Wajib Tahu! Urutan Basic Skincare yang Penting untuk Remaja

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Wajib Tahu! Urutan Basic Skincare Yang Penting Untuk Remaja

ilustrasi basic skincare remaja. (Special)

Ladiestory.id - Kesehatan kulit merupakan salah satu hal penting yang harus dijaga sejak dini terutama ketika memasuki masa remaja. Oleh karena itu, penggunaan skincare harus mulai dilakukan. Sebab, ketika memasuki masa pubertas, remaja akan menghadapi berbagai permasalahan kulit.

Pada umumnya, remaja yang mengalami masalah pada kulit cenderung mejadi tidak percaya diri. Namun, bagi kamu yang tidak ingin memulai dengan rangkaian perawatan yang panjang, Kamu dapat memulainya dengan basic skincare terlebih dahulu yang kandungannya aman bagi remaja. Berikut urutan basic skincare untuk remaja yang wajib kamu tahu.

Cleanser

Ilustrasi basic skincare remaja. (Special)

Dokter kulit Joshua Ziechner, MD mengungkapkan, cleanser merupakan hal yang paling baik bagi usia berapa pun dan semua jenis kulit. Ia menyarankan untuk menggunakan pembersih yang berbusa untuk membantu mengatasi kandungan minyak pada wajah. Selain itu, gunakanlah pembersih yang mengandung asam salisilat untuk menangkal bakteri penyebab jerawat. Hal ini penting, terutama bagi remaja yang masih dalam proses pubertas sangat rentang dengan jerawat.

Moisturizer

ilustrasi basic skincare remaja. (Special)

Salah satu basic skincare yang tidak boleh dilewatkan yaitu moisturizer. Kamu dapat memilih pelembap yang ringan daripada krim pelembap yang kental. Lalu, pilihlan pelembap yang bebasdari kandungan minyak. Jika kamu menerapkan basic skincare ini, maka akan membuat kulitmu menjadi terhidrasi, kenyal dan mencegah berbagai permasalahan kulit lainnya, lho.

Serum

ilustrasi basic skincare remaja. (Special)

Pada usia remaja, kebanyakan kulit remaja sudah mampu menerima perawatan kulit yang sama seperti orang dewasa. Antioksidan pun menjadi kuncinya. Dr. Zeichner juga menyarankan untuk remaja menggunakan serum. Terutama yang mengandung vitamin C untuk mencegah polusi dan mencerahkan kulit. Selain itu, vitamin C juga membantu produksi kolagen pada kulit. Sehingga, membantu mengurangi bekas jerawatmu dan menjaga kulit dari sinar UV serta polusi yang dapat merusak kualitas kulit. Tak hanya remaja, bagi para wanita dewasa pun perlu menerapkan hal ini.

Retinoid

ilustrasi basic skincare remaja. (Special)

Selain menggunakan produk yang mengandung vitamin C, remaja juga perlu menggunakan produk dengan kandungan vitamin A terutama yang ada di retinoid. Dr. Zeichner menjelaskan bahwa bahan retinoid bekerja lebih baik pada kulit remaja daripada kulit dewasa. Sebab, adanya produksi kolagen yang aktif atau fase puncak membantu kerjasama yang baik dengan retinoid atau vitamin A. Selain itu, retinoid dapat membantu remaja mengatasi berbagai masalah jerawat.

Sunscreen

ilustrasi basic skincare remaja. (Special)

Penggunaan sunscreen tidak hanya bagi wanita usia 20 tahun ke atas, namun perlu juga digunakan oleh usia berapapun. Sebab, SPF yang terkandung dalam sunscreen sangat baik unuk menjaga kulit. Kamu dapat menggunakan SPF 30 setiap pagi  sebagai langkah untuk melindungi kesehatan kulit dari matahari dan cahaya biru. Selain itu, kamu perlu menggunakan kembali sunscreen setiap 2 jam sekali. Selain ketika beraktivitas di luar rumah, sunscreen juga perlu digunakan ketika kamu berada di dalam rumah yang sering terpapar matahari. Pastikan ya, rangkaian ini tidak terlewat.

Itulah urutan basic skincare bagi remaja yang wajib kamu ketahui dan terapkan. Merawat kulit merupakan salah satu investasi terbaik kita untuk masa depan. Jadi, jangan malas dan selalu rutin menggunakannya sesuai urutan dan takaran yang tepat, ya. Selamat mencoba dan salam cantik, Ladies.

s