Jaga Bobot Tubuhmu Tetap Ideal, Kurangi Berat Badan Berlebih dengan 5 Kebiasaan Ini

Senin, 23 Desember 2019 | 17:20:29

LS Health

Penulis : LS Health

Jaga Bobot Tubuhmu Tetap Ideal, Kurangi Berat Badan Berlebih Dengan 5 Kebiasaan Ini

Memilki berat badan berlebih maupun tubuh yang terlalu kurus tentu tidak baik untuk kesehatanmu, Ladies. Sebab, bobot tubuh ideal sesuai kesehatan atau atas saran dokter lah yang mesti kamu kejar angkanya. Sebab, berat badan yang berlebih bisa menyebabkan kamu mengalami obesitas dan penyakit diabetes, selain itu juga akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke dalam dirimu. Begitu juga ketika kamu memiliki bobot tubuh yang jauh di bawah berat ideal, kamu akan mengalami masalah pada kesuburan, rentan sakit, dan mengalami osteoporosis. Nah, bagi kamu yang memiliki bobot tubuh berlebih, di bawah ini ada 5 kebiasaan sehat untuk kurangi berat badanmu.

1. Fokus makan dan hindari melakukan hal lain saat makan

Fokus makan dan hindari melakukan hal lain saat makan
sumber: freepik.com

Ketika kamu hendak menyantap makanan, mungkin akan ada hal lain yang akan menggodamu dan mengalihkan perhatianmu dari makanan yang tersaji di depanmu, Ladies. Misalnya saja, notifikasi dari platform di media sosial, keinginan bermain game, buku yang tak sengaja terbuka dan menarik perhatian untuk dibaca, atau sekadar teman makan siang yang gemar mengajak ngobrol. Maka abaikan saja mereka sejenak. Tetaplah fokus untuk makan hingga kamu menghabiskan makananmu. Sebab, jika kamu tidak membatasi satu makanan yang mesti dihabiskan, kamu akan terbiasa menambah makanan ringan lainnya yang tentu malah akan menambah berat badanmu.

2. Jadikan sarapan sebagai prioritas sebelum melakukan pekerjaan

Jadikan sarapan sebagai prioritas sebelum melakukan pekerjaan
sumber: freepik.com

Menurut Brigitte Zeitlin, M.P.H., R.D., C.D.N., pendiri BZ Nutrition yang berbasis di New York, Amerika, seperti yang dilansir dari laman Self, menyantap sarapan penuh protein tanpa lemak dan serat bisa membuat kamu puas, sehingga hal itu merupakan pilihan yang tepat dan membantumu memilih makanan yang lebih baik sepanjang hari. Maka cobalah membuat sarapanmu sendiri yang terdiri dari telur orak-arik yang dimakan dengan roti gandum, atau plain yogurt dengan secangkir buah potong favoritmu, atau bisa juga telur dadar yang diisi sayuran. Bebarapa sarapan sehat ini akan membuatmu lebih siap mengahadapi hari yang terkadang berat, Ladies!

3. Jaga kualitas tidurmu 8 jam per hari

Jaga kualitas tidurmu 8 jam per hari
sumber: freepik.com

Bagi pekerja yang terlalu sibuk dengan kerjaannya atau terlalu sibuk dengan hobi yang hanya bisa dilakukannya di malam hari, ada baiknya jika kamu tetap menjaga kualitas dan waktu tidurmu 8 jam per harinya, Ladies. Sebab tidur yang cukup tak hanya baik bagi kesehatan mentalmu, tetapi juga bisa membantumu mengurangi mengonsumsi makanan di malam hari. Selain itu, menurut Brigitte Zeitlin, tidur bisa membantu menjaga hormon nafsu makan, seperti ghrelin dan leptin tetap terjaga. Sebab, tanpa jumlah yang memadai, hormon-hormon tersebut akan menjadi tidak seimbang dan dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan.

4. Perlahan, penuhi piring makanmu dengan sayuran

Perlahan, penuhi piring makanmu dengan sayuran
sumber: freepik.com

Tak hanya memiliki serat yang tinggi, sayuran juga bisa memberikanmu banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, mengonsumsi sayuran secara teratur juga bisa mengurangi berat badanmu secara sehat dan bisa mencapai angka ideal menurut kesehatan. Kamu bisa memulai untuk memasukkan satu jenis sayuran di dalam kudapanmu. Lakukan hal itu seperti mencicil. Lama-kelamaan kamu bisa menambahkan dua sampai empat jenis sayuran lainnya, jika kamu telah terbiasa.

5. Buatlah jurnal makanan

Buatlah jurnal makanan
sumber: freepik.com

Kamu perlu membuat jurnal makanan apa saja yang sudah kamu santap, Ladies. Melalui jurnal ini kamu bisa tracking makanan apa saja berserta jumlahnya dalam sehari. Keesokan harinya, kamu bisa melihat lembar pada jurnal makanan yang kamu isi sebelumnya untuk melihat apakah kamu masih setia untuk melakukan diet demi menurunkan berat badan, atau kamu melenceng dari rencana awal dan malah menambah porsi makan yang tentu akan membuat berat badanmu bertambah. Dengan begitu, kamu akan menghadapi hari ini dan esok secara lebih berhati-hari akan godaan makanan.

Jika kamu sudah berhasil mencapai angka ideal berat badan sesuai kesehatan, usahakan untuk tetap menjaganya stabil ya, Ladies! Agar tubuhmu terbebas dari risiko penyakit yang menyeramkan.