Jangan Sembarangan! Ini 5 Cara Menggunakan Obat Tetes Mata

Kamis, 22 September 2022 | 00:01:00

Jangan Sembarangan! Ini 5 Cara Menggunakan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata. (Special)

Ladiestory.id - Menggunakan obat tetes mata memang tidak mudah, apalagi jika meneteskannya sendiri. Namun, ketika meneteskannya dengan bantuan orang lain juga belum tentu menggunakan cara yang benar.

Meneteskan obat mata ternyata bukan hanya sekadar meneteskan ke permukaan bola mata. Berikut 5 langkah yang bisa dilakukan agar obat mata bisa berfungsi secara efektif ketika diteteskan sendiri.

Pastikan Kamu Sudah Mencuci Tangan Sebelum Meneteskan Obat Tetes Mata

Cuci tangan. (Special)

 

Tangan yang kotor berarti mengandung bakteri. Maka dari itu, pastikan tanganmu sudah dicuci sebelum meneteskan obat mata. Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir.

Periksa Masa Berlaku dan Kesterilan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata. (Special)

 

Sebelum meneteskan obat tetes mata, perhatikan kemasannya, apakah ada cacat di bagian kemasan. Periksa juga masa berlakunya. Jangan sampai kamu menggunakan obat tetes mata yang sudah kadaluwarsa. Pastikan mulut obat mata juga steril dan tidak tersentuh oleh benda apa pun.

Dongakkan Wajah, Tarik Kelopak Mata Bagian Bawah Secara Perlahan

Obat tetes mata. (Special)

 

Hal keliru yang paling banyak orang lakukan ketika hendak meneteskan obat mata adalah menarik kelopak bagian atasnya, bukan di bagian bawah. Jangan lupa, kocok obat terlebih dahulu, kemudian buka mata lebar-lebar dengan arah pandangan mata ke atas.

Kemudian dengan menggunakan satu atau dua jari, tarik kelopak mata bawah hingga membentuk sebuah kantong. Kantong tersebut nanti akan menjadi tempat untuk meneteskan obat mata.

Posisikan ujung pipet obat tetes mata hingga berjarak 2,5 cm dari mata. Pencet perlahan obat tetes mata agar dosis obat yang keluar tidak berlebihan. Arahkan ke ujung luar mata dekat pelipis. Pastiken pipet obat tetes mata tidak menyentuh apa pun.

Setelah Berhasil Meneteskan Obat, Tutuplah Kelopak Mata

Obat tetes mata. (Special)

 

Setelah obat tetes mata sudah masuk ke mata, jangan langsung berkedip, apalagi ditahan agar tetap terbuka. Tutuplah mata selama 2-3 menit sambil menunduk untuk memberikan waktu bagi mata untuk menyerap obat.

Tekan dengan lembut sudut mata bagian tengah yang dekat dengan hidung. Hal tersebut bertujuan agar cairan obat tetes mata tidak masuk ke saluran air mata yang berhubungan dengan hidung.

Jangan Langsung Meneteskan Obat Dua Kali

Obat tetes mata. (Special)

 

Setiap satu tetes obat mata harus diserap oleh mata kira-kira lima menit. Maka dari itu, jangan langsung meneteskan dua tetes obat sekaligus pada mata. Hal tersebut juga berlaku jika kamu diresepkan dua obat mata yang berbeda oleh dokter.

Sebaiknya, kamu berikan satu tetes obat mata saja bagi masing-masing mata, atau hanya mata yang sakit saja. Tunggu lima menit, baru kembali berikan obat tetes mata yang kedua.

s