6 Jenis Obat yang Perlu Dibawa saat Mudik Lebaran

Sabtu, 30 April 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

6 Jenis Obat Yang Perlu Dibawa Saat Mudik Lebaran

Ilustrasi mudik. (Special)

Ladiestory.id - Tanpa terasa sebentar lagi hari raya Idulfitri akan segera datang. Momen yang menjadi hari kemenangan bagi umat muslim tersebut disambut dengan bahagia. Beragam kegiatan sudah direncanakan jauh-jauh hari untuk merayakan hari nan suci tersebut.

Termasuk juga rencana untuk mudik ke kampung halaman. Mudik merupakan kegiatan khas yang dilakukan masyarakat Indonesia menjelang lebaran. Tujuan mudik adalah untuk bertemu dan berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman.

Ketika merencanakan untuk mudik, tentunya Kamu perlu menyiapkan berbagai hal. Mulai dari barang bawaan, kondisi tubuh, kondisi kendaraan yang akan Kamu gunakan, tiket perjalanan, dan yang tidak kalah penting adalah stok obat-obatan.

Obat-obatan merupakan salah satu barang yang penting untuk disiapkan terutama bagi Kamu yang menempuh perjalanan cukup jauh. Stok obat-obatan yang lengkap akan mengurangi berbagai keluhan yang terjadi saat perjalanan mudik. Ladiestory.id telah merangkum beragam jenis obat yang perlu Kamu bawa saat mudik lebaran, simak yuk!

Obat Mabuk Perjalanan

Foto: Ladiestory.id

Mabuk perjalanan bisa dialami oleh siapa saja termasuk anak-anak dan orang dewasa. Mabuk perjalanan biasanya ditandai dengan adanya keluhan kepala pusing, merasa mual dan muntah. Agar Kamu terhindar dari keluhan mabuk perjalanan, maka sebaiknya Kamu memasukkan obat anti mabuk perjalanan ke dalam kotak obat yang perlu Kamu bawa.

Selain itu, jika Kamu sering mengalami keluhan tersebut ada baiknya Kamu mengonsumsinya 30 menit atau 60 menit sebelum melakukan perjalanan. Obat tersebut biasanya akan memberikan efek kantuk, sehingga Kamu akan tertidur selama perjalanan. Obat jenis ini juga dijual bebas di apotek tanpa perlu menggunakan resep dokter.

Obat Pereda Nyeri

Obat (Special)

Kamu juga perlu menyiapkan obat pereda nyeri sebelum mudik. Obat tersebut bermanfaat apabila sewaktu-waktu muncul keluhan seperti nyeri kepala atau yang lainnya. Obat pereda nyeri juga banyak jenisnya, salah satunya paracetamol.

Paracetamol memiliki beragam kegunaan diantaranya meredakan nyeri, sakit kepala, sakit gigi, nyeri haid, dan yang lainnya. Paracetamol juga bisa Kamu dapatkan secara bebas tanpa harus menggunakan resep dokter.

Obat Diare

Foto: Ladiestory.id

Ketika akan melakukan perjalanan mudik, Kamu juga perlu mengantisipasi adanya kemungkinan terserang penyakit diare. Kamu tidak tahu kebersihan makanan yang disajikan oleh rumah makan yang Kamu singgahi. Oleh karena itu, Kamu perlu menyiapkan obat diare dari rumah.

Hal ini agar memudahkan Kamu jika dalam perjalanan mudik mengalami diare, Kamu tidak perlu repot mencari obat di apotek. Obat diare juga tergolong obat bebas yang bisa Kamu dapatkan dengan mudah di apotek ataupun toko obat tanpa menggunakan resep dokter.

Obat Mag

Foto: Ladiestory.id

Bagi Kamu yang memiliki riwayat penyakit mag, obat mag merupakan salah satu jenis obat yang wajib Kamu bawa saat mudik. Salah mengonsumsi jenis makanan tertentu ataupun terlambat makan dapat memicu kambuhnya penyakit mag yang Kamu miliki. Sebagai antisipasi Kamu bisa menyiapkan antasida sebagai obat mag untuk mengatasi keluhan tersebut.

Obat Kronis yang Rutin Dikonsumsi

Ilustrasi obat-obatan. (Special)

Apabila Kamu memiliki riwayat penyakit kronis tertentu, Kamu perlu mengecek kondisi kesehatanmu terlebih dahulu sebelum melakukan mudik. Dokter juga akan memberikan resep obat yang perlu Kamu konsumsi secara rutin.

Obat-obatan yang diberikan oleh dokter tersebut juga jangan sampai ketinggalan. Kamu wajib membawanya dan mengonsumsinya. Hal ini bertujuan agar Kamu tetap sehat dan penyakitmu tidak kambuh saat perjalanan mudik.

Minyak Angin

Minyak masuk angin. (Special)

Minyak angin juga merupakan salah satu jenis obat yang wajib Kamu bawa saat melaksanakan perjalanan mudik. Minyak angin saat ini tersedia dengan beragam merk dan aroma. Kamu bisa memilih sesuai dengan selera yang Kamu mau.

Minyak angin sangat bermanfaat untuk membuat tubuhmu merasa lebih nyaman dan rileks selama mudik. Oleskan minyak angin pada perut atau leher agar membuatmu merasa lebih nyaman.

s