Ups! 5 Kebiasaan Ini Timbulkan Komedo di Wajah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 00:01:00

Ups! 5 Kebiasaan Ini Timbulkan Komedo Di Wajah

Foto: tentangtahun

Ladiestory.id - Komedo merupakan benjolan kecil yang terdapat pada pori-pori kulit. Hai ini pemicu awal terjadinya jerawat. Komedo umumnya terdapat di kulit wajah, namun juga bisa muncul pada bagian tubuh.

Komedo terbagi menjadi dua jenis, komedo hitam (Blackhead) dan komedo putih. Kedua jenis komedo memiliki bentuk yang hampir sama, hanya membedakan pada komedo putih tertutup lapisan kulit berwarna putih. Sedangkan, permukaan komedo hitam terbuka dan terpapar udara polusi sehingga menyebabkan warnanya berubah menjadi hitam.

Berikut kebiasaan yang dapat menimbulkan komedo muncul di wajah!

Jarang Bersihkan Wajah

Ilustrasi perempuan membersihkan wajah dengan facial wash. (Special)

Komedo sering kali timbul pada bagian hidung. Karena hidung merupakan bagian kulit yang sering mengeluarkan minyak. Tentu penting, membersihkan wajah secara rutin untuk mengurangi risiko penyumbatan komedo yang dapat memicu adanya jerawat di wajah.

Karena jika wajah tidak dibersihkan, maka debu, kotoran, keringat dan minyak yang menempel pada kulit akan terus menyumbat pori-pori dan menyebabkan banyak komedo yang muncul di wajah.

Saat kita beraktivitas di luar ruangan banyak polusi debu yang menempel di muka. Apalagi saat ini penggunaan masker yang wajib. Pakai masker membuat kulit wajah menjadi lembab dan menghasilkan lebih banyak keringat dan minyak.

Jika kamu tidak rutin membersihkan wajah secara maksimal, akan menyebabkan komedo dapat dengan rentan muncul pada wajahmu.

Pola Makan yang Buruk

Ilustrasi makan cemilan. (Special)

Sudah banyak anjuran dari dokter terkait pola makan yang berkaitan dengan kesehatan kulit terutama kulit wajah. Sering melakukan pola makan yang buruk, akan membuat kesehatan kulit wajah rentan terkena masalah. Salah satunya adalah komedo yang muncul di area wajah.

Pola makan yang tidak sehat seperti banyak asupan gula, tepung dan garam. Ketika kamu sering mengonsumsi makanan kemasan yang cepat saji, kamu akan menyadari seberapa sering masalah kulit yang muncul.

Ubah pola makan dengan kurangi konsumsi makan gula dan garam berlebihan. Selain itu berolahraga juga dapat membuat kulit wajah lebih sehat dan cerah.

Kulit Wajah yang Lembab

Ilustrasi Masalah Kulit (pinterest)

Saat kita beraktivitas di luar ruangan, banyak polusi debu yang menempel di muka. Apalagi saat ini, penggunaan masker yang wajib. Pakai masker membuat kulit wajah menjadi lembab dan menghasilkan lebih banyak keringat dan minyak.

Kulit wajah yang lembab menyebabkan munculnya komedo di area kulit wajah. Kamu perlu melakukan double cleansing agar minyak di kulit wajah dapat teratasi .

Kandungan Kosmetik Komedogenik

Ilustrasi alat-alat makeup. (Special)

Kosmetik komedogenik merupakan kosmetik yang memiliki kandungan yang dapat memicu timbulnya komedo pada wajah. Kandungan ini cenderung menyumbat pori-pori dan minyak pada kulit wajah.

Asal Pakai Skincare

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan skincare. (Special)

Sama halnya dengan kosmetik, kandungan pada skincare juga ada yang dapat memicu pori-pori tersumbat. Meskipun skincare baik untuk kulit wajah, jika tidak disesuaikan dengan jenis kulitmu akan menyebabkan masalah kulit, salah satunya komedo.

s