Mengenal 7 Jenis Kandungan Acid dan Fungsinya dalam Skincare

Rabu, 27 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mengenal 7 Jenis Kandungan Acid Dan Fungsinya Dalam Skincare

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kandungan asam atau yang dikenal dengan acid adalah bahan yang biasa digunakan dalam produk skincare, karena bahan ini diklaim mampu memperbaiki masalah kulit.

Acid memiliki beberapa jenis dengan fungsinya yang berbeda, bila salah menggunakan jenis acid justru bisa menimbulkan pada kulit. Oleh sebab penting bagi kamu untuk mengenal jenis acid dan fungsinya masing-masing. 

Jenis Acid dan Fungsinya

Inilah jenis acid dan fungsinya yang wajib kamu ketahui.

1. Salicylic Acid

acid dalam skincare
Foto: Ladiestory.id

Salicylic acid adalah salah satu jenis asam yang dianggap berfungsi untuk kulit berjerawat. Hal ini karena salicylic acid atau BHA dapat membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori sekaligus menjadi agen anti-inflamasi yang baik. 

Tapi kandungan salicylic acid tidak cocok digunakan bagi ibu hamil, menyusui, atau mereka yang alergi terhadap aspirin. Begitu pula dengan mereka yang memiliki kulit lebih gelap, mesti waspada menggunakannya karena dapat menyebabkan pencerahan atau penggelapan kulit yang tak teratur.

2. Citric Acid

Jenis acid berikutnya adalah Citric acid yang merupakan  jenis asam alfa-hidroksi yang berasal dari buah jeruk. Oleh karena itu, asam jenis ini dikenal kaya akan kandungan antioksidan dan dapat mencegah penuaan dini. 

Citric acid juga cocok untuk kulit yang mudah berjerawat atau rusak karena paparan sinar matahari. Hal tersebut karena citric acid memiliki kandungan asam yang ringan bila dibandingkan dengan jenis AHA yang lain.

3. Hyaluronic Acid

acid dalam skincare
Foto: Ladiestory.id

Hyaluronic acid merupakan asam yang biasa digunakan dalam pelembab karena memiliki sifat hydrating yang luar biasa. Hyaluronic acid mampu menahan air lebih berat dari seribu kali beratnya sendiri. Hal inilah yang membuatnya mampu menyamarkan garis-garis halus, melembutkan, dan mengencangkan kulit

4. Lactic Acid

Lactic acid merupakan jenis asam yang cocok untuk jenis kulit sensitif. Hal ini karena lactic acid dapat melembutkan garis-garis halus dan kerutan tanpa menyebabkan iritasi pada kulit. 

Tidak hanya itu, lactic acid juga diketahui bisa membuat sel-sel kulit mati dan menjadikan kulit jadi lebih cerah merata serta memberikan efek kelembaban tambahan pada lapisan kulit luar. 

5. Mandelic Acid

acid dalam skincare
Foto: Ladiestory.id

Mandelic acid adalah salah satu jenis acid yang sangat berguna untuk mencerahkan kulit. Mandelic acid tidak begitu mengiritasi dibandingkan dengan acid lainnya.

6. Azelaic Acid

Jenis acid selanjutnya adalah azelaic acid yang dapat mengobati masalah kemerahan, jerawat bahkan hiperpigmentasi, rosacea dan melasma pada kulit. 

7. Glycolic Acid

acid dalam skincare
Foto: Ladiestory.id

Glycolic acid atau yang dikenal dengan AHA, adalah jenis  asam serbaguna yang mampu mengatasi kerutan, flek hitam, dan bekas luka. Bukan cuma itu, glycolic acid juga dapat membuat kulit tampak bercahaya dan mengecilkan  pori-pori.

Hanya saja, jenis acid yang satu ini tak begitu cocok dengan jenis kulit sensitif karena dapat membuat kulit iritasi. Tapi,  jika pemilik kulit sensitif tetap ingin memakainya, bisa menggunakan produk skincare dengan konsentrasi kandungan glycolic acid yang sekecil mungkin.

Nah, itulah 7 jenis acid dan fungsinya masing-masing dalam skincare. Semoga bermanfaat.