Kelainan kaki Berbentuk O dan X: Ketahui Penyebab dan Cara Penanganannya

Senin, 28 Juni 2021 | 15:03:07

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Kelainan Kaki Berbentuk O Dan X: Ketahui Penyebab Dan Cara Penanganannya

Foto: Ladiestory.id

Dalam istilah medis, kelainan bentuk kaki yang menyerupai bentuk O disebut genu varum. Sedangkan kelainan kaki yang berbentuk X disebut genu valgum.

kaki O atau bowlegs adalah kondisi dimana kaki terlihat seperti bentuk O saat berdiri. Di sisi lain, kaki X atau knock knee adalah kondisi kelainan dimana lutut hampir bersentuhan saat berdiri hingga menyerupai huruf X. Kondisi tersebut kerap terjadi pada anak-anak, namun butuh penanganan jika menyebabkan kesulian berdiri.

Penyebab Kaki O dan Kaki X

Foto: Ladiestory.id

Kaki O dan kaki X dapat disebabkan oleh penyakit atau masalah kesehatan pada anak. Berikut ini beberapa penyebab kaki O dan kaki X.

1. Penyakit Blount

Penyakit Blount adalah kelainan pertumbuhan pada tulang tungkai anak sehingga kaki anak tampak bengkok. Penyakit ini dapat terdeteksi saat masih bayi atau anak-anak, namun bisa juga baru terdeteksi saat menginjak usia remaja. Penyakit ini dapat menyebabkan gangguan pada persendian lutut seiring berjalannya waktu.

2. Rakitis

Rakitis adalah penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin D. Penyakit ini dapat membuat tulang lemah sehingga kaki terlihat bengkok menyerupai huruf O. Rakitis juga dapat mengakibatkan bentuk kaki menjadi X.

3. Penyakit Paget

Penyakit Paget adalah penyakit yang disebabkan akibat kelainan metabolisme. Penayakit ini membuat tulang menjadi lemah dan menimbulkan kelainan persendian.

4. Dwarfisme

Dwarfisme adalah kelainan pertumbuhan jaringan tubuh sehingga tubuh tidak tumbuh secara optimal. Kelainan ini dapat mengakibatkan kaki anak berbentuk O.

5. Radang Sendi

Radang sendi seperti osteoarhiritis atau rheumatoid arhiritis dapat menyebabkan kelainan kaki berbentuk X.

6. Kelainan genetik

Kelainan kaki berbentuk X juga dapat disebabkan oleh kelainan genetik.

7. Cedera tulang

Tulang yang mengalami cedera dan tidak sembuh dengan benar dapat mengakibatkan bentuk kaki menjadi X atau bentuk O.

8. Osteomielitis

Osteomielitis atau infeksi tulang dapat mengakibatkan kaki berbentuk X.

Penanganan Kaki O dan Kaki X

Foto: Ladiestory.id

Kaki O dapat sembuh dengan sendirinya saat anak mencapai usia 2 tahun. Kondisi kaki X juga dapat membaik dengan sendirinya. Namun, jika kondisi tersebut tidak kunjung membaik tentu perlu penanganan secara medis.

Dokter perlu mencari tahu penyebab bentuk kaki O dan Kaki X melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, yang meliputi tes darah dan foto rontgen.

Setelah itu, dokter dapat memberikan penanganan sesuai dengan tingkat keparahan kaki O dan kaki X. Berikut ini penanaganan yang dapat dilakukan dokter tergantung dengan keparahan kaki O dan kaki X.

1. Pemberian obat-obatan dan suplemen

Pemberian obat ditujukan untuk mengatasi kaki X yang disebabkan oleh penyakit. Misalnya saja dengan memberian suplemen vitamin D untuk mengobati kaki O dan kaki X yang disebabkan oleh rakitis.

2. Penggunaan alat bantu

Penggunaan sepatu khusus atau menambahkan sol sepatu mungkin diperlukan bagi penderita kaki O dan kaki X yang memiliki panjang kaki tidak sama. Selain itu, alat bantu tersebut dapat membantu meperbaiki gaya berjalan penderita.

Penggunaan alat bantu kerangka diperlukan jika kondisi kaki O atau kaki X mengalami kesulitan berdiri atau berjalan.

3. Operasi

Jika kondisi kaki O atau kaki X sudah parah hingga mengganggu aktivitas, dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi.

Demikian ulasan tentang kelainan kaki O dan kaki X dan penyebab serta cara penangannya. Semoga bermanfaat.