Tak Hanya Hidrasi Kulit, Ini Pentingnya Pakai Serum Hyaluronic Acid

Kamis, 14 Juli 2022 | 10:15:00

Tak Hanya Hidrasi Kulit, Ini Pentingnya Pakai Serum Hyaluronic Acid

Ilustrasi perempuan memakai serum. (Special)

Ladiestory.id - Di musim kemarau saat ini, sering kali kulit terasa kering dan bibir pecah-pecah. Tak hanya menghidrasi dari dalam kulit dengan air putih, kamu juga perlu menghidrasi kulit dari luar dengan perawatan wajah menggunakan serum Hyaluronic Acid.

Apa itu Hyaluronic Acid?

Foto: klikdokter

Hyaluronic Acid dikenal sebagai hyaluronan, yaitu zat lengket dan licin yang diproduksi tubuh secara alami. Para ilmuwan telah menemukan asam Hyaluronat di seluruh tubuh, terutama mata, persendian dan kulit.

Akan tetapi, seiring bertambah usia, asam Hyaluronat yang diproduksi oleh tubuh akan berkurang. Hal ini mengakibatkan kulit akan kehilangan kelembapan yang tidak terhidrasi dengan baik yang menyebabkan penuaan dini seperti kerutan pada wajah.

Pentingnya menggunakan serum Hyaluronic Acid sebagai perawatan kulit yang dibutuhkan agar kulit wajah tetap sehat dan kurangi kerutan.  

Manfaat Serum Hyaluronic Acid

Foto: Ladiestory.id

Hyaluronic Acid dikenal sebagai kandungan yang menghidrasi kulit dengan baik. Jika kamu rutin menggunakan Hyaluronic Acid, maka akan membuat kulit sehat dan kenyal. Meskipun kulit mampu memproduksi Hyaluronic Acid sendiri, namun kerutan dan penuaan dini akibat sinar matahari bisa mengurangi kadar asamnya.

Selain itu, kulit yang terhidrasi dengan baik juga akan mengurangi munculnya kerutan dan kemerahan pada kulit. Tak sedikit orang melakukan suntik filter HA untuk mendapatkan kulit yang sehat dan kenyal.

HA juga dapat mempercepat penyembuhan pada luka dengan cara mengendalikan peradangan. Asam ini juga melancarkan aliran darah pada area luka.

Hyaluronic Acid dikenal memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu kulit menangkal paparan zat yang berasal dari lingkungan seperti polusi udara. Selanjutnya, manfaat dari Hyaluronic Acid adalah mencegah penuaan dini dengan melembabkan kulit.

Efek Samping Hyaluronic Acid

Masalah pada Kulit (Ladiestory.id)

Mengutip Healthline, meskipun kata ‘asam’ mungkin saja menakutkan bagi sebagian orang, namun kamu tak perlu khawatir dengan kandungan ini karena aman. Jika terjadi alergi, bisa jadi itu adalah efek samping dari bahan-bahan lain dalam produk yang kamu gunakan, seberapa sering kamu menerapkan HA, dan konsentrasi tinggi asam HA yang terlalu tinggi.

Tetapi, tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba serum yang mengandung Hyaluronic Acid. Gunakanlah konsentrasi tingkat rendah, jika cocok, lakukan dengan konsentrasi yang tinggi.

Aturan Pakai Hyaluronic Acid

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan skincare. (Special)

Kamu bisa gunakan serum ini setiap hari jika tidak menimbulkan efek samping yang serius. Kandungan ini juga dapat kamu gabungkan pemakaiannya dengan eksfoliasi, retinol, dan vitamin.

Jika terjadi alergi atau iritasi pada kulit, sebaiknya hentikan. Gantilah dengan produk yang berfungsi melembabkan lainnya. Cek terlebih dahulu apakah serum terlihat perubahan warna dan berbau akibat oksidasi, telitilah sebelum membeli.

Itulah penjelasan tentang pentingnya Hyaluronic Acid untuk kulit wajahmu. Gunakan setiap hari untuk hasilkan kulit wajah yang sehat dan kenyal. Kamu bisa menggunakannya setelah ekfoliasi, retinol, atau pemakaian vitamin c pada kulit wajah.