Berdasarkan Kegunaannya, Kenali 7 Jenis Pakaian Ini

Senin, 20 Desember 2021 | 16:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Berdasarkan Kegunaannya, Kenali 7 Jenis Pakaian Ini

Park Shin Hye. (soompi.com)

Ladiestory.id - Pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat tinggal. Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup tubuhnya serta terhindar dari unsur yang merusak, seperti cuaca dingin atau sengatan sinar matahari. 

Jenis Pakaian Berdasarkan Kegunaannya

Di dunia ini terdapat berbagai macam pakaian. Pada dasarnya pakaian juga dibedakan dalam beberapa jenis berdasarkan kegunaannya. Berikut jenis-jenis pakaian berdasarkan kegunaannya.

1. Pakaian Santai atau Sehari-hari

Ilustrasi pakaian sehari-hari. (Special)

Pakaian santai atau pakaian yang digunakan untuk sehari-hari saat beraktivitas di rumah. Pakaian ini juga bisa dikenakan saat jalan-jalan. Jenis pakaian ini biasanya terlihat kasual, terbuat dari bahan kaus atau katun dengan model sederhana sesuai dengan selera orang yang memakainya.

2. Pakaian Tidur

Sesuai dengan namanya, pakaian ini digunakan orang saat tidur. Biasanya pakaian tidur terbuat dari yang halus dan longgar. Menurut aturan kesehatan, bila pakaian yang ketat saat tidur bisa mengganggu peredaran darah. Salah satu jenis pakaian ini adalah piyama.

3. Pakaian ke Pesta

Ilustrasi pakaian untuk ke pesta. (Special)

Ketika kita hendak menghadiri suatu pesta, maka kita memerlukan pakaian yang cocok untuk digunakan ke pesta. Model pakaian yang digunakan juga tentunya harus disesuaikan dengan jenis pestanya, seperti pesta pernikahan, pesta rumah baru, pesta peresmian gedung atau rumah, pesta launching produk dan lain-lain. 

Biasanya pakain pesta ini terbuat dari bahan wol, untuk jas yang dipakai pria biasanya terbuat dari bahan sutra. Sementara untuk dress-nya yang dipakai wanita, bisa dari bahan renda atau brukat, dengan model kebaya resmi atau kebaya modern.

4. Pakaian ke Kantor

Pakaian kerja ala Park Min Young di drama What's Wrong With Secretary Kim. (Special)

Pakaian ini biasanya digunakan pada saat ke kantor atau bekerja. Jenis pakaian ini ada dua macam yakni, pakaian seragam dan pakaian bebas formal. Tapi standar untuk pakaian kantor biasanya terbuat dari bahan katun, wol dan lain-lain yang hasilnya pas buat ke kantor.

Model pakaian yang biasa dikenakan para pekerja kantoran, antara lain kemeja, celana ataupun rok untuk para wanita, dan ada juga berupa jas atau blazer serta  mini dress dengan bahan yang cocok untuk ke kantor.

5. Pakaian Seragam

pakaian seragam adalah pakaian yang digunakan satu motif dikarenakan sebuah aturan seperti pakaian seragam sekolah, seragam pramugari, seragam TNI, dan sebagainya.

6. Pakaian Muslim

Gita Savitri. (instagram/gitasav)

Untuk orang Islam, pakaian muslim ini mutlak punya khususnya wanita, karena selain berfungsi untuk menutupi tubuh juga sebagai bentuk ketaatan orang terhadap agamanya. Pakaian muslim sendiri pun dibagi menjadi beberapa macam, seperti atasan, hijab, maupun bawahan.

Model pakaian untuk perempuan yang berhijab juga tak melulu kuno, sebab saat ini ada beragam pilihan model. Kamu bisa memilih model pakaian berupa tunik, gamis, rok, celana, maupun model hijab. 

7. Pakaian Adat

Pernikahan Ria Ricis. (instagram/teukuryantr)

Pakaian adat biasanya digunakan pada acara-acara tertentu dalam sebuah adat daerah. Misalnya, acara pernikahan sesuai adat para pengantin, atau pada saat acara-acara lain yang mengenalkan pakaian adat setiap adat yang ada di suatu negara misalnya saja Indonesia.

Tentunya kamu tahu, negeri kita ini kaya akan suku dan adat istiadatnya, sehingga memiliki beragam pakaian adat. Bahan untuk pakaian adat biasanya dipilih sesuai keperluan dan kadang bahannya merupakan hasil tenun khas daerah atau adat tersebut.