Jenis Sushi Yang Sering Menjadi Menu Andalan Restorant Jepang

Sabtu, 26 Desember 2020 | 12:44:58

LS Culinary

Penulis : LS Culinary

Jenis Sushi Yang Sering Menjadi Menu Andalan Restorant Jepang

Sushi adalah kuliner yang terbuat dari nasi bercuka dengan topping seafood. Secara umum, sushi biasanya merujuk pada "Edomaezushi", salah satu masakan rumahan yang mulai ada sejak zaman Edo. Meskipun begitu, setelah perang dunia kedua sushi dianggap sebagai kuliner mewah. Seiring perkembangan zaman, sushi pun mulai beragam jenisnya. Selain nigirizushi, ada makizushi, chirashizushi, dan masih banyak lagi. Restoran yang menjual sushi pun mulai beragam, mulai dari take out sushi, kaitenzushi (restoran sushi dengan conveyor belt), dan berbagai bisnis kuliner sushi lain yang mulai masuk di era 80-an. Sejak itulah, sushi mulai menjadi makanan yang merakyat. Kini sushi dapat dengan mudah ditemukan di minimarket-minimarket di Jepang.

Jenis-Jenis Sushi Yang Sering Menjadi Menu Andalan Restorant Jepang

?Nigirizushi

Nigirizushi adalah nasi bercuka yang dibentuk bulat lonjong dan diberi topping di atasnya. Nigirizushi dibuat dengan cara digenggam, karena itu bisa dibilang keterampilan seorang koki sushi dapat dilihat melalui nigirizushi yang dibuatnya. Sushi jenis ini adalah yang terpopuler.

?Makizushi

Makizushi adalah lembaran nori (rumput laut) dengan nasi bercuka diratakan di atasnya, ditambah bahan isian yang kemudian digulung. Makizushi terbagi lagi menjadi futomaki (makizushi besar), hosomaki (makizushi kecil), dan lain sebagainya, termasuk juga California roll, makizushi yang lahir di luar Jepang.

?Gunkanmaki

Gunkanmaki adalah nasi yang dibentuk bulat lonjong, dibalut nori di pinggirannya, dan diberi topping. Sushi ini disebut gunkanmaki karena mirip dengan kapal perang (gunkan). Sushi dengan topping ikura (telur ikan salmon) biasanya disajikan berupa gunkanmaki.

?Inarizushi

Inarizushi adalah nasi bercuka yang dimasukkan ke dalam "kantong" dari kulit tahu berbumbu manis. Jenis sushi ini disebut sebagai makanan rakyat yang disukai anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya disajikan juga dalam set mi soba dan mi udon.

?Oshizushi

Oshizushi adalah nasi bercuka yang ditempatkan di dalam wadah dengan topping di atasnya, kemudian dipres. Topping yang digunakan bisa ikan makarel, ikan kurisi, ikan salmon, dan lainnya. Di Prefektur Toyama bahkan ada masakan rumahan yang disebut masuzushi. Masuzushi adalah sejenis oshizushi ber-topping ikan masu (sejenis ikan salmon) yang dibuat di dalam wadah kayu berlapis daun bambu.

?Kakinohazushi

Kakinohazushi adalah sushi ber-topping ikan salmon, ikan makarel, dan lainnya yang dibungkus dengan daun kesemek. Nama kakinohazushi berasal dari pembungkusnya yaitu daun kesemek (kakinoha). Ini adalah makanan rumahan khas Nara.

 

Sumber Foto Utama: Freepik.com