Jangan Sampai Salah, Begini Cara Bedakan Berlian Asli Atau Palsu

Sabtu, 15 Januari 2022 | 23:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Bedakan Berlian Asli Atau Palsu

Ilustrasi perhiasan berlian. (Instagram.com/franknco_id)

Ladiestory.id - Perhiasan jenis berlian selalu menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi perempuan. Tak sedikit perempuan yang ingin membelinya. Tapi jangan terburu-buru, Kamu harus memastikan apakah berlian yang Kamu beli asli atau palsu.

Pasalnya, harga berlian yang asli sangatlah mahal, karena itu banyak oknum yang tidak bertanggung jawab menipu dengan menjual berlian palsu dan mengaku bahwa berlian itu asli. Beredarnya berlian palsu di sekitar masyarakat membuat sebagian orang merasa khawatir, karena itu Kamu harus bisa membedakannya.

Adapun salah satu ciri dari berlian asli dapat dilihat dari pantulan cahayanya. Pantulan cahaya berlian asli berwarna putih atau abu-abu serta pantulan cahaya warna-warni seperti pelangi. 

Selain dapat dilihat dari pantulan cahayanya, berikut beberapa trik untuk membedakan berlian asli dan palsu.

1. Tenggelam Jika Dimasukan Dalam Air

Ilustrasi perhiasan berlian. (Instagram.com/franknco_id)

Berlian asli mempunyai kepadatan yang tinggi, karena itu jika dimasukkan ke dalam air, maka berlian asli akan tenggelam. Jika berlian terlihat mengapung di bawah atau di atas permukaan air, dapat dipastikan bahwa berlian itu palsu. Hati-hati!

2. Tahan Panas

Ilustrasi perhiasan berlian. (Instagram.com/franknco_id)

Ciri lainnya dari berlian asli adalah tahan panas. Cara untuk membuktikan dari ciri berlian yang satu ini adalah dengan memanaskan berlian selama 40 detik di atas lilin dengan menggunakan pinset atau sarung tangan yang tahan panas. Lalu masukan dalam air, bila berlian itu palsu maka akan mudah retak atau pecah karena komponennya yang tidak kuat.

Tapi bila berlian itu asli maka tidak akan menunjukan reaksi apa pun, karena komponen dari berlian asli sangat kuat dan tidak berpengaruh apapun terhadap perubahan suhu. 

3. Tidak Mudah Tergores

Berlian adalah benda paling keras di bumi, karena itu berlian mampu menggores benda apa pun. Salah satu cara membuktikan keaslian berlian adalah dengan menggoreskannya ke kaca.

Jika kaca tersebut tergores dan berlian tidak ikut tergores, maka berlian tersebut asli. Jika ternyata berlian tersebut rusak atau tergores setelah digoreskan ke kaca, maka bisa kemungkinan berlian tersebut palsu.

4. Tidak Bisa Berkabut

Ilustrasi perhiasan berlian. (Instagram.com/franknco_id)

Ciri lainnya dari berlian asli adalah tidak berkabut. Ciri dari berlian yang satu ini bisa dibuktikan dengan tes kabut. Caranya, Kamu bisa menghembuskan napas ke batu berlian. Jika kabut pada berlian menghilang dengan cepat, maka berlian tersebut adalah asli. Sedangkan jika kabut bertahan selama beberapa saat pada berlian, maka dipastikan berlian tersebut adalah palsu.

Hal ini karena berlian memiliki sifat menghantarkan panas, sehingga mampu menyebarkan panas dari nafas Anda dengan cepat.