Usai Akad Nikah, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Jalani Prosesi Ngunduh Mantu

Minggu, 11 Desember 2022 | 09:45:00

Usai Akad Nikah, Kaesang Pangarep Dan Erina Gudono Jalani Prosesi Ngunduh Mantu

Ngunduh Mantu Kaesang-Erina. (Youtube.com/Presiden Joko Widodo)

Ladiestory.id - Rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono masih terus berlanjut. Hari ini, Minggu (11/12/2022), pasangan itu akan menjalani prosesi ngunduh mantu di Loji Gandrung, lalu dilanjutkan dengan kirab menuju Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah.

Upacara ngunduh mantu memang sengaja digelar oleh pihak keluarga Kaesang dan Erina untuk melestarikan budaya Indonesia. Adapun serangkaian prosesi dalam ngunduh mantu yaitu gepyokan, sungkeman, tumplak punjen, nyebar udik-udik (uang), dan gegalan atau membagi perlengkapan rumah tangga.

Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina dilakukan pada pagi hari, dimulai pukul 7.30 WIB sampai 8.15 WIB. Dalam momen sarat budaya ini, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono memakai pakaian baju pengantin Solo. 

Mereka berjalan beriringan ke arah keluarga yang telah menunggu di pelaminan. Sebelum sungkeman, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dipakaian kain sindur warna merah. Mereka juga harus melakukan prosesi gepyotan, yaitu pemberian minum air putih oleh Iriana Jokowi yang didampingi oleh Joko Widodo.

Ngunduh Mantu Kaesang-Erina. (Youtube.com/Presiden Joko Widodo)

Setelah itu, prosesi sungkeman menjadi tahapan selanjutnya. Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tampak bersimpuh di hadapan Jokowi dan Iriana Jokowi untuk beberapa saat. Kemudian, pasangan ini bergeser untuk sungkeman dengan ibu dan kakak Erina.

Kaesang dan Erina pun beranjak ke tempat prosesi ngunduh mantu selanjutnya usai sungkeman. Mereka menjalani tumplak punjen dan menyebar udik-duk (menabur beras dan uang). Keduanya berjalan di belakang anggota keluarga selama proses berlangsung.

Kirab Kaesang-Erina. (Youtube.com/Presiden Joko Widodo)

Setelahnya pasangan pengantin dan keluarga melakukan acara kirab atau arak-arakan menuju lokasi tasyakuran di Pura Mangkunegaran. Menariknya, mereka menggunakan kereta kencana untuk melewati kawasan Jalan Slamet Riyadi.

Iringan-iringan kereta kuda berjalan meriah. Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tampak melambaikan tangan menyapa kepada masyarakat yang ikut menyaksikan.