Gak Bikin Gerah, 7 Jenis Kain yang Cocok Dijadikan Gamis

Sabtu, 25 Desember 2021 | 12:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Gak Bikin Gerah, 7 Jenis  Kain Yang Cocok Dijadikan Gamis

Ilustrasi gamis. (Special)

Ladiestory.id - Gamis adalah salah satu outfit yang bisa Kamu gunakan dalam berbagai kesempatan. Tak hanya cocok dijadikan outfit saat lebaran saja, gamis juga bisa Kamu pakai untuk acara yang lebih santai misalnya hangout.

Padu padankan gamis kasualmu dengan jilbab simple dan juga sneakers. Dijamin penampilanmu terlihat fashionable.

Jenis Kain yang Cocok Untuk Gamis

Ada berbagai macam jenis gamis tergantung dari kainnya. Kain yang digunakan untuk membuat gamis nantinya akan memnentukan bentuk dan kenyamanan buat Kamu. Terdapat beberapa jenis kain yang cocok dijadikan gamis, selain karena bahannya lembut juga gak bikin Kamu gerah. Ladies, berikut jenis kain yang bisa Kamu pilih untuk dijadikan gamis.

1. Katun

Kain Katun. (Special)
Ilustrasi Kain Katun. (Special)

Katun terbuat dari serat alami tanaman kapas. Kain jenis ini memiliki tekstur yang lembut, halus dan dapat menyerap keringat. Tak hanya digunakan sebagai gamis, jenis kain ini dapat digunakan untuk pembuatan kaus atau yang lainnya.

Jenis kain ini cocok digunakan untuk daerah beriklim tropis, seperti Indonesia. Bahannya yang lembut dan adem, dijamin gak bikin Kamu kegerahan!

2. Linen

Kain linen. (Special)
Ilustrasi Kain linen. (Special)

Kain linen terbuat dari serat alami tumbuhan rami, tekstur serat yang dimiliki kain ini halus dan tampak sedikit berkilau. Kain linen bisa Kamu jadikan gamis untuk berbagai macam acaramu, karena kain jenis ini memiliki keunikan tersendiri.

Gamis dengan kain ini akan terasa sejuk dipakai ketika panas namun juga bisa berubah menjadi hangat ketika cuaca dingin. Gamis ini akan terasa nyaman dipakai dan cocok untuk Kamu yang aktif dan suka bepergian.

3. Rayon

Kain rayon. (Special)
Ilustrasi Kain rayon. (Special)

Jika dibandingkan dengan kain sutra, kain rayon memiliki harga yang jauh lebih murah. Kain rayon terbuat dari serat sintetis atau buatan. Serat tersebut merupakan hasil olahan yang digunakan untuk membuat serat sutra.

Tekstur kain rayon yaitu halus, licin dan mudah menyerap keringat. Namun, kain jenis ini lebih mudah kusut jadi memerlukan perlakuan khusus ketika mencucinya.

4. Jersey

Kain jersey. (Special)
Ilustrasi Kain jersey. (Special)

Dikenal juga dengan nama kain lycra. Ciri khas dari kain jenis ini adalah tekstur yang dimiliki elastis, ringan dan mudah kering. Kain jenis ini cocok dijadikan gamis untuk pemakaian sehari-hari. Pastinya akan nyaman dan tidak menyebabkan gerah.

5. Balotelli

Kain balotelli. (Special)
Ilustrasi Kain balotelli. (Special)

Kain jenis ini banyak dijadikan gamis dengan tampilan formal. Tekstur yang dimiliki berbentuk garis-garis yang memanjang dan ju)a kotak kecil bentuk segi empat. Kain ini juga memiliki bahan yang lembut, tampak jatuh dan tidak kaku. Selain digunakan sebagai gamis, kain balotelli bisa digunakan untuk membuat blouse, kemeja ataupun celana panjang.

6. Crepe

Kain crepe. (Special)
Ilustrasi Kain crepe. (Special)

Kain crepe memiliki tekstur yang lembut, berserat, dan juga tampak jatuh ketika dipakai. Kain ini cenderung tebal namun bahan yang dimiliki adem sehingga akan membuat Kamu nyaman dan jauh dari kata gerah saat memakainya. Permukaan kain ini memiliki tekstur berpasir atau kerutan kecil.

7. Maxmara

Bahan maxmara. (Special)
Ilustrasi Bahan maxmara. (Special)

Motif yang indah dari kain ini membuatnya banyak diminati oleh kaum hawa. Biasa dikenal sebagai sutra satin, kain ini memiliki tekstur lembut dan halus. Bahannya ringan dan jatuh saat dipakai membuat kain jenis ini cocok digunakan untuk membuat gamis. Gamis dengan menggunakan kain ini akan terlihat mewah dan juga elegan.