Kembali Digelar, ArtMoments Jakarta 2023 Buka Pintu Bagi Komunitas Seni

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 22:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Kembali Digelar, Artmoments Jakarta 2023 Buka Pintu Bagi Komunitas Seni

ArtMoments Jakarta 2023. (Special)

Ladiestory.id -  ArtMoments Jakarta, sebuah acara tahunan yang menyatukan para penggemar seni dan kolektor dengan galeri-galeri ternama, kembali hadir. Edisi keenam pameran seni yang dinanti-nantikan ini dijadwalkan berlangsung dari 18 hingga 20 Agustus 2023 di Grand Ballroom Hotel Sheraton Grand Jakarta Gandaria City. Acara ini akan menampilkan 25 galeri seni nasional dan internasional yang terkemuka.
"Dengan hadirnya ArtMoments Jakarta 2023, kami ingin mendorong kemajuan yang signifikan bagi industri seni Tanah Air. Kami berupaya untuk memperluas apresiasi seni serta merangsang dialog budaya yang kaya dengan menyajikan karya-karya berkualitas dari berbagai perspektif. Dengan menjembatani interaksi antara seniman, kolektor, dan para pencinta seni, kami membuka jalan bagi lebih banyak pertumbuhan dan koneksi dalam lanskap kreatif," kata Sendy Widjaja, Co-Founder dan Fair Director of ArtMoments Jakarta.

ArtMoments Jakarta 2023. (Special)

 
Pembukaan ArtMoments Jakarta 2023 berlangsung pada 18 Agustus 2023 dan dihadiri oleh tamu VIP serta anggota media. Acara tersebut menampilkan upacara pemotongan bunga simbolis pada instalasi "Perjalanan: Bunga yang Bercerita" karya
seniman bunga terkemuka, Nina Nasution.
Setiap tahun, ArtMoments Jakarta menyajikan karya seniman-seniman ternama. Sorotan tahun ini daftarnya termasuk seniman Jepang Miwa Komatsu (disajikan oleh Whitestone Gallery), Arkiv Vilmansa (disajikan oleh G3N Project x Museum of Toys), seniman kontemporer Indonesia yang dikenal secara internasional Eko Nugroho dan Heri Dono (disajikan oleh The Columns Gallery), Handiwirman (disajikan oleh Gajah Gallery), seniman Indonesia muda Laksamana Ryo (disajikan oleh Gallery Afternoon), dan pelukis abstrak Indonesia Erizal (disajikan oleh Gajah Gallery), serta masih banyak seniman bertalenta cemerlang lainnya.

Program publik dari ArtMoments Jakarta 2023 pun beragam, mencakup diskusi panel dan lokakarya, yang dikenal dengan sebutan Converse Moments dan Maker Moments. Salah satu misi ArtMoments adalah menciptakan pameran yang lebih inklusif dan bertanggung jawab secara sosial, dan program Maker Moments tahun ini sekali lagi bekerja sama dengan Forum Keluarga Spesial Indonesia (FORKESI), yang akan menyelenggarakan lokakarya seni yang melibatkan anak-anak berkebutuhan khusus berusia 8-15 tahun. Program Maker Moments lainnya adalah lokakarya Plasticology oleh seniman Bali dan aktivis lingkungan I Made Bayak, di
mana peserta akan belajar bagaimana mendaur ulang limbah plastik menjadi karya seni.

ArtMoments Jakarta 2023. (Special)

 
Acara penting lainnya adalah lelang amal tahunan di ArtMoments Jakarta. Tahun ini, lelang tersebut akan dipimpin oleh Mitra Lelang Resmi pameran, Masterpiece. Acara lelang ini akan memfasilitasi penjualan karya-karya seni terkenal dari koleksi pribadi
almarhum Leo Silitonga, yang merupakan salah satu pendiri ArtMoments Jakarta. Lelang ini bertujuan sebagai penghormatan terhadap warisan abadi Leo, dengan hasil penjualan disumbangkan untuk program pendidikan anak-anak Museum MACAN. Selama ini, program tersebut sudah merangkul berbagai sekolah, pendidik, dan komunitas di seluruh negeri untuk mengembangkan program pendidikan yang berfokus pada seni.
Museum MACAN, yang juga merupakan Mitra Komunitas ArtMoments Jakarta 2023, akan membuka gerai pop-up selama bursa seni berlangsung dan menawarkan seleksi terkurasi produk seni dan desain lokal, termasuk di antaranya buku dan cinderamata seni dari museum yang terletak di Jakarta Barat itu. ArtMoments Jakarta 2023 terbuka untuk masyarakat umum pada 19 dan 20 Agustus 2023. Tiket masuk ditawarkan dengan harga IDR 100.000 untuk umum dan IDR 50.000 untuk mahasiswa. Tiket dapat dibeli melalui bit.ly/amj2023 atau langsung di tempat pameran.

Pemegang kartu BCA mendapatkan harga khusus IDR 75.000 per tiket. Selain itu, penawaran eksklusif tersedia untuk anggota BCA Solitaire dan BCA Prioritas, serta pemegang kartu BCA Mastercard World dan BCA American Express, yang dapat masuk ke pameran cukup dengan membayar IDR 1 dengan menunjukkan kartu mereka di pintu masuk. Sebagai Mitra Bank Resmi ArtMoments Jakarta, Bank Central Asia (BCA) juga menawarkan pengalaman pembelian seni tanpa syarat muluk-muluk selama acara ini. Para penggemar seni dan kolektor yang menghadiri ArtMoments Jakarta 2023 mendapatkan keistimewaan menggunakan Cicilan BCA 0% hingga 24 bulan, untuk pembelian karya seni menggunakan kartu kredit BCA.