6 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMA Peminatan IPA

Senin, 25 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

6 Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Lulusan Sma Peminatan Ipa

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Memilih jurusan saat akan kuliah bukanlah hal mudah. Untuk siswa kelas 12 dengan peminatan IPA, bisa jadi terdapat siswa yang masih merasa bingung jurusan kuliah apa yang ingin kamu pilih kelak. Jurusan kuliah apa saja yang dapat dipilih oleh siswa SMA peminatan IPA?

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Peminatan IPA

Jika masih bingung, mungkin rekomendasi beberapa pilihan jurusan kuliah dari artikel di bawah ini bisa menjadi pertimbangan. Tentunya, kamu mesti memilih sesuai apa yang menjadi minat dan bakat yang kamu punya.

Apa saja jurusan kuliah yang tepat dengan peminatan IPA? Check this out!

1. Pendidikan Kedokteran

Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMA
Foto: Ladiestory.id

Mahasiswa jurusan kedokteran mempelajari terkait penyakit dan cara-cara penyembuhan. Pada dasarnya terdapat dua hal penting pada Ilmu Kedokteran, yakni mempelajari bagaimana cara mempertahankan kesehatan serta mengobati seseorang yang tengah sakit maupun cedera.

Para mahasiswa yang memilih jurusan ini mesti menguasai pengetahuan mengenai sistem tubuh manusia, penyakit, serta pengobatan. Tidak hanya ahli pada bidang teori saja, namun juga menguasai praktik langsung ke pasien.

2. Farmasi

Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMA
Foto: Ladiestory.id

Masih pada sekitar dunia kesehatan, pilihan kedua saat ingin mendaftar jurusan kuliah IPA yaitu farmasi. Jurusan ini mempelajari tentang segala hal mengenai obat-obatan dan ilmu pendukungnya. Lulusan dari jurusan farmasi akan mempunyai keahlian guna menciptakan obat yang cocok dengan standar kualitas dan kelayakan.

Jurusan ini pun dikenal mahal, terlebih guna menempuh jurusan profesi yang membantu kamu menjadi ahli farmasi maupun apoteker. Usai lulus kamu dapat bekerja di beragam apotek begitu juga dengan mendirikan apotek sendiri, di samping itu dapat menjadi apoteker penanggung jawab maupun di industri obat-obatan, makanan, serta minuman.

3. Ilmu Gizi

Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMA
Foto: Ladiestory.id

Jurusan ini mempelajari mengenai gizi dengan kesehatan, pertumbuhan manusia serta produktivitasnya, dan juga kualitas manusia.

Ilmu Gizi pun mempelajari terkait sektor pertanian, ekonomi, sampai sosial budaya. Dan yang tak kalah penting yaitu mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi dan memberikan jasa konsultasinya.

4. Astronomi

Khusus bagi kamu yang berminat dengan hal-hal berbau benda langit, maka salah satu pilihan jurusan kuliah IPA yang dapat diambil yaitu jurusan astronomi. Jurusan ini mempelajari terkait ilmu fisika yang dengan spesifik berhubungan dengan objek di langit dan juga antariksa.

Jurusan astronomi pun diketahui dibagi menjadi tiga keahlian diawali dari ahli tata surya, fisika bintang dan galaksi, serta kosmologi. Usai lulus kamu dapat menekuni profesi sesuai dengan bidang keahlian yang dipilih. Contohnya menjadi astronom, peneliti atmosfer, peneliti angkasa, dan masih banyak lagi.

5. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMA
Foto: Ladiestory.id

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan jurusan yang mempelajari bahaya dan risiko yang berada di tempat kerja maupun proyek.

Bagaimana penanganan bahaya yang berada di tempat kerja dipelajari pada bangku kuliah. Demikian juga langkah-langkah pencegahan guna meminimalisasi kecelakaan kerja dan risiko lain yang bisa terjadi di lokasi proyek maupun tempat kerja.

6. Teknologi Pangan

Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMA
Foto: Ladiestory.id

Rekomendasi jurusan kuliah IPA selanjutnya yang sangat menarik yaitu jurusan teknologi pangan. Mungkin kamu akan mengira jika jurusan ini serupa dengan ilmu gizi. Akan tetapi, keduanya berbeda karena ilmu gizi mempelajari hubungan makanan dengan kesehatan serta pertumbuhan.

Sedangkan di jurusan teknologi pangan akan mempelajari proses ketika memproduksi makanan. Sehingga kamu akan mempelajari komponen kimiawi dsn juga biologis pada makanan. Usai dinyatakan lulus, kamu dapat menekuni profesi Quality Control, peneliti bahan pangan, dan ahli teknologi pangan.

Setelah melihat beberapa rekomendasi di atas, ada jurusan yang menarik dan sesuai minatmu?