Jangan Keliru, Begini Cara Memakai Masker Bedah yang Benar Agar Efektif Mencegah Virus Masuk

Kamis, 30 Januari 2020 | 11:05:31

Ayda Maharani

Penulis : Ayda Maharani

Jangan Keliru, Begini Cara Memakai Masker Bedah Yang Benar Agar Efektif Mencegah Virus Masuk

Cara Memakai Masker. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini di berbagai media sedang viral membicarakan soal penyebaran virus corona yang bersumber dari Negara China. Bahkan sampai saat ini penyebarannya sudah mencapai di berbagai Negara tetangga dan hingga saat ini belum ada vaksin maupun obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan atau mengantisipasi bahaya virus corona. Namun, menurut spesialis penyakit menular dari McMaster University yakni Mark Loeb menyatakan bahwa penggunaan masker dapat mengurangi risiko tertular virus corona hingga 85 persen

Bahkan menurut dokter penyakit menular darI institusi ternama John Hopkins Center for Health Security, yaitu dr. Amesh Adalja juga menyatakan? bahwa penggunaan masker lebih efektif mengurangi risiko tertular virus corona hingga 85 persen dan dapat menjaga tubuh dari tetesan batuk dan bersin dari orang lain. Sehingga secara tidak langsung kita bisa lebih terlindungi. Namun, hal ini juga berkaitan dengan cara memakainya Nah, agar lebih efektif mencegah virus masuk berikut cara memakai masker yang tepat.

?

1. Pastikan kedua tangan sudah bersih sebelum memakai masker

Sumber foto: hipwee

Jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun sebelum menyentuh masker, selanjutnya usahakan untuk tidak menyentuh benda lain. Pastikan juga untuk menggosok tangan dengan hand sanitizer agar lebih steril. Kemudian pilih masker berukuran yang pas dengan ukuran lingkar kepala supaya lebih erat dan pastikan jangan?kesempitan ketika dipakai.

?

2. Perhatikan sisi kedua masker, jangan sampai kamu terbalik memakainya

Sumber foto: hipwee

Hal ini sempat beredar kabar bahwa bila kamu sedang flu , bagian putih masker baiknya dipakai di dalam, karena ini bisa menyaring mikro organisme penyebar penyakit. Namun, menurut Yunadi Aulia D selaku manager Consumer Health Care Divisin PT 3M Indonesia menyatakan bahwa informasi tersebut sebenarnya tidak benar. Jadi masker memang mempunyai dua sisi dengan warna yang berbeda yakni biru dan putih, namun cara memakainya yang benar adalah: sisi luar biru dan sisi dalam putih. Pada sisi putih memiliki tekstur yang lebih lembut karena akan menempel langsung pada kulit.

?

3. Penggunaan yang tepat, sisi atas masker biasanya ditandai dengan garis kawat hidung

Sumber foto: hipwee

Sebelum memakai masker, coba cek bagian ujung maskernya. Jika salah satu bagian terdapat kawat tipis, maka ini harusnya dipakai di bagian atas dan menempel hidung. Jika kamu memakai masker yang menggunakan tali, maka posisi kawat tepat di atas hidung kemudian ikat kedua sisi tali di bagian atas kepala yang dekat dengan ubun-ubun. Namun, bila ingin lebih praktis kamu bisa pakai masker karet yang mana tinggal dikatikan saja di belakang telinga.

?

4. Menekuk kawat di bagian hidung, detail penting ini wajib kamu lakukan

Sumber foto: hipwee

Meskipun terlihat sepele namun hal ini harus kamu lakukan karena tujuan adanya kawat dibagian hidung ialah supaya masker benar-benar bisa menempel pada wajah sehingga bakteri dan debu tidak masuk ke masker. Maka dari itu, setelah berhasil memakai dan mengikat masker, jangan lupa untuk mencubit kawatnya sehingga dapat mengikuti lekuk hidung. Jangan lupa juga untuk panjangkan lipatan bawah masker sampai menutup semua bagian yang mesti tertutup baik mulut, hidung, hingga dagu.

?

5. Setelah terpasang, hindari menyentuh masker apalagi kalau tidak cuci tangan

Sumber foto: hipwee

Menyentuh masker saja tidak boleh, apalagi kalau kamu sampai meletakan tangan di dalam masker untuk menggaruk hidung. Sebaiknya jangan lakukan, karena meskipun sepele hal ini dapat membuat masker bercelah dan bisa membuat hidung maupun mulut berkontaminasi kuman dari tangan. Bahkan ketika kamu menerika telepon pun usahakan jangan melepas maskernya

Nah, itulah cara memakai masker yang benar, penggunaan masker memang sederhana namun ada banyak hal yang wajib kita ketahui agar pemakaian masker lebih maksimal dan efektif mencegah virus masuk. Bukan hanya itu saja, masker juga bisa kamu pakai setiap hari ketika akan bepergian menggunakan kendaraan bermotor atau ketika kamu sedang di luar rumah. Hal ini sangat penting terutama buat kalian yang tinggal di tengah-tengah kota dengan padatnya transportasi. Semoga informasi ini bermanfaat.