Waspada! 5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Bulu Mata

Rabu, 15 Maret 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Waspada! 5 Kebiasaan Yang Bisa Merusak Bulu Mata

Ilustrasi perempuan menggunakan serum bulu mata. (Special)

Ladiestory.id - Bulu mata menjadi salah satu perhatian dalam hal perawatan kecantikan bagi wanita. Bulu mata yang sehat, indah, lentik dan lebat menjadi idaman setiap wanita karena dapat memancarkan aura tersendiri bagi dirinya. Maka tak heran jika banyak kaum hawa yang melakukan treatment atau perawatan kecantikan khusus bulu mata untuk menjadikan penampilan lebih rupawan.

Nah, selain dapat melakukan perawatan kecantikan, tentu kamu harus memperhatikan kesehatan dan kebersihan bulu mata agar tidak rusak. Namun, ada beberapa kebiasaan yang perlu kamu waspadai agar bulu mata indahmu tidak mudah rusak seperti berikut ini.

Tidak Membersihkan Makeup Saat Tidur

Ilustrasi double cleansing. (Special)

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh seseorang ialah tidak membersihkan makeup sebelum tidur. Bahkan, di antarnya ada yang memilih untuk tidur sambil menggunakan makeup yang masih menempel akibat kelelahan beraktivitas. Makeup yang masih menempel di area wajah khusunya mata dapat membuat bulu mata menjadi kaku.

Apalagi jika kamu menggunakan maskara berbahan waterproof. Hal ini dapat membuat bulu mata rusak hingga rapuh ketika adanya gesekan saat tidur. Alhasil bulu mata indahmu akan mudah rontok, Ladies.

Sering Menyentuh Eyelash Extension

Ilustrasi perempuan memakai eyelash serum. (Special)

Memiliki tampilan bulu mata yang cetar setelah melakukan eyelash extension terkadang membuat seseorang merasa gemas karena kemolekan bulu mata yang begitu tebal dan lebat. Namun, kebiasaan sering menyentuh eyelash extension ini juga dapat membahayakan konsidi bulu mata aslimu, lho.

Hal ini dapat membuat bulu mata aslimu akan mudah tertarik. Akibatnya, bulu mata alamimu akan ikut tertarik bahkan merenggang, sehingga dapat mengganggu pertumbuhan bulu mata alamimu ke depannya.

Menjepit Bulu Mata Terlalu Kuat

Ilustrasi penjepit bulu mata. (Special)

Ladies, jika kamu terburu-buru untuk berpergian atau beraktivitas, jangan sampai menjepit bulu mata terlalu kuat dengan alat penjepit karena dapat membuat bulu mata munjadi patah, rontok, bahkan alami kebotakan.

Akibat jepitan yang kuat, bulu mata menjadi rusak bahkan pertumbuhannya pun cukup lama. Selain itu, kamu dapat menghindari penggunaan eyelash curler untuk menjepit bulu mata, karena kondisinya yang panas dapat membuat helaian bulu mata menjadi rusak bahkan terbakar.

Kasar Saat Membersihkan Makeup

Pembersih Makeup Waterproof (Special)

Menggunakan riasan makeup yang tebal rasanya dapat membuat kondisi kulit juga merasa tebal dan penuh. Akibatnya, kamu ingin segera menghapus makeup tanpa memperdulikan kondisi kulitmu. Membersihkan makeup dengan cara terburu-buru, cepat, dan kasar dapat membuat kulit menjadi lecet dan iritasi.

Apalagi jika kamu menggunakan jenis makeup berbahan waterproof. Sebaiknya, kamu dapat membersihkan makeup dengan perlahan dan lembut diarea sensitif wajah seperti bagian mata agar tidak terjadi gesekan yang begitu kencang yang mengakibatkan bulu mata menjadi rusak dan rontok.

Tidak Membersihkan Alat Makeup

Ilustrasi alat makeup. (Special)

Nah, Ladies salah satu kebiasaan buruk selanjutnya yang dapat kamu hindari ialah tidak rutin membersihkan alat makeup atau jarang mengganti makeup tools yang kotor dan memiliki waktu kadaluwarsa. Alat makeup yang sering kamu gunakan tentu dapat menyimpan kotoran dan bakteri yang dapat berpindah ke area wajah maupun mata.

Hal ini pun berisiko menyebabkan berbagai gangguan masalah kulit baik dari infeksi kulit, kerusakan hingga kerontokan. Oleh sebab itu, kamu harus dapat peduli untuk menjaga kebersihan aplikator makeup-mu yang dapat berkontak langsung dengan kulit maupun bulu mata seperti eyeliner, maskara atau kuas makeup.