Kalimat Pembuka Surat: Pengertian, Contoh Lengkap

Kamis, 3 Juni 2021 | 19:01:09

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Kalimat Pembuka Surat: Pengertian, Contoh Lengkap

Foto: Unsplash/Stephen Phillips

Supaya bisa cepat diterima kerja, pelamar harus memaksimalkan semua peluang dan kesempatan yang ada. Salah satunya pada pembuatan surat lamaran kerja, surat yang dibuat harus benar sesuai kaidah dan membuat HRD terkesan.

Untuk mendapat perhatian dari HRD, Anda bisa mulai dengan membuat kalimat pembuka surat yang tepat. Kalimat pembuka surat ini biasanya ditempatkan pada alinea pertama pada surat lamaran kerja. 

Hal ini untuk memberi kesan profesional dan kreatif, oleh  karena itulah Anda juga harus memikirkan kata-kata yang tepat. Namun perlu Anda ingat, Anda tidak boleh berbelit-belit namun harus terkesan personal.

Contoh Kalimat Pembuka Surat

Kalimat pembuka surat berfungsi sebagai pengantar isi surat yang mengajak pembaca untuk memperhatikan pokok isi surat. Untuk menyampaikannya, Anda harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kaidahnya. 

Nah berikut ini adalah beberapa contoh kalimat pembuka surat lamaran kerja:

Berdasarkan informasi yang dapat dari .... bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membutuhkan pekerja pada posisi .... . Dengan ini saya bermaksud melamar pada posisi tersebut. 

Sehubung dengan informasi dari .... mengenai lowongan kerja di perusahaan Bapak/Ibu. Lewat surat lamaran ini saya ingin melamar di posisi .... pada perusahaan Bapak/Ibu

Berkaitan dengan sumber informasi dari situs lowongan kerja di internet, saya bermaksud melamar pekerjaan dengan posisi .... di perusahaan Bapak/Ibu

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari .... pada tanggal .... bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan pekerjaan dengan posisi .... . Melalui surat ini saya bermaksud melamar di posisi tersebut.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari situs lowongan kerja di internet, saya bermaksud untuk melamar di perusahaan Bapak/Ibu dengan posisi sebagai .... .

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari .... bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi .... . Melalui surat ini saya bermaksud untuk melamar pada posisi tersebut. Saya berharap bisa bergabung dan berkontribusi untuk perusahaan Bapak/Ibu.

Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap

Nah setelah Anda mengetahui bagaimana struktur dan bentuk kalimat pembuka surat, selanjutnya berikut ini akan kami berikan contoh surat lamaran kerja lengkap yang baik dan benar.

 

To : (Email HRD Perusahaan)

Cc : (Isi apabila ada instruksi dari perusahaan)

Subject : Lamaran Kerja Posisi – Design Graphic

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari Jobstreet bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Design Graphic . Melalui surat ini saya bermaksud untuk melamar pada posisi tersebut. Saya berharap bisa bergabung dan berkontribusi untuk perusahaan Bapak/Ibu.

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Alif Prayogo, S.Kom.
Tempat / Tanggal Lahir : Purwokerto, 20 Januari 2000
Alamat : Purwokerto, Jawa Tengah
Email : [email protected]
Nomor Telepon : 08123987654
Pendidikan Terakhir : Sarjana Komputer
IPK : 3.8

Bersamaan dengan surat ini saya sertakan lampiran dokumen pendukung yang bisa Bapak/Ibu gunakan sebagai bahan pertimbangan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

(Alif Prayogo, S.Kom.)

 

Dengan hormat merupakan kalimat pembuka yang biasa digunakan untuk lamaran pekerjaan. Contoh di atas tadi bisa Anda jadikan referensi untuk membuat lamaran kerja yang dikirimkan lewat email ke HRD perusahaan.

Demikianlah beberapa contoh kalimat pembuka surat dan contoh surat lamaran kerja yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi dan contoh di atas bermanfaat serta membantu Anda dalam membuat surat Anda.