Jenis-Jenis Jaket Pria, Keren Dan Stylish

Tuesday, 22 Jun | 19:47:12

LS Fashion

Penulis : LS Fashion

Jenis-Jenis Jaket Pria, Keren Dan Stylish

Foto: Pinterest/Lookastic

Macam jenis-jenis jaket pria merupakan bagian dari fashion item yang digemari banyak kalangan. Jaket biasa digunakan untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin atau hujan. Terlepas dari fungsinya, jaket punya nilai dan mode tersendiri.

Kata jaket atau dalam bahasa Inggrisnya adalah jacket berasal dari bahasa Perancis yaitu jaquette. Istilah ini datang dari era Perancis Pertengahan yaitu dari kata benda jaquet yang merujuk pada tunik kecil atau ringan. Sementara itu, mantel atau yang dalam bahasa Inggrisnya adalah coat merupakan pakaian yang dipakai oleh pria atau wanita sebagai penghangat tubuh hingga trend fashion.

Ada macam jenis-jenis jaket pria dengan berbagai model, bahan dan pilihan. Tak hanya melindungi tubuh, macam-macam jenis jaket pria juga bisa memberi gaya tersendiri bagi pemakainya. Macam-macam jenis jaket pria akan membuatmu makin keren di mana pun kamu berada.

Macam-macam jenis jaket pria ini bisa kamu pilih untuk berbagai kebutuhan seperti saat musim hujan, olahraga, atau mengahdiri acara tertentu. Banyaknya model dalam jenis jenis jaket pria ini pastinya tak akan membuatmu mati gaya di segala kesempatan.

8 macam jenis jenis jaket pria paling stylish dan keren 

1. Jaket Bomber

Foto: Pinterest/Zara

Memiliki nama lain “flight jacket”, outer ini awalnya dipakai oleh para pilot dan menjadi tren fashion remaja di tahun 1970an. Bahkan di tahun 1990an, jaket ini kembali menjadi trend karena digunakan oleh para penyanyi dan musisi hip hop.

Jaket ini memiliki ciri khas berbentuk bulky atau gemuk, dilengkapi dengan ritsleting dan saku yang berada di kedua sisinya. Biasanya bomber terbuat dari bahan kulit, nilon, polyester dan lainnya.

2. Jaket Parka

Foto: Pinterest/Wish

Kabarnya jaket ini berasal dari orang-orang Inuit atau Eskimo untuk melindungi tubuh mereka dari hawa dingin yang ekstrem. Potongannya yang nyaman dan hoodie atau tudung berbulu menjadi populer di kalangan militer Amerika Serikat pada tahun 50-an sebelum variasi ekor ikan selama Perang Korea.

Sedangkan di Britania sekitar tahun 60-an parka menjadi fashion utama dan diolah lagi oleh merek-merek mewah dengan siluet baru. Ciri khasnya adalah jaket yang tahan air, berkerudung tanpa bukaan depan, dan kadang-kadang drawstrings di pinggang dan manset. Kini, parka dipakai untuk kesempatan kasual bersama celana jeans dan sepatu trainer. Anda juga dapat tampil keren dengan menggunakan jaket jenis parka ini.

3. Jaket Kulit

Foto: Pinterest/WeHeartIt

Sesuai dengan namanya, jaket ini terbuat dari bahan kulit binatang baik itu kulit asli maupun kulit sintetis atau buatan. Pelindung dari cuaca dingin dan angin ini memiliki ciri tampak depan seperti bukaan jaket berupa ritsleting, kancing, atau sabuk dari leher hingga bawah.

Jenis jaket pria seperti ini sangat hangat dan stylish jika digunakan untuk hanya sekedar bergaya. Terutama digunakan di daerah yang memiliki cuaca dingin dan fashionable.

4. Hoodie

Foto: Pinterest/Gap

Jaket ini tidak memiliki ritsleting maupun kancing ditengahnya. Cara memakainya seperti memakai kaus biasa. Model hoodie sangat kasual dan simple.

Apalagi jika warnanya polos, jaket ini akan sangat pas untuk kamu yang paling tidak bisa ribet. Jaket hoodie cocok dipakai saat cuaca dingin, naik motor, atau sekadar keluar bersantai.

5. Jaket Varsity

Foto: Pinterest/HYPEBEAST

Awalnya jaket ini bernama Letterman Jacket dan hanya digunakan oleh para mahasiswa Universitas Harvard. Seiring dengan berjalannya waktu, jaket ini menyebar penggunaannya ke kampus-kampus lain hingga sekolah menengah atas dan kini dipakai oleh siapa saja.

Ciri khas dari jaket ini adalah huruf yang dibordir di dada kiri jaket. Bahkan ini dapat menjadi inisial pemiliknya. Tidak hanya digunakan remaja di luar negeri saja, jenis jaket ini juga telah menjadi trend di kalangan remaja Indonesia.

6. Jaket Parasut

Foto: Pinterest/Daniel Patrick

Jaket parasut mempunyai kelebihan water resist atau tahan air, tidak cepat kusut, lebih hangat dan mudah dibersihkan. Pastikan Anda memiliki jaket ini karena akan sangat berguna di musim hujan.

7. Sports Jacket

Foto: Pinterest/FuzWeb

Sports Jacket mungkin terdengar seperti jaket olahraga. Namun, kenyataanya, Sports Jacket lebih memiliki kesan formal dan elegan. Sports Jacket memiliki bentuk mirip dengan jas berbahan corduroy, suede, denim, atau tweed. Dulunya Sports Jacket digunakan dalam olahraga high class seperti berburu dan menembak.

8. Jaket Windbreaker

Foto: Pinterest/bbvintageclothing

Jenis jaket pria ini memiliki ciri khas karet di pergelangan tangannya, memiliki hoodie dan kerah sehingga cocok bagi yang sering menghabiskan waktu di daerah yang berhawa dingin atau para pengendara motor.

Jaket ini didesain secara khusus sehingga mampu menjaga suhu tubuh tetap normal dan merasa hangat meskipun kondisi cuaca sedang tidak bersahabat atau kondisi cuaca yang ekstrem seperti angin besar hingga suhu yang dingin.

Itulah jenis-jenis jaket pria yang dapat digunakan baik sesuai fungsinya maupun untuk kepentingan bergaya atau fashion saja. Pilihlah jaket dengan bahan, tebal dan tingkat kehangatannya cocok dengan cuaca serta iklim Anda tinggal, sehingga terhindar dari tersiksa karena kepanasan alih-alih ingin tampak keren dan trendi.