Jangan Merasa Rendah Diri, Begini Cara Lepaskan Rasa Minder

Minggu, 26 Desember 2021 | 11:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Jangan Merasa Rendah Diri, Begini Cara Lepaskan Rasa Minder

Ilustrasi perempuan bahagia. (Special)

Ladiestory.id - Minder adalah rasa rendah diri. Rendah diri adalah perasaan bahwa seseorang lebih rendah dibanding orang lain dalam satu dan lain hal. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk melepas diri dari rasa minder?

Tips Lepas Dari Rasa Minder

Menjadikan lebih percaya diri bisa dilakukan lho. Berikut Ladiestory.id rangkum dari berbagai sumber cara untuk meningkatkan kepercayaan diri agar tidak minder.

1. Menerima Perasaan Serta Menyangkal Pikiran Negatif

Ilustrasi percaya diri. (Special)

 Suatu hal yang wajar jika Kamu merasa minder. Setiap orang yang Kamu anggap keren itu pun pernah merasa minder dalam hidupnya. Jadi, Kamu tidak perlu merasa bersalah bila berpikiran seperti ini. Jangan terjebak menjadi sosok yang denial terhadap perasaan ini.

Sebaliknya, belajarlah menerima bahwa rasa minder yang Kamu rasakan dari waktu ke waktu merupakan bagian dari prosesmu dalan memperbaiki diri menjadi lebih baik. Lalu, Kamu pun sebaiknya tidak melihat kesuksesan sebagai sesuatu yang hitam putih. Kamu melihat dirimu sebagai sosok yang sukses bila telah mencapai standar tertentu dan tidak sama sekali bila tidak berhasil menggapainya.

Karenanya, Kamu jadi mudah merasa buruk terhadap dirimu sendiri dan berakhir merasa minder. Padahal, tiap orang memiliki proses, waktu, serta perjalanannya masing-masing.

Di sisi lain, yang tak kalah penting, jangan menklaim seluruh opinimu sebagai fakta. Bila Kamu merasa payah ketika melakukan suatu hal, itu bukan berarti Kamu orang yang bodoh. Bila Kamu berpikir orang lain akan mencemoohmu akibat keteledoranmu, belum tentu faktanya seperti itu.

Sebelum benar-benar menerima opini tersebut, tak ada salahnya mengecek kembali, contohnya dengan mengingat-ingat kelebihan serta keberhasilan yang sudah Kamu gapai atau menanyakan kepada teman-teman dekat yang Kamu percaya dalam meminta pendapat mereka terhadap keteledoranmu tadi.

2. Memberikan Afirmasi Kepada Diri Sendiri

Ilustrasi orang bercermin. (Special)

Pernah mendengar peribahasa “Rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri”? Yup, peribahasa ini kerap sekali mengikuti hidup kita. Ingin sebanyak apapun penggapaian yang Kamu peroleh, sulit untuk merasa benar-benar cukup bila tidak diawali dari diri sendiri.

Kerap kali berdiri berdampingan dengan orang lain menjadikan Kamu merasa tidak cukup baik sehingga penting sekali untuk mengingat pencapaian-pencapaian lain yang telah Kamu punya selama ini. Kamu mesti ingat jika tiap-tiap orang memiliki “panggung”-nya masing-masing. Minder dalam masa-masa tertentu memang wajar, namun bukan berarti itu membuktikan kamu tidak berharga maupun tidak sehebat dirinya.

3. "Seni Untuk Bersikap Bodo Amat"

Ilustrasi perempuan bahagia. (Special)

Salah satu faktor yang menjadikanmu suka minder yaitu pengertian yang sempit mengenai sukses. Kamu kerap kali melekatkan sukses terhadap pencapaian orang tertentu. Contohnya beranggapan jika A sukses dan A suka main musik.

Alhasil, Kamu jadi merasa mesti main musik dulu guna jadi sukses. Padahal, kesuksesan itu sangat bermacam macam, lho, wujudnya. Menekuni minatmu kini dengan baik dan konsisten pun dapat membuatmu sukses.

Hal lain yang dapat membuatmu minder yaitu saat mendengar masukan dari orang lain. Seringkali Kamu merasa diserang secara personal. Bahkan merasa tidak kompeten mengerjakan suatu hal, sebab baru saja memperoleh masukan dari orang lain.

Padahal, masukan yang ada bukan untuk menyerangmu secara personal, melainkan membantumu meningkatkan kemampuan serta menjadi lebih baik.