Jika Kamu Ingin Solo Traveling, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan!

Jumat, 25 Oktober 2019 | 16:22:41

LS Travel

Penulis : LS Travel

Jika Kamu Ingin Solo Traveling, Ini 5 Hal Yang Perlu Kamu Persiapkan!

Sebagai wanita yang bekerja, kamu pasti memiliki rekan kerja yang sibuk dan sulit diajak liburan bersama, tapi bukan berarti kamu tidak bisa solo traveling. Selagi masih muda, tidak ada salahnya kamu melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru yang pastinya sangat menyenangkan. Selain mendapatkan pengalaman baru, kamu juga bisa menemukan teman-teman baru. Kalau kamu terkenal sebagai orang yang senang liburan, solo traveling bisa menjadi pilihan bagimu untuk berlibur tapi kamu juga harus mempersiapkan apa saja yang perlukan. Di bawah ini ada 5 hal yang perlu kamu persiapkan jika kamu ingin solo traveling.

1. Pastikan kondisi tubuhmu fit

Salah satu hal penting sebelum kamu melakukan solo traveling, kamu harus memiliki kondisi fisik yang fit dan prima. Sebaiknya kamu mempersiapkan dirimu jauh-jauh hari untuk liburan agar tubuhmu tetap prima. Selain kondisi fisik, siapkan juga kondisi mental, agar mood kamu tetap stabil jika ada hal-hal yang tidak kamu inginkan di perjalanan. Jangan pergi dengan keadaan marah, cemas, atau meninggalkan masalah yang belum terselesaikan. Itu malah akan membebankan perlajananmu dan nantinya perjalananmu akan tidak menyenangkan.

2. Rencanakan perjalananmu dengan baik

Karena kamu menjalani solo traveling, kamu harus merencanakan semuanya dengan matang mulai dari akomodasi, transportasi, konsumsi, hingga biaya-biaya tak terduga yang harus kamu keluarkan selama perjalanan. Dengan solo traveling, tentunya kamu akan lebih bebas mengatur semuanya karena tidak ada pihak lain yang harus dipikirkan. Meskipun mungkin nanti ada hal-hal lain yang tidak terduga, yang penting kamu sudah mengetahui konsekuensinya dan tentunya perjalananmu akan lebih terarah dan terorganisasi.

3. Pilih penginapan di daerah yang ramai

Bila kamu berencana solo traveling, kamu mungkin akan memilih tempat yang nyaman untuk dirimu sendiri. Kamu bisa bermalam di hotel, motel, atau losmen. Kamu bisa memilih lokasi yang tentunya berada di dekat pusat keramaian. Selain masalah keamanan, kamu juga akan termudahkan untuk mencari makan, jajanan, ATM, dan berbelanja di malam hari.

4. Carilah traveler lain

Tentunya, kamu tidak sendirian. Kamu juga akan menemukan seseorang yang juga melakukan solo traveling. Gunakan keahlian berkomunikasimu ketika kamu berada di tempat asing, di mana tidak ada seorangpun yang kamu kenal. Cari kesempatan untuk menyapa traveler lain yang juga sendirian. Para traveler yang kamu temui biasanya juga seseorang yang aktif mencari teman. Jadi, ketika pulang dari perjalanan ini, kamu bisa mendapatkan teman baru.

5. Bawalah obat-obatan pribadi

Karena kamu pergi sendirian, tentu kamu harus menjaga dirimu dengan baik karena ketika kamu tidak dalam keadaan baik, tidak aka nada yang membantu. Kamu harus menyiapkan obat-obatan dalam setiap perjalananmu karena tidak ada yang tahu kapan kecelakaan itu akan terjadi, dan kamu tidak perlu panik soalnya kamu sudah memiliki obat untuk menanganinya. Tentunya perjalananmu yang sendiri ini akan menjadi perjalanan yang penuh persiapan dan penuh kenyamanan bagi dirimu sendiri.

Memang jarang dilakukan tapi solo traveling itu memang menyenangkan, jadi jangan ragu untuk tetap berangkat dan persiapkan semua hal yang sudah disebutkan di atas, selamat liburan, Ladies!

Source foto: film Eat Pray Love/Columbia Pictures, Plan B Entertainment, Red Om Films