Kenali 5 Jenis Insecure dan Cara Mengatasinya

Selasa, 25 Oktober 2022 | 12:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Kenali 5 Jenis Insecure Dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi jenis insecure. (Special)

Ladiestory.id - Insecure, pasti kamu sering mendengar kata-kata itu? Insecure merupakan suatu istilah yang digunakan beberapa orang sebagai rasa rendah diri atas kekurangan yang dimiliki. Bisa dibilang, seseorang tersebut malu atas kekurangan yang ada dalam dirinya. 

Sebagai manusia, tentu tidak ada yang sempurna, baik itu fisik, sifat, karakter, bahkan emosi sekalipun. Biasanya, di kalangan umum, insecure lebih merujuk pada kekurangan dalam fisik, misalnya jerawat, badan gemuk, atau suara tidak indah. Akan tetapi ada jenis insecure lainnnya, lho. Berikut ini Ladiestory.id berikan beberapa ulasan mengenai jenis-jenis insecure.

Body Image Insecurity

Ilustrasi jenis insecure. (Special)

Body Image Insecurity atau ketidakamanan citra hubungan bisa menjadi jenis insecure yang menyerangmu. Untuk sebagian orang terutama perempuan, terkadang kamu juga akan merasa tidak nyaman bahkan tidak percaya diri dengan penampilanmu.

Hal itu bisa menjadi salah satu faktor pemicu Body Image Insecurity muncul dalam diri. Penampilan yang kamu tunjukkan kepada publik terkadang membuatmu rendah diri dan malu. Jadi, mulailah untuk melihatmu apa adanya dan hargai dirimu sendiri.

Social Insecurity

Ilustrasi jenis insecure. (Special)

Selanjutnya, ada Social Insecurity atau ketidakamanan sosial. Jenis insecure yang satu ini masih melibatkan rasa kepercayaan diri. Kurangnya kepercayaan diri justru akan menciptakan kecemasan bagi seseorang.

Kecemasan tersebut akan muncul seperti berbagai pertanyaan tentang apa yang terjadi di masa depan nanti. Bagaimana aku di masa depan? Apakah aku akan berhasil? Kecemasan tersebut justru akan membuatmu semakin terganggu. Jadi, hilangkan kecemasan-kecemasan tersebut, dan fokus melakukan langkah demi masa depanmu.

Job Insecurity

Ilustrasi jenis insecure. (Special)

Kemudian, ada Job Insecurity atau ketidakamanan bekerja. Nah, jenis insecure ini biasanya terjadi pada kalangan orang dewasa. Ketika kamu mulai memasuki dunia kerja, otomatis lingkungan dan orang-orang yang ada di tempat kerja sangat mempengaruhi dirimu.

Memiliki rasa keraguan, kebingungan, dan ketidakpastian tentang pekerjaan pasti sering terjadi di antara rekan kerja. Jadi, ketika kamu memasuki dunia kerja, usahakan tetap berpikir positif dan hilangkan segala keraguan. Tetap waspada, namun jangan terlalu berlebihan.

Relationship Insecurity

Ilustrasi jenis insecure. (Special)

Jenis insecure yang selanjutnya ada Relationship Insecurity atau ketidakamanan hubungan. Sebagai seorang manusia, sangat normal bila kamu merasa insecure dengan hubungan yang dijalani. Bahkan, tak jarang juga kamu menginginkan hubungan seperti yang dijalani orang lain.

Jika kamu terus merasa insecure atas hubungan yang terjadi saat ini, maka hal itu akan membuatmu tidak dapat percaya dengan orang lain lagi. Terlebih, jika kamu merasa insecure atas hubungan percintaanmu. Itu justru akan merenggangkan hubungan di antara pasangan.

Basic Need Insecurity

Ilustrasi jenis insecure. (Special)

Yang terakhir ada Basic Need Insecurity atau ketidakamanan kebutuhan dasar. Jika kamu mulai sering membandingkan aset, keuangan, dan kehidupan yang kamu miliki dengan orang lain, maka kamu termasuk orang yang memiliki Basic Need Insecurity.

Merasa kurang itu wajar terjadi pada manusia. Akan tetapi, jika kamu berlebihan, maka itu akan merugikanmu. Tidak perlu merasa kurang dengan apa yang kamu miliki. Cukup syukuri saja atas semua, maka rasa insecure akan hilang dengan sendirinya.

Itu dia 5 jenis insecure yang mungkin kamu alami. Tak perlu malu untuk mengakui diri sendiri bahwa kamu sedang berada dalam fase insecure. Semua rasa tersebut dapat kamu atasi segera. Namun, jika dirasa sudah mengarah ke tingkat depresi, sebaiknya kamu pilih alternatif untuk berkonsultasi dengan tenaga profesional. Kebahagianmu tetap berada di tanganmu sendiri. Tetap semangat dan jangan menyerah!