pakaian yang fashionable pada 1 - 12 Agustus 2022.

“Ini merupakan pengalaman yang baru bagi saya untuk membagikan ilmu yang telah saya peroleh selama 7 tahun tentang Batik Kudus kepada para pelajar di Kudus,” ujar Denny Wirawan dari rilis yang diterima pada Minggu  (14/08/2022).

Denny mengungkapkan bahwa para siswi sangat antusias mempelajari materi yang diberikan, baik tentang batik Kudus atau pengaplikasiannya.

“Ada banyak pertanyaan dari para siswa yang menunjukkan besarnya keingintahuan mereka akan dunia fashion yang juga mendorong saya juga untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu saya sehingga bisa terus berbagi dengan mereka-mereka ini yang akan menjadi calon-calon desainer Indonesia di masa yang akan datang,” ujar Denny Wirawan.

Dari 182 siswa ini dibagi menjadi 14 kelompok dengan tema yang telah ditentukan, antara lain Paciencia, Jaring Laba-Laba, Basundari, Kudusan, The Golden Fish, Triasih, Revati, Tabaco, Sheng, Parijoto In Fashion, Back To Nature, Labourer, Jungle, dan The Blessing of Parijoto.

Berikut Ini adalah daftar pemenang Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion oleh Denny Wirawan:

Kelompok 13 - SMKN 3 Kudus - Jaring Laba-laba (Special)

Kelompok Terbaik SMKN 3 Kudus: Kelompok 13 - Jaring Laba - Laba

Kelompok Terbaik SMK NU Banat Kudus: Kelompok 5 – Revati

Kelompok terbaik dari dua sekolah akan mendapat hadiah voucher blibli masing-masing kelompok senilai Rp 13.000.000 persembahan Bakti Pendidikan Djarum Foundation.

Kelompok 11 - SMKN 3 Kudus - The Blessing of Parijoto (Special)

Kategori terbaik busana Ready to Wear: Kelompok 11 dari SMKN 3 Kudus - The Blessing of Parijoto, atas nama Annisa, Adel, Aulia, & Fitria

Kategori terbaik busana Sustainable Fashion: Kelompok 3 dari SMK NU Banat Kudus - Basundari, atas nama Nayla, Nihayatul, Ade, Anissa, & Mirna.

Kategori terbaik busana Batik Kudus: Kelompok 1 dari SMK NU Banat Kudus - Sheng, atas nama Nindy, Intan, Khansa, & Diana.

Para pemenang kategori terbaik busana ini akan mendapatkan beasiswa Intensive class di ESMOD Jakarta persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation.

Selain itu, ada kejutan hadiah untuk kategori Harper’s Bazaar favourite look sebagai bentuk apresiasi khusus dari Ria Lirungan, Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia atas karya peserta. Pemenang kategori ini jatuh kepada kelompok 6 dari SMK NU Banat Kudus - Paciencia yang berhak mendapatkan langganan majalah Harper’s Bazaar Indonesia selama 3 bulan.

Para Pemenang (Special)

Kejutan tak berhenti di situ. Denny Wirawan sebagai mentor kegiatan ini memberikan penghargaan untuk kategori Mentor Favourite Look kepada busana Batik Kudus Kelompok 2 dari SMK NU Banat Kudus - Tabaco atas nama Ziyan, Dwi, Fatima, & Natasya. Pemenang kategori ini berhak mendapatkan intensive class lebih lanjut bersama Denny Wirawan di Jakarta.

Renitasari Adrian selaku Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation mengaku bahwa penentuan pemenang ini tidak mudah karena membuat karya luar biasa di usia yang tergolong masih muda.

Renita berharap agar kedepannya dapat mencetak desainer hebat, yang menjaga dan mencintai warisan budaya untuk mewarnai dunia fashion Indonesia.