Jangan Sembarangan, Ini 5 Tips Merawat Pakaian Sesuai Jenisnya

Selasa, 21 Maret 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Jangan Sembarangan, Ini 5 Tips Merawat Pakaian Sesuai Jenisnya

Ilustrasi pakaian di kamar. (Special)

Daftar isi

Ladiestory.id - Ladies, tentu di lemarimu memiliki berbagai macam jenis pakaian dengan tekstur bahan yang berbeda-beda. Nah, pakaian yang dirawat dengan benar tentu harus tetap terjaga tekstur dan kondisi bahannya agar bisa awet dan tahan lama, apalagi jika kamu memiliki segudang pakaian kesayangan.

Apabila pakaian tidak dirawat dengan benar tentu akan cepat rusak dan tidak akan nyaman apabila digunakan. Daripada beli pakaian baru melulu lebih baik kamu merawat pakaian lamamu agar kondisinya tetap terlihat seperti baru, berikut ini lima tips merawat pakaian sesuai dengan jenisnya yang bisa kamu lakukan.

Rajut

 

Ilustrasi merajut. (Special)

 

Pakaian rajut biasanya paling cocok digunakan saat cuaca dingin seperti saat musim hujan. Memiliki tekstur bahan yang tebal, jenis pakaian ini pun dapat dirawat dengan cukup mudah, untuk pencuciannya kamu bisa mencuci menggunakan tangan dan menambahkan deterjen.

Jangan menyikat pakaian berbahan rajut dengan keras dan juga memerasnya. Hal ini bertujuan agar benang-benang pada pakaian rajut tidak tersangkut ketika proses pencucian dan dikeringkan. Selain itu, agar tetap menjaga kulitas bahan dan tekstur rajut supaya tidak cepat melar.

Denim

Ilustrasi pakaian denim. (Pinterest.com)

 

Agar serat pakaian khususnya denim tidak cepat merusak kain, alangkah lebih baik jika kamu dapat menghindari mencuci pakaian denim terlalu sering. Jika ingin mencuci pakaian denim, sebaiknya balik pakaian terlebih dahulu dan bagian dalamnya menghadap keluar agar warna pakaian tidak cepat luntur atau memudar.

Jika kamu ingin mencuci pakaian denim menggunakan mesin cuci, maka sebaiknya hindari untuk mengeringkan pakaian denim dalam mesin cuci terlalu lama. Kamu bisa menggantung pakaian denim dalam kondisi setengah kering atau sedikit lembap dan cukup dijemur diruangan yang tidak terlalu banyak terkena pancaran sinar matahari langsung, kamu juga bisa menjemur didalam ruangan yang cukup mendapat pancaran sinar matahari.

Katun

Ilustrasi menggunakan pakaian katun. (special)

 

Pakaian berbahan katun ini sangat cocok apabila digunakan didaerah tropis seperti iklim di Indonesia, perawatan pakaian berbahan katun pun terbilang cukup mudah. Apabila pakaian berbahan katunmu terkena percikan noda, maka kamu dapat merendamnya didalam air dingin dan ditambahkan deterjen pakaian.

Kamu juga harus memisahkan pakaian katun berwarna putih dan tidak menggabungkannya dengan pakaian berwarna lain agar pakaianmu tidak terkena luntur. Dalam proses pencucian pun sebaiknya dapat dicuci atau di kucek menggunakan tangan agar kondisi bahan lebih awet jika dibandingkan dengan mencuci menggunakan mesin cuci.

Sutra

Ilustrasi kain sutra. (Special)

 

Ladies, jika kamu memiliki pakaian berbahan sutra, maka kamu pun bisa lebih berhati-hati untuk membersihkannya. Supaya bahan pakaian sutra kesayanganmu tetap awet dan tahan lama, kamu juga bisa mencucinya menggunakan tangan dan direndam dalam air bersuhu hangat.

Namun, jika kamu ingin merendam pakaian sutra menggunakan air bersuhu dingin, kamu pun bisa menggunakan deterjen khusus pakaian yang lebih gentle. Untuk mencucinya cukup kucek pakaian sutra dengan lembut dan tidak perlu terlalu keras ataupun disikat. Untuk mengeringkannya jangan langsung diperas.

Kulit

 

Ilustrasi pakaian berbahan kulit. (Special)

 

Merawat pakaian berjenis kulit juga tidak semudah yang dibayangkan, lho. Agar kondisi pakaian kulit tetap terawat maka kamu perlu perhatian ekstra dalam merawatnya. Jangan menggunakan mesin cuci ataupun deterjen untuk mencuci pakaian berjenis kulit, karena pakaian kulit dapat cepat mengerut bahkan teksturnya tidak bisa kembali seperti tekstur awalnya.

Nah, setelah menggunakan pakaian kulit, kamu pun bisa menggantungnya ditempat berangin dan tidak terkena sinar matahari. Apabila terdapat noda pada pakaian kulit, kamu bisa mengelapnya dengan menggunakan kain basah dan dilap dengan lembut.