Kandungan Andalan di Skincare, Ketahui 8 Fungsi Retinol untuk Wajah

Senin, 8 November 2021 | 14:06:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Kandungan Andalan Di Skincare, Ketahui 8 Fungsi Retinol Untuk Wajah

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Belakangan banyak brand yang menjagokan skincare yang mengandung retinol sebagai produk andalan. Kandungan tersebut dianggap ampuh untuk menjawab berbagai permasalahan kulit wajah.

Fungsi Retinol untuk Wajah

Retinol adalah bahan aktif yang merupakan turunan dari vitamin A. Jenis vitamin ini terdiri dari dua senyawa yakni retinoid dan karotenoid.

Ada berbagai alasan mengapa retinol banyak digemari oleh para penggiat kecantikan. Berikut di antaranya.

1. Membuat Kulit Wajah Tampak Awet Muda

Foto: Ladiestory.id

Fungsi retinol dapat memperlambat proses penuaan kulit karena mampu memeliharalapisan kulit terluar atau epidermis sebagai pelindung tubuh, menjaga agar kulit tetap terhidrasi, dan mencegah penurunan produksi kolagen. Manfaat inilah yang membuat kulit wajah tampak awet muda.

2. Melawan Hiperpigmentasi

Salah satu fungsi retinol jika digunakan secara rutin pada kecantikan kulit adalah dapat melawan hiperpigmentasi. Produk ini membuat kulit lebih bersinar dan menghilangkan bintik-bintik gelap yang ada sebelumnya.

Namun, kamu harus memilih antara penggunaan retinol atau vitamin C yang dapat bentrok dan manfaatnya menjadi hilang. Selain itu, cobalah untuk menggunakan produk yang kurang kuat di awalnya agar kulit dapat menyesuaikan.

3. Meningkatkan Produksi Kolagen

Salah satu fungsi retinol untuk wajah adalah meningkatkan produksi kolagen. Retinol adalah produk yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan memastikannya tetap berfungsi secara optimal. Ini artinya, kemungkinan munculnya keriput dan garis kerutan bisa dicegah.

4. Obati Jerawat

Foto: Ladiestory.id

Fungsi retinol yang paling utama yaitu dapat mengobati jerawat. Dengan membuka pori-pori yang tersumbat, retinol membersihkan kulit dan mencegah terjadinya wabah lebih lanjut.

Secara alami, lebih sedikit jerawat akan menghasilkan lebih sedikit bekas jerawat. Selain itu, retinoid dapat memperkuat efek krim dan gel obat lainnya, memungkinkan mendapatkan manfaat maksimal dari perawatan apa pun yang digunakan.

5. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Penggunaan retinol diketahui dapat meningkatkan ketebalan epidermis dan merangsang produksi kolagen pada kulit wajah. Kolagen sendiri bermanfaat untuk mencegah kulit kering serta meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit.

6. Mengatasi Rosacea

Rosacea adalah salah satu gangguan yang terjadi pada wajah dan kondisi ini ditandai dengan kulit yang memerah. Ternyata, penggunaan retinol secara rutin mampu mengatasi gangguan ini.

Namun, sebelum mengaplikasikannya, alangkah lebih baik jika meminta saran dari ahli perawatan kulit untuk memastikan jika kulitmu cocok. Selain itu, gunakan pelembap sebelum mengaplikasikan produk ini agar dapat mengurangi dampak yang mungkin terjadi.

7. Membersihkan Pori-pori Kulit

Membersihkan pori-pori kulit juga menjadi manfaat retinol untuk wajah lainnya. Penumpukan minyak, kotoran, keringat, hingga sisa make up rentan menyumbat pori-pori sehingga menjadi penyebab utama timbulnya jerawat.

Jika digunakan secara rutin, fungsi retinol dapat membersihkan pori-pori dari sumbatan pori-pori.

8. Retinol Dapat Membantu Meratakan Warna Kulit

Foto: Ladiestory.id

Jika kamu memiliki masalah warna kulit yang tidak merata karena paparan sinar matahari, maka manfaat retinol akan mengatasinya. Salah satu dari banyak aspek penting dari retinol adalah merangsang pergantian sel kulit, yang dimanifestasikan sebagai semacam efek "pengelupasan".

Kulit kusam dan kering membuka jalan bagi kulit baru yang lebih cerah dan lebih kencang, serta dipersenjatai dengan peningkatan kadar kolagen dan elastin.

Kulit yang lebih tebal lebih kuat dan halus serta memiliki lebih sedikit ketidaksempurnaan secara keseluruhan. Jadi, bahkan kulit yang relatif "bebas masalah" dapat memiliki efek radiasi dari retinol.

Inilah 8 fungsi retinol untuk wajah. Namun, retinol sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil. Pasalnya, retinol dan berbagai zat turunan vitamin A berisiko mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan serta menimbulkan kelainan pada tulang belakang dan wajah bayi yang lahir.