Joko Anwar Bagikan Tips Ciptakan Sinematik Video dengan vivo X80 Pro

Minggu, 31 Juli 2022 | 16:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Joko Anwar Bagikan Tips Ciptakan Sinematik Video Dengan Vivo X80 Pro

Joko Anwar, vivo X-Figure Representative. (Special)

Ladiestory.id - vivo memperkenalkan Joko Anwar, sutradara film kenamaan Indonesia, sebagai salah satu vivo X-Figure Representative pada momen peluncuran vivo X80 Series di Indonesia pada Selasa (26/7/2022).

Lewat pengalaman one tap to cinematic professional imaging yang ditawarkan vivo X80 Series, Joko Anwar dapat bereksplorasi membuat karya sinematik, yang menampilkan foto maupun video dengan ragam cerita dan perspektif dari kesehariannya, cukup menggunakan smartphone dalam satu sentuhan.

“Membuat karya sinematik layaknya sebuah film tidaklah mudah. Diperlukan alat-alat pendukung yang dapat menunjang pengambilan gambar dengan efek visual yang tepat, sehingga cerita dapat tersampaikan dengan baik ke audiens,” ungkap Joko Anwar, dikutip dari press release, Minggu (31/7/2022).

“Namun, kini semua kebutuhan perekaman tersebut sudah tersedia di dalam vivo X80 Pro, lewat ZEISS Optics yang menghadirkan fitur ZEISS Cinematics Video Bokeh, AI Video Enhancement, Super Night Video, dan HDR Video, yang memudahkan kita untuk merekam video maupun foto dari kegiatan sehari-hari tanpa repot, cukup pakai smartphone saja,“ sambungnya.

Menurut Joko Anwar, elemen dasar yang paling penting dalam menghasilkan video sinematik berkualitas adalah lensa profesional, pencahayaan, tingkat stabilitas video yang tinggi, color tone, alur, hingga fokus. Seluruh aspek ini bisa ditemukan di vivo X80 Series, khususnya vivo X80 Pro. 

Joko Anwar, vivo X-Figure Representative. (Special)

Berikut tips dari Joko Anwar terkait memaksimalkan fitur-fitur sinematik pada vivo X80 Pro agar pengguna dapat menghasilkan video yang berkualitas tinggi dengan mudah:

Maksimalkan Fitur ZEISS Cinematic Video Bokeh 

vivo X80 Series telah dibekali kamera dengan ZEISS Cinematic Style Bokeh untuk mode portrait dan ZEISS Cinematic Video Bokeh untuk mode video, yang akan menghasilkan efek bokeh atau efek latar yang blur berbentuk oval dengan rasio 2,39:1 layaknya sebuah film. 

Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini jika mereka menonjolkan atau mempertegas objek foto atau video; atau jika mereka ingin mendistorsi latar belakang objek yang kurang mendukung, seperti suasana keramaian. Karena efek bokeh yang dihasilkan akan berbentuk oval, maka secara otomatis akan membuat hasil foto menjadi estetik dan ekspresif layaknya film profesional.

Lebih lagi, fitur bokeh pada vivo X80 Pro didukung dengan empat modul kamera belakang berupa kamera utama 50MP Ultra-Sensing GNV Sensor dengan OIS Camera, 12MP Gimbal Portrait Camera, 48MP Wide-Angle Camera, dan 8MP Periscope Camera. 

Sedangkan pada vivo X80, kamera belakangnya memiliki konfigurasi triple camera berupa 50MP Ultra-Sensing Sensor, 12MP Portrait Camera, dan 12MP Wide-Angle Camera. Pada kemera depan kedua seri dibekali kamera beresolusi 32MP. Dengan demikian, hasil tangkapan kamera pada ponsel ini diklaim jernih dan detail.

Gunakan AI Video Enhancement

Elemen penting dalam sinematografi adalah cahaya. Untuk itu, sebelum mengambil video, sebaiknya perhatikan arah datangnya cahaya yang jatuh ke objek foto, kemudian lakukan tes kamera untuk menentukan angle yang tepat sesuai arah datangnya cahaya tersebut. 

Umumnya, demi menghasilkan video yang tetap bagus dalam kondisi gelap, pengguna akan menyetel lensa kamera secara manual. Namun, kini dengan teknologi yang dikembangkan vivo, vivo X80 Pro memudahkan kebutuhan ini dengan menghadirkan teknologi AI Video Enhancement.

Fitur ini akan mendeteksi kadar cahaya di sekitar objek video, termasuk kegelapan cahaya ekstrem, dan kemudian menjadikannya terlihat lebih terang. Sistem AI pada fitur ini secara otomatis akan mengaktifkan fitur Super Night Video pada kondisi gelap.

Sedangkan, pada kondisi cahaya ekstrem terang atau gelap, HDR Video akan langsung menyelaraskan kontras cahaya sehingga video yang dihasilkan nampak profesional.

Active Centering OIS System Cegah Video Blur

Video yang stabil merupakan salah satu indikasi dari video sinematik yang baik dan dapat dinikmati audiens. Umumnya, dibutuhkan alat eksternal untuk menjaga agar kamera tetap stabil dan fokus objek bisa tetap terkunci. 

Namun kini, melalui fitur Active Centering OIS System pada vivo X80 Series, hasil sinematografi pun akan memiliki stabilitas dan tingkat kejelasan terbaik, serta minim blur, karena fitur ini memastikan lensa dapat bergerak melawan guncangan selama pengambilan frame. 

Lebih lagi, semua seri di vivo X80 Series juga sudah dibekali dengan kemampuan 360o Horizon Levelling Stabilization yang mampu merekam video dalam gerakan cepat. Sehingga, pengguna dapat berkarya mengambil gambar ekstrem dan mengabadikan momen dari berbagai angle yang unik dan menghasilkan video layaknya film profesional.

Pastikan Color Tone dan Sequence yang Seimbang 

Untuk menyempurnakan pengabadian momen sehari-hari layaknya video profesional, pengguna harus memastikan color tone yang seimbang dan gambar yang selaras agar pesan dan emosi di dalam video dapat tersampaikan.

Untuk mendukung kebutuhan ini, vivo X80 Series telah disokong dengan fitur LOG Format agar video mendapatkan color tone yang berkualitas layaknya sebuah film. Kemudian, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Time-Lapse yang akan meningkatkan pengambilan urutan foto dan membantu memeriksa dan menyesuaikan fokus dengan mudah.

Ada pula fitur SAT (Spatial Align Transfer) di Pro Cinematic Mode yang secara otomatis akan menyelaraskan gambar saat bergerak, sehingga pengguna bisa mendapatkan zoom yang smooth dan konsisten. Terakhir, jangan lupa selaraskan audio sesuai dengan hasil shot yang telah didapat. 

s