Jangan Sampai Terlewat, Ini 8 Kegunaan Toner Bagi Wajah dan Kulit

Jumat, 24 September 2021 | 08:05:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Jangan Sampai Terlewat, Ini 8 Kegunaan Toner Bagi Wajah dan Kulit

Foto: Bukalapapak

Ladiestory.id - Face toner adalah cairan berbahan dasar air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah-masalah tertentu di kulit wajah. Toner merupakan langkah kedua dalam proses pembersihan wajah.

Kegunaan Toner Bagi Wajah dan Kulit

Toner juga lebih dikenal dengan sebutan penyegar. Item ini merupakan salah satu produk yang termasuk ke dalam rangkaian perawatan kulit wajah paling dasar.

Selain itu toner juga bisa mempersiapkan kulit sebelum memakai serum dan tahap skincare lainnya. Tujuannya agar kandungan dari bahan-bahan tersebut lebih maksimal terserap ke kulit wajah. Namun rupanya ada banyak kegunaan toner bagi wajah dan kulit. Apa saja ya?

1. Mengangkat sisa kotoran

Foto: Ladiestory.id

Kegunaan toner yang pertama yakni membantu membersihkan sisa kotoran, minyak, dan makeup yang tidak terangkat. Pasalnya meski sudah menggunakan susu pembersih atau facial wash, makeup atau kotoran pun tetap ada yang menempel.

2. Menyeimbangkan pH

Kegunaan toner untuk wajah selanjutnya dapat membantu menyeimbangkan pH di kulit. Tingkat pH merupakan indikasi dari keasaman kulit yang diukur dari skala 0 hingga 14, dengan skala 7 di tingkat yang netral. Memiliki tingkat pH yang seimbang, maka kulit tidak rentan terhadap kadar minyak dan infeksi. sehingga dapat menghasilkan penampilan wajah yang lebih cerah dan halus.

3. Melembapkan kulit

Foto: Ladiestory.id

Kegunaan toner wajah untuk kulit juga dapat melembabkan kulit. Beberapa toner adalah humektan yang berarti mereka membantu mengikat kelembaban pada kulit.

Toner dapat membantu mengembalikan kelembapan pada kulit dan menjaganya agar tidak terasa dan terlihat kering. Banyak dari produk toner yang diresapi dengan bahan-bahan pelembap seperti asam hialuronat yang menjaga kulit tetap lembap, elastis, dan awet muda.

4. Menghidrasi kulit

Toner juga mampu membuat kulit tetap terhidrasi. Kegunaan toner wajah memberikan hidrasi pada kulit yang penting untuk menjaga elastisitas, kehalusan, kelembapan, dan anti penuaan.

Hidrasi kulit yang tepat dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dan memberikan dasar yang efektif untuk aplikasi kosmetik wajah. Banyak toner wajah juga menyediakan vitamin dan nutrisi penting lainnya untuk menjaga kulit tetap sehat.

Setelah menggunakan toner, kulit juga biasanya akan terasa lebih segar. Efek toner yang menyegarkan membuat kulit terlihat jauh lebih segar dan terhindari dari kulit kering.

5. Mencegah timbulnya komedo

Foto: Ladiestory.id

Mencegah timbulnya komedo juga menjadi keguanaan toner bagi wajah. Sering kali muncul komedo di bagian hidung tentunya akan mengganggu dan mengurangi kecantikan wajahmu.

Munculnya komedo biasanya disebabkan karena adanya kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori wajah. Nah, toner dapat membantu menghilangkan sisa-sisa pembersih dan kotoran ringan, sehingga wajahmu akan bersih maksimal dan mencegah timbulnya bintik-bintik hitam yang mengganggu tersebut.

6. Mengecilkan pori-pori

Salah satu kegunaan toner wajah adalah mengontrol kadar minyak. Dengan terkontrolnya kadar minyak pada wajah akan membuat pori-pori tampak lebih kecil. Alhasil, kulit wajah menjadi lebih kencang dan tampak halus. Dengan pemakaian yang rutin dan benar, manfaat toner yang mengecilkan pori akan lebih efektif.

7. Mengatasi jerawat dan bekasnya

Foto: Ladiestory.id

Toner juga dapat mengatasi jerawat jika penggunaannya dibarengi dengan produk untuk mengatasi jerawat. Kondisi jerawat tergolong ringan dapat diredakan dengan pemakaian toner yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.

Bahkan kegunaan toner dapat untuk menghilangkan bekas jerawat. sebab toner memiliki kandungan asam glikolat dapat memudarkan noda hitam ringan bekas jerawat.

Namun, untuk bekas jerawat yang berat atau bahkan berlubang, penggunaan produk perawatan kulit saja tidak cukup. Untuk memudarkan bekas jerawat yang tergolong berat, dibutuhkan penanganan khusus dari dokter kulit.

8. Detoksifikasi

Banyak racun yang berasal dari bahan buatan industri kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan dan penampilan kulit. Sehingga kegunaan toner wajah bekerja untuk menghilangkan racun lingkungan seperti asap, kabut, dan residu kimia lainnya dari kulit. Hal ini dapat membantu kulit terlihat lebih cerah dan sehat. Manfaat jangka panjangnya dapat mengurangi keriput.

Inilah 8 kegunaan toner bagi wajah dan kulit. Jadi kalau bisa jangan skip pakai toner, ya!

Berita Terkait