Penting! Inilah Jam Tidur Ideal untuk Anak guna Bantu Tumbuh Kembangnya

Jumat, 19 November 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Penting! Inilah Jam Tidur Ideal Untuk Anak Guna Bantu Tumbuh Kembangnya

Foto: BP Guide

Ladiestory.id - Tidur adalah aktivitas penting yang dapat membantu tumbuh kembang anak. Sebuah penelitian menjelaskan, tidur dapat berpengaruh pada perkembangan kognitif, kesehatan fisik serta mengatur suasana hati anak. Untuk itu, Anda sebagai orang tua wajib mengetahui perihal jam tidur anak yang tepat sesuai dengan usia mereka.

Jam Tidur Ideal Anak

Lantas bagaimana jadwal dan jumlah jam tidur yang baik pada anak? Berikut ini penjelasannya.

Usia 1-4 Minggu 

Bali usia 4 minggu
Foto: UNSPLASH

Untuk bayi yang baru lahir, jumlah jam tidur yang harus dipenuhi sekitar 15 hingga 16 jam. Namun meski demikian, jam tidur bayi terbilang tidak terjadwal karena ia belum memiliki ritme sirkadian (jam tidur biologis). Selain itu, di usia ini bayi umumnya memiliki durasi tidur yang pendek dan sering terbang.

Usia 1-4 Bulan

Bali usia 4 bulan
Foto: Orami

Di usia ini bayi memiliki durasi tidur lebih lama yakni sekitar 6 jam. Ia juga mulai mengenal pola tidurnya dan mulai memahami antara siang dan malam. Selain itu, jadwal tidur pada bayi di usia 1 hingga 4 bulan biasanya cenderung terjadi pada sore hingga malam hari.

Usia 4-12 Bulan 

Bali usia 12 bulan
Foto: Tribunnews

Jam tidur bayi usia 4 hingga 12 bulan idealnya adalah 14 hingga 15 jam dalam satu hari. Ritme biologis pada usia ini juga jauh lebih matang dibandingkan usia sebelumnya. Sehingga jam tidur mereka juga jauh lebih teratur. 

Jam tidur siang yang baik biasanya terjadi sebanyak 2 hingga 3 kali yang terjadi pada pertengahan pagi hingga sore hari. Pada usia ini, ada baiknya orang tua mulai mengajari anak untuk sedikit demi sedikit mengenali pola tidur mereka.

Usia 1-3 Tahun

Anak usia 3 tahun
Foto: Sehatq

Bagi anak berusia 1-3 tahun, jam tidur yang ideal adalah 12 hingga 14 jam setiap harinya. Mengatur pola tidur anak 1 tahun merupakan hal yang penting karena biasanya di usia ini anak hanya mendapatkan waktu 10 jam untuk tidur.

Di usia ini biasanya mereka sudah berhenti tidur pada pagi dan sore hari, namun penting bagi mereka untuk tidur setidaknya 1 hingga 3 jam saat siang hari.

Usia 3-6 Tahun

Anak-anak di usia ini memiliki jam tidur ideal sebanyak 10-12 jam perhari. Dimana jam tidur malam biasanya dimulai antara jam 7 dan 9 malam hingga jam 8 pagi. Di usia 3 tahun biasanya anak masih sering tidur siang. Hanya saja untuk durasi tidur memang sedikit berkurang. 

Usia 7-12 Tahun

Anak pada usia 7-12 tahun mulai memiliki kesibukan baik di dalam maupun di luar rumah. Pada usia ini anak juga sudah jarang tidur siang  dan lebih memilih sibuk dengan kegiatan lain. 

Untuk jumlah waktu tidur yang ideal pada anak usia 7-12 tahun berkisar antara 10 hingga 11 jam per hari. Di usia ini, waktu tidur yang baik untuk anak-anak dimulai pada pukul 9 malam hingga pukul 7 pagi.

Usia 12-18 Tahun

Menginjak remaja, kehidupan sosial mereka semakin membuat sibuk sehingga baru tidur saat larut malam. Namun begitu, pada usia ini lamanya waktu tidur  yang baik sebaiknya berkisar antara 8 hingga 9 jam per hari. Karena pada kenyataannya, remaja membutuhkan waktu tidur cukup banyak untuk menjaga kesehatan fisik dan mental tetap terjaga.

Untuk anak-anak prasekolah, orang tua bisa membantu anak untuk tidur dengan cara membacakan dongeng. Sementara itu, mematikan lampu dan perangkat elektronik bagi anak yang mulai mandiri dan remaja dapat membantu mereka membentuk rutinitas tidurnya.