Jarang Disadari, Ini 6 Penyebab Rambut Sering Lepek

Jumat, 29 Juli 2022 | 23:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Jarang Disadari, Ini 6 Penyebab Rambut Sering Lepek

Ilustrasi Rambut Lepek. (Pinterest)

Ladiestory.id - Salah satu permasalahan rambut yang paling menjengkelkan bagi wanita adalah rambut lepek dan berminyak. Yaitu kondisi rambut yang terlihat seperti basah karena berminyak, bahkan susah untuk ditata.

Masalah rambut lepek membuat seseorang jadi kurang percaya diri, menimbulkan rasa gatal, bahkan membuat kondisi rambut terlihat tidak menarik. Maka dari itu, ketahui apa saja penyebab rambut lepek berikut ini.

Terlalu Sering Keramas

Terlalu Sering Keramas. (Pinterest)

Ladies, keramas tentunya dapat menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada helai rambut hingga kulit kepala. Tak hanya itu, dengan keramas juga membuatmu menjadi lebih segar dan rileks.

Namun, jika kamu terlalu sering keramas, justru hal ini dapat mengakibatkan rambutmu mudah lepek, loh. Hal ini dikarenakan minyak alami yang terkandung pada kulit kepala akan mudah terkikis dan mengakibatkan permukaan kulit kepala menjadi kering.

Penggunaan Kondisioner yang Tidak Tepat

Kondisioner yang Tidak Tepat. (Pinterest)

Dalam memilih produk perawatan rambut pun harus kamu perhatikan dengan baik. Jangan sampai akibat terbujuk rayuan iklan, kamu langsung membelinya tanpa mencari tahu terlebih dahulu jenis dan masalah rambutmu.

Penggunaan kondisioner yang tidak tepat pun tentunya dapat menjadi penyebab masalah rambut lepek. Oleh karena itu, perhatikan terlebih dahulu komposisi yang terkandung pada kemasan kondisioner yang kamu beli dan gunakan nantinya ya, Ladies?

Selain itu, kamu pun juga harus memperhatikan penggunaan kondisioner. Aplikasikan kondisioner dari bagian tengah hingga ujung rambut,  kemudian bilas hingga bersih supaya tidak membuat rambut lepek.

Penggunaan Sampo yang Tidak Cocok

Sampo Tidak Cocok. (Pinterest)

Selain kondisioner, penggunaan produk sampo yang tidak cocok juga bisa menjadi penyebab rambut lepek. Jika sampo yang dipakai dirasa kurang nyaman,  alangkah baiknya untuk kamu hentikan dahulu penggunaannya.

Hal ini untuk meminimalisir terjadinya masalah rambut lepek yang berlebih, serta agar tidak menimbulkan permasalahan rambut lainnya. Selain itu, jangan biasakan untuk menggonta-ganti shampo. Hal ini pun bisa menjadi penyebab masalah rambut lepek, loh.

Penggunaan Produk Rambut secara Berlebihan

Penggunaan Produk Rambut Berlebihan. (Pinterest)

Alih-alih mendapatkan rambut sehat, indah dan berkilau, justru menggunakan produk secara berlebihan akan membuat rambut menjadi lebih lepek, bahkan berminyak. Entah itu produk rambut, seperti hair oil, vitamin rambut, hair mist, serum maupun dry shampo.

Alangkah baiknya jika kamu bisa bijak menggunakan produk dan perawatan rambut sesuai jenis dan kondisi rambutmu agar tidak muncul masalah baru yang fatal.

Kurang Bersih Saat Keramas

Kurang Bersih Saat Keramas. (Pinterest)

Saat keramas kurang bersih, masih ada sisa shampo atau conditioner yang menempel pada permukaan rambut atau kulit kepala. Hal ini juga bisa menyebabkan kondisi rambut menjadi lepek.

Maka dari itu, yang perlu diperhatikan ialah tidak mandi dengan buru-buru sehingga kamu dapat keramas dengan bersih dan benar. Selain masalah rambut lepek, tidak bersih saat keramas juga akan menyebabkan kulit kepala mudah berketombe.

Sisir yang Kotor

Sisir yang Kotor. (Pinterest)

Ladies, coba perhatikan lagi pada alat perawatan rambutmu lainnya, seperti sisir. Apakah selama ini kamu juga rutin membersihkan sisir untuk merapikan helai rambutmu? Atau jangan-jangan kamu tidak pernah membersihkan permukaan sisirmu sama sekali. Duh, hal ini bisa menyebabkan kotoran yang menempel pada sisir dapat menimbulkan masalah pada rambutmu, loh.

Nggak hanya itu, kebiasaan sering menyisir rambut juga bisa membuat rambutmu menjadi lepek. Sebaiknya cuci bersih permukaan sisir setiap 1-2 minggu sekali agar sisir tetap bersih dan tidak menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan debu. Jika permukaan sisirmu sudah mulai jarang atau rusak, maka sebaiknya segera di ganti ya, Ladies?

Itu dia 6 penyebab dan kebiasaan sepele yang bisa membuat rambut menjadi mudah lepek dan berminyak. Yuk, mulai sekarang perhatikan dan rawat dengan baik rambutmu agar terlihat indah, bersih dan sehat. Semoga bermanfaat ya Ladies!

 

 

s