Jessikah Inaba, Sosok Pengacara Tunanetra Berkulit Hitam Pertama di Inggris

Rabu, 4 Januari 2023 | 18:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Jessikah Inaba, Sosok Pengacara Tunanetra Berkulit Hitam Pertama Di Inggris

Jessikah Inaba Pengacara Tunanetra Kulit Hitam Pertama di Inggris. (Special)

Ladiestory.id - Sebuah sejarah baru saja kembali tercatat dari sosok Jessikah Inaba, seorang perempuan muda asal Inggris yang berhasil dinobatkan sebagai pengacara tunanetra berkulit hitam pertama di negara asalnya. Hal ini diketahui lewat unggahan pribadinya di akun Instagram, pada Oktober 2022 lalu. 

Pada keterangannya, Inaba yang telah ditetapkan menjadi pengacara, menuliskan kesiapannya untuk mulai melayani para kliennya.

Jessikah Inaba Pengacara Tunanetra Kulit Hitam Pertama di Inggris. (Special)

"Secara resmi, pengacara Anda sendiri siap melayani Anda," tulis Jessikah Inaba, dalam unggahannya, dilansir Rabu (4/1/2023).

Menurut laporan dari Women’s Agenda, Inaba menimba ilmu selama lima tahun di University of Law Bloomsbury. Sebelum resmi dinobatkan sebagai pengacara, dirinya pun turut menjadi mahasiswa kulit hitam dan tunanetra pertama di kampusnya.

Jessikah Inaba Pengacara Tunanetra Kulit Hitam Pertama di Inggris. (Special)

Dalam sebuah wawancara, kepada The Times UK, Inaba mengatakan bahwa dengan pencapaiannya sebagai pengacara tunanetra dan kulit hitam pertama, dirinya berharap setelahnya akan ada banyak lagi orang-orang dengan keterbatasan yang mampu memegang peran penting di tengah masyarakat.

"Saya tahu saya bisa melakukan pekerjaan ini dengan baik. Semakin banyak orang seperti saya yang mengikuti pelatihan, semakin mudah jadinya. Saya tahu saya memberi harapan kepada orang lain dalam situasi yang sama," ujar Jessikah Inaba, dikutip dari The Times UK.

"Ada glass ceiling berlapis tiga dan saya memiliki kecacatan. Tapi dengan saya terus maju, saya meringankan beban orang selanjutnya yang seperti saya. Ini gila karena saya masih tidak percaya saya telah melakukannya," lanjutnya.

Jessikah Inaba Pengacara Tunanetra Kulit Hitam Pertama di Inggris. (Special)

Sementara itu, dukungan dari keluarganya disebut menjadi kekuatan tersendiri bagi Inaba untuk menyelesaikan pendidikan di Magister Hukum pada November 2021 lalu. Mencatat sejarah, selain karena keterbatasannya dalam penglihatan, ia pun menjadi bagian dari kurang lima persen pengacara berkulit hitam di Inggris.