Kamu, Tim Nasi Merah atu Tim Nasi Putih? Yuk Ketahui Kandungannya!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Kamu, Tim Nasi Merah Atu Tim Nasi Putih? Yuk Ketahui Kandungannya!

Foto: Line TODAY

Ladiestory.id - Tidak lengkap rasanya makan siang atau malam tanpa nasi dalam piring kita. Jika ditanya, kamu tim nasi merah atau nasi putih? Sebab biasanya nasi merah diklaim dapat membantu menurunkan berat badan.

Dilansir Healthline, semua beras hampir seluruhnya terdiri dari karbohidrat dengan sedikit protein dan tanpa lemak. Lapisan luar beras merah atau kulitnya mengandung banyak serat, bagian inti kaya akan nutrisi yang disebut germ, dan lapisan tengah yang bertepung disebut endosperma yang kaya karbohidrat.

Sebaliknya beras putih tidak memiliki serat kulit padi dan bibit, di mana keduanya adalah bagian biji-bijian paling bergizi. Hal ini membuat beras putih memiliki lebih sedikit nutrisi dibanding beras merah. Itulah sebabnya, beras merah dianggap lebih sehat dibanding beras putih.

Nasi Merah vs Nasi putih

Berikut adalah kandungan gizi nasi merah dan nasi putih dengan ukuran 100 gram:

nasi merah vs nasi putih
Foto: doktersehat

 

- Makronutrien

Nasi putih mengandung serat sebanyak 0,6 miligram, sedangkan nasi merah mengandung serat sebanyak 2 gram.

- Zat besi

Nasi putih mengandung zat besi sebanyak 1,2 gram, sedangkan nasi merah mengandung zat besi sebanyak 5,5 gram.

- Protein

Nasi putih mengandung protein sebanyak 6,8 gram, sedangkan nasi merah mengandung protein sebanyak 7 gram.

nasi merah vs nasi putih
Foto: Klikdokter

 

- Vitamin

Nasi putih mengandung vitamin B6 sebanyak 0,1 miligram, sedangkan beras merah mengandung vitamin B6 sebanyak 0,3 miligram.

- Mineral

Nasi putih mengandung folat sebanyak 108 mikrogram, fosfor 68,8 miligram, magnesium 24,2 miligram, zink 0,8 miligram, selenium 14 mikrogram, tembaga 0,1 miligram, dan mangan 0,7 miligram.

Sementara itu, nasi merah mengandung folat sebanyak 18,2 mikrogram, fosfor 208 miligram, magnesium 78,8 miligram, zink 1,4 miligram, selenium 11,7 mikrogram, tembaga 0,2 miligram, dan mangan 2,0 miligram.

Keunggulan Mengonsumsi Nasi Merah

Selain kalori nasi merah yang cukup rendah sekitar 110 kalori, ada banyak keunggulan lain dari mengonsumsi jenis nasi yang satu ini. Apa saja?

nasi merah vs nasi putih
Foto: Kompas

 

1. Sumber Serat

Nasi merah bisa memenuhi kebutuhan serat harian rang dewasa. Idealnya, asupan serat setiap harinya adalah 14 gram setiap 1.000 kalori yang dikonsumsi. Setengah cangkir saja nasi merah sudah memenuhi 8% kebutuhan serat harian.

Serat ini sangat baik untuk pencernaan karena dapat memaksimalkan fungsi pencernaan dan mencegah konstipasi. Tak hanya itu, serat juga membantu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama karena proses cerna lebih lambat. Risiko makan kalori berlebihan pun bisa dihindari.

2. Kaya Zat Besi

Perempuan dewasa memerlukan 18 miligram zat besi setiap harinya, sementara laki-laki memerlukan 8 miligram. Mengonsumsi nasi merah sudah memenuhi 2% kebutuhan harian zat besi. Ini penting karena membantu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Apabila sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh tidak maksimal, maka risikonya adalah seseorang mudah merasa lelah bahkan tak bisa optimal melawan infeksi. Jadi, mengganti karbohidrat utama dengan beras merah adalah pilihan tepat dan sehat bagi tubuh.

3. Bebas Lemak

Jika tetap ingin makan nasi tanpa menambah berat badan, nasi merah adalah pilihan yang tepat. Nasi merah tidak mengandung lemak sehingga tidak berisiko menyebabkan seseorang menderita penyakit jantung atau kanker tertentu. Belum lagi risiko obesitas pada orang yang terlalu banyak mengonsumsi lemak.

4. Kaya Antioksidan

Nasi merah juga unggul karena kaya antioksidan berupa flavonoid. Adanya substansi ini membantu menangkal zat radikal bebas. Bahkan apabila dibandingkan dengan nasi cokelat, nasi merah mengandung konsentrasi flavonoid lebih tinggi.

Adanya flavonoid ini dapat membantu mengurangi inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Tak hanya itu, flavonoid juga membantu menurunkan risiko kondisi kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

5. Cocok untuk Diet

Dengan segala kelebihannya, beras merah cocok bagi mereka yang sedang menjalani diet untuk mencapai berat badan ideal. Kandungan seratnya akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan tidak kalap mengonsumsi terlalu banyak kalori.

6. Termasuk Whole Grain

Nasi merah termasuk dalam olahan whole grain yang menyehatkan dan kaya nutrisi. Mengonsumsi olahan whole grain secara berkala dapat menjaga tubuh dari risiko penyakit kanker, jantung, diabetes tipe 2, dan banyak lainnya.

Tak hanya itu, beras merah juga mengandung indeks glikemik tidak terlalu tinggi. Artinya, ketika dikonsumsi tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara drastis. Bonusnya, konsumsi nasi merah juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Inilah perbandingan antara nasi merah dan nasi putih. Sebab memiliki nutrisi hampir sama, maka pilihlah yang sesuai dengan selera lidahmu. Tetap kontrol porsinya dan perbanyak berolahraga untuk menyeimbanginya.