7 Jenis Ikan Hias Buat Peliharaan di Kolam dan Akuarium

Kamis, 2 Desember 2021 | 00:56:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Jenis Ikan Hias Buat Peliharaan Di Kolam Dan Akuarium

Foto: Kompas

Ladiestory.id - Memelihara ikan hias sudah jadi hobi bagi para pecinta ikan. Bukan hanya sebagai teman di rumah. Tapi kehadiran ikan hias juga dapat bermanfaat buat kesehatan, seperti meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres, menurunkan tekanan darah  dan mampu  meningkatkan fokus serta kreativitas. Itulah yang jadi alasan para kolektor ikan hias.

Jenis Ikan Hias Peliharaan

Ikan hias bisa ditempatkan di kolam ikan maupun di akuarium. Ada banyak jenis ikan hias yang bisa dipelihara, di antaranya:

1. Ikan Louhan

Foto: Oyimedia

Ikan hias yang satu ini termasuk yang paling banyak diminati para kolektor ikan hias. Lantaran kehadirannya di dalam akuarium begitu khas dengan kepalanya yang.

Ikan dengan harga yang lumayan mahal ini mempunyai bentuk dan warna yang indah sehingga disebut-sebut membawa keberuntungan bagi yang memeliharanya.

2. Ikan Guppy

Foto: Suara

Ikan hias guppy dapat berkembang biak walaupun berada di air yang tidak bersih. Hanya saja, induk guppy cenderung galak dan gemar memangsa anak-anaknya bila tidak ditempatkan secara terpisah.

Ikan yang satu ini hanya fokus dengan dirinya sendiri dan mengabaikan ikan lainnya, sehingga lebih tepat bila ditempatkan pada komunitas yang beragam.

3. Ikan Koi

Foto: Merdeka

Ikan hias yang biasanya ditempatkan di kolam ini memiliki ciri khas yaitu berupa warna yang beragam dengan perut yang buncit. Masyarakat Jepang menganggap ikan yang memiliki nama ilmiah cyprinus rubrofuscus ini sebagai simbol keberuntungan, kemakmuran, nasib baik, hingga disebut-sebut bisa memberi manfaat spiritual. 

4. Ikan Mas Koki

Foto: Merdeka

Ikan mas koki tergolong ikan yang gampang untuk dipelihara, asalkan kamu rajin menjaga kebersihan akuarium. Ikan yang mudah didapatkan ini memiliki ragam jenisnya, namun bagi pemula disarankan untuk memilih ikan mas koki yang berbadan panjang, termasuk varietas komet, shubunkin, dan sarasa.

5. Ikan Cupang

Foto: Kompas

Ikan hias cupang tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pecinta ikan hias. Ikan dengan perawatan yang termasuk mudah ini memiliki ragam bentuk dan warna yang menarik.

Walau begitu, perlu hati-hati dalam merawatnya, karena ikan ini mudah terlempar ke sana kemari lantaran siripnya yang lebar dan tipis. 

6. Ikan Molly

Foto: Katadata

Ikan hias yang satu ini bersifat pasif, sehingga cocok untuk hidup di lingkungan akuatik yang beragam bersama dengan jenis ikan lainnya. Selain itu, ikan ini juga bisa beradaptasi dalam berbagai jenis air, mulai dari air tawar, asin, hingga air payau.

Ikan molly memiliki berbagai varian, ikan yang satu  ini  juga memilki  ciri khas yang unik, yaitu sering memangsa anak-anaknya sendiri bila terlalu sedikit vegetasi untuk ikan molly kecil bersembunyi.

7. Ikan Zebra

Foto: Ekor9

Ikan yang senang berkelompok ini memiliki ciri khas berupa garis-garis yang melintang di sekujur tubuhnya yang mirip seperti zebra. Ikan hias ini tidak suka lingkungan hangat dengan  suhu tropis, untuk itu tidak disarankan menggunakan pemanas di dalam akuarium.

Nah, itulah 7 jenis ikan hias buat peliharaan kolam ikan maupun akuarium. Semoga bisa jadi inspirasi kamu untuk memilih ikan mana yang akan kamu pelihara.