Bisa Tambah Cuan, 7 Jenis Anggrek Asli Indonesia yang Cocok Dibudidayakan

Senin, 3 Januari 2022 | 15:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Bisa Tambah Cuan, 7 Jenis Anggrek Asli Indonesia Yang Cocok Dibudidayakan

Ilustrasi bunga anggrek. (Special)

Ladiestory.id - Bunga anggrek merupakan tanaman yang cukup langka dan sudah terkenal keindahannya. Tanaman anggrek banyak jenisnya namun yang banyak dikenal orang adalah anggrek bulan. Indonesia sendiri memiliki sekitar 5 ribu hingga 6 ribu jenis anggrek dari total 26 ribu jenis. Sedangkan yang bisa dibudidayakan ada 18 jenis anggrek di Indonesia.

Jenis Anggrek Asli Indonesia yang Cocok Dibudidayakan

Ladiestory.id merangkum tujuh jenis anggrek yang cocok dibudidayakan.

1. Anggrek Bulan

Ilustrasi anggrek bulan. (Special)

Anggrek yang satu inilah yang sangat terkenal di masyarakat. Nama ilmiahnya adalah Paraphalaenopsis serpentilingua dan nama latin Phalaenopsis amabili. Jenis anggrek ini banyak dibudidayakan di wilayah Kalimantan Barat.

Ciri khas anggrek bulan adalah warnanya yang putih dengan corak kuning dan merah. Adapun dinamakan anggrek bulan karena bentuk dan warnanya hampir mirip rembulan pada malam hari.

Bunganya putih serta daunnya hijau memanjang. Akarnya sedikit memiliki daging. Anggrek ini butuh sedikit cahaya matahari untuk menunjang hidupnya. 

2. Anggrek Sendok

Ilustrasi anggrek sendok. (Special)

Dari namanya, sudah terbayangkan bila bunga anggrek yang satu ini mirip dengan sendok. Tapi, tentunya jauh lebih indah dari sendok biasa.

Nama latin anggrek sendok adalah Spathoglottis zurea. Anggrek ini memiliki warna bunga kuning cerah dan sedikit polesan putih dan merah di tengahnya, membuat bunga anggrek ini tampak menawan dipandang.

3. Anggrek Jamrud

Ilustrasi anggrek jamrud. (Special)

Anggrek jamrud memiliki nama latin Dendrobium macrophyllum, dengan ciri-ciri antara lain terdapat bulu pada bunganya seperti buah rambutan. Sementara itu pada bagian luarnya menyerupai kulit rambutan dan membentuk kelopak.

4. Anggrek Jingga

Ilustrasi anggrek jingga. (Special)

Seperti warnanya, anggrek ini disebut juga anggrek jingga. Nama latinnya ialah Renanthera matutina. Ciri khas dari tanaman ini ialah memiliki bunga yang berwarna jingga dengan motif seperti kulit macan tutul. Di toko bunga, biasanya yang sering ditemukan adalah anggrek jingga yang jenis kedua, yangmana berasal dari Filipina, dengan nama latin renanthera monachica.

5. Anggrek Hitam

Ilustrasi anggrek hitam. (Special)

Walaupun namanya anggrek hitam, bukan berarti semua bagian bunga berwarna hitam. Perlu diketahui, bahwa hanya hanya bagian tengah bunganya saja yang berwarna hitam. Pada bagian luar, bunga anggrek jenis ini berwarna hijau. 

6. Anggrek Kasut Kumis

Ilustrasi anggrek kasut kumis. (Special)

Anggrek kasut kumis bisa dibilang adalah kembaran dari kantong semar. Sebab bentuknya yang berkantung dan berbulu. Itulah mengapa bunga ini dinamakan kasut kumis karena bulunya yang begitu jelas.

Bunga anggrek kasut kumis memiliki paduan warna ungu dan hijau. Kedua warna ini menjadikan anggrek kasut kumis makin indah dan serasi. Nama ilmiah anggrek kasut kumis adalah Paraphalaenopsis chamberlainianum.

7. Anggrek Bulan Bintang

Ilustrasi anggrek bulan bintang. (Special)

Selain anggrek bulan yang terkenal, ada juga yang dinamakan anggrek bulan bintang. Mengapa nama anggrek bulan bintang melekat pada bunga ini? Hal ini dikarenakan, anggrek ini mempunyai lima buah kelopak dengan bentuk mirip bintang. Sedangkan pada bagian tengahnya persis seperti bentuk bulan, warnanya begitu indah dan menawan. Bentuknya yang unik membuat banyak orang yang menyukai jenis anggrek bulan bintang ini.

Jika berhasil membudidayakan tanaman anggrek di atas, Kamu dapat menjadikannya sebagai ladang bisnis yang bisa menghasilkan cuan. Semoga berhasil!