Keep In Private, 7 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Posting di Medsos

Rabu, 20 Juli 2022 | 16:30:00

Lukyana Arsa

Penulis : Lukyana Arsa

Keep In Private, 7 Hal Yang Sebaiknya Tidak Kamu Posting Di Medsos

Ilustrasi Bermain Media Sosial. (Special)

Ladiestory.id - Di era informasi seperti sekarang ini, media sosial atau medsos sudah menjadi kebutuhan primer dan cukup penting dalam kehidupan. Mungkin hampir semua orang punya akun media sosial, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Media sosial  bukan lagi menjadi tempat hiburan semata, tapi juga telah bertransformasi menjadi alat yang bisa digunakan untuk mencari uang, bahkan menggali sebuah informasi. Media sosial bisa diakses oleh siapa saja selama ia terhubung dalam sebuah jaringan internet.

Namun, kemudahan-kemudahan tersebut ternyata memiliki kekurangan tersendiri. Media sosial yang memberikan ruang bebas tanpa batas bisa berdampak menjadi kecanduan mem-posting segala sesuatu di sana. Jika tanpa kontrol, tak menutup kemungkinan kamu bisa mem-posting sesuatu yang seharusnya disimpan sendiri. 

Perlu diketahui, mem-posting segala sesuatu di media sosial juga bisa berpengaruh pada keamananmu sendiri. Selain itu, tidak semua orang suka dengan apa yang kamu lakukan.

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu posting di medsos karena bisa berdampak buruk. Berikut Ladiestory.id sudah merangkumnya untuk kamu. 

Informasi yang Terlalu Pribadi

Sesuatu yang Sebaiknya Tidak Kamu Posting di Medsos. (Special)

Informasi yang terlalu pribadi seperti alamat, kontak telepon, dan nomor rekening alangkah baiknya tidak kamu posting di media sosial.  Karena bisa saja salah satu pengikut akun media sosialmu adalah penguntit dan bukan orang baik.

Bisa saja ia menggunakan informasi pribadi milikmu untuk meneror atau melakukan peretasan pada data-data pribadi yang akhirnya akan merugikan dirimu sendiri. Memamerkan yang kamu punya berpotensi memancing orang untuk berbuat jahat padamu.

Keluh Kesah Hidupmu

Sesuatu yang Sebaiknya Tidak Kamu Posting di Medsos. (Special)

Kekesalan atau kemarahanmu pada seseorang lebih baik tidak kamu posting di media sosial. Jangan pernah membagikan masalah hidupmu ke publik, karena tidak semua orang itu baik. Terkadang ada orang yang senang melihat dirimu menderita.

Lelucon, kata-kata kasar dan umpatan juga tidak perlu kamu posting di media sosial. Kadang hinaan yang kamu lontarkan di medsos akan membuat orang yang melihat sakit hati, meskipun hanya bercanda.

Kamu tidak pernah tahu sampai di mana batas bercanda yang bisa diterima orang, karena semua orang punya batasan perasaan yang berbeda.

Sembunyikan Pencapaian dan Rencana Besarmu di Masa Depan

Sesuatu yang Sebaiknya Tidak Kamu Posting di Medsos. (Special)

Sama seperti keluh kesah, keberhasilan dan pencapaian terbaik yang baru saja kamu raih tak perlu selalu kamu posting di media sosial. Teman-teman dan orang terdekatmu akan senang, tapi tidak berlaku bagi musuh di dalam selimutmu.

Ada beberapa orang yang mungkin dengki dan iri dengan pencapaianmu, entah gelar yang baru saja kamu raih atau penghargaan tertinggi yang kamu raih tahun ini.

Begitupun dengan rencana masa depanmu, apa yang akan kamu lakukan, dengan siapa dan bagaimana kamu lakukan itu. Lebih baik diam dan lakukan saja.

Orang yang tak suka kamu akan selalu memantau gerak-gerikmu, sampai kamu berada di titik tertentu mereka akan mudah untuk menghancurkan dan memperkeruh masalah-masalah yang ada di hidupmu.

Tempat Dimana Kamu Berada Sekarang

Sesuatu yang Sebaiknya Tidak Kamu Posting di Medsos. (Special)

Sama seperti informasi kontak dan alamat, lokasi keberadaanmu juga tidak perlu kamu cantumkan di media sosial. Orang-orang yang punya niat tak baik padamu akan melacak dengan GPS dan ini sangat berbahaya karena menyangkut keselamatanmu sendiri.

Minta Saran pada Followers

Sesuatu yang Sebaiknya Tidak Kamu Posting di Medsos. (Special)

Kalau kamu butuh saran dari seseorang, lebih baik kamu bertanya pada teman, keluarga atau seseorang yang cukup kamu percaya untuk mengatasi masalahmu.

Orang-orang yang kamu temui di media sosial terkadang hanya kepo dengan hidupmu, bukan ada untuk membantumu.

Kirim Berita Hoax

Sesuatu yang Sebaiknya Tidak Kamu Posting di Medsos. (Special)

Di era arus informasi yang cepat ini, kamu harus peka, teliti dan hati-hati dalam menyaring semua informasi yang masuk. Telusuri sumber dan kebenaran informasi tersebut.

Jika kamu tak memeriksa dulu kebenaran informasi yang kamu posting, nanti kamu sendiri yang kena batunya.

Stop Terlalu Banyak Kirim Foto Selfie

Sesuatu yang Sebaiknya Tidak Kamu Posting di Medsos. (Special)

Dalam konteks ini, bukan foto selfie-nya yang menjadi masalah, melainkan intensitas posting-mu. Kamu yang terlalu sering memposting foto selfie akan membuat orang-orang di media sosial terganggu.

Seolah tak punya kehidupan yang menarik, orang-orang akan malas untuk mem-follow atau bahkan menghapusmu dari daftar following-nya. Mungkin kamu bisa mengkombinasikan foto selfie-mu dengan sesuatu yang lebih bermanfaat, seperti ilmu atau suatu pengetahuan yang kamu pahami.