Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Setrika Pakaian

Jumat, 16 September 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Setrika Pakaian

Manfaat menyetrika. (Special)

Ladiestory.id - Berbagai pekerjaan rumah tangga selalu dilakukan untuk menciptakan kebersihan hingga kenyamanan. Salah satu pekerjaan rumah tangga yang rutin dilakukan adalah menyetrika. 


Namun rupanya, banyak orang yang mengeluhkan kegiatan rumah tangga tersebut. Tak bisa dipungkiri, menyetrika merupakan kegiatan yang paling malas untuk dikerjakan.

Pasalnya, menyetrika merupakan kegiatan rumah tangga yang paling lama dilakukan. Selain itu, menyetrika mampu membuat suasana dan hawa menjadi lebih panas. Bagaimana tidak, kita didekatkan dengan besi setrika yang panas.

Selain suasana menjadi gerah, menyetrika akan membuat kita duduk ataupun berdiri dalam jangka waktu yang lama. Tentu saja, hal ini membuat badan kita lelah. Belum lagi jika kita menyetrika dengan posisi sedikit membungkuk.

Bahkan, aktivitas menyetrika disebut kegiatan yang sangat membosankan. Namun sejatinya, menyetrika pakaian mendatangkan banyak manfaat.

Salah satu manfaatnya yakni membuat baju menjadi rapi. Namun, ada pula manfaat lain yang bisa didapat saat kita mau menyetrika pakaian. Apa saja itu?


1. Menghilangkan Kuman

Manfaat menyetrika. (Special)

 
Manfaat yang pertama menyetrika pakaian adalah menghilangkan kuman. Hal ini didapat saat setrika mengeluarkan panas lewat lapisan besi.

Besi yang panas dapat dimanfaatkan untuk membunuh kuman. Meski baju sudah dicuci dengan bersih, namun tidak menutup kemungkinan kuman akan menempel di pakaian saat sedang dijemur.

Sehingga, panas pada setrika dapat membunuh beberapa pathogen yang masih menempel di pakaian. Terlebih saat kamu menambah air yang mampu menghasilkan uap. Selain hasil setrikaan lebih maksimal, kuman pun dapat dipastikan sudah menghilang.



2. Menjaga Pakaian agar Tetap Segar

Manfaat menyetrika. (Special)

 
Meskipun sudah disetrika, namun tak jarang pakaian masih bau kurang sedap lantaran kurang terkena sinar matahari. Sementara, saat kita menggunakan pakaian yang berbau tidak sedap, tentu akan mengurangi rasa percaya diri.

Nah, manfaat lain dari menyetrika pakaian adalah menjaga baju agar tetap segar. Kamu bisa menyetrika dengan suhu yang tepat dan disesuaikan dengan bahan dan jenis pakaian.

Saat hendak menggunakan pakaian tersebut pun, Kamu bisa menemukan kesegaran pada baju itu. Selain kesegaran, pakaian yang disetrika akan terlihat lebih rapi dan halus sehingga enak untuk dipandang.


3. Nyamain saat Dipakai

Manfaat menyetrika. (Special)

 
Menyetrika pakaian dapat memberikan kenyamanan saat digunakan. Bahkan menyetrika menjadi salah satu cara merawat pakaian agar lebih awet dalam jangka waktu yang lama.

Pasalnya, pakaian yang disetrika dapat menghilangkan kerutan di pakaian. Selain itu, pakaian yang disetrika mampu memberikan kelembutan pada pakaian.

Tentu saja hal ini mampu menunjang penampilan. Lantaran, pakaian yang dipakai terlihat bersih, rapi, dan nyaman digunakan. Jadi, jangan malas untuk menyetrika pakaian ya.


4. Menghemat Uang

Manfaat menyetrika. (Special)

 
Menyetrika pakaian memberikan manfaat bagi kita agar lebih berhemat dalam segi finansial. Memang zaman sekarang, kita dipermudah dengan berbagai teknologi dan jasa layanan. Namun, tentu saja kita akan mengeluarkan budget jika menggunakan jasa layanan tersebut.

Seperti contoh layanan dry cleaning profesional. Memang, jasa layanan ini terbilang praktis dan menghemat waktu. Namun, hal tersebut tidak dapat digunakan untuk menghemat uang.

Pasalnya, jasa layanan dry cleaning terbilang merogoh kantong yang dalam. Sehingga, lebih baik untuk menyetrika pakaian sendiri tanpa mencari layanan profesional.



5. Menghilangkan Noda Lilin

Manfaat menyetrika. (Special)

 
Meskipun pakaian telah dicuci bersih, namun ada beberapa noda yang tidak bisa dihilangkan. Salah satu noda membandel yang sulit dihilangkan adalah noda lilin.

Nah, untuk menghilangkan noda lilin di pakaian, kamu bisa melakukannya dengan menyetrika pakaian tersebut.

Saat disetrika, lelehan lilin panas pada pakaian akan mengering dan menempel pada serat pakaian. Pasalnya, noda lilin tersebut tidak akan hilang jika hanya menggunakan sabun.

s