Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | KENALI GENERASI Z DAN JUGA KARAKTERISTIKNYA

Kenali Generasi Z dan Juga Karakteristiknya

LS Lifestyle
Jum'at, 11 Juni 2021 | 05:16:38
Durasi baca: 2 menit, 37 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Kenali Generasi Z dan Juga Karakteristiknya

Foto: Unsplash/Plann

Pastinya Anda tidak asing dengan istilah Generasi Z bukan? Apa yang dimaksud dengan Generasi Z dan siapa sajakah mereka?

Generasi Z atau yang juga disebut dengan Gen Z adalah generasi setelah generasi Y, dan mereka lahir sekitar tahun 1995 sampai 2010. Jadi, buat Anda yang lahir diantara rentang tahun tersebut, maka Anda termasuk Gen Z.

Generasi ini juga disebut dengan iGeneration atau generasi net atau generasi internet. Mengapa demikian? Hal tersebut karena kecanggihan teknologi ada pada rentang tahun dari 1995 sampai dengan 2010 sudah canggih.

Baca juga: 10 Ciri-Ciri Generasi Millennial, Apakah Anda Salah Satunya?

Hal tersebut membuat mereka mudah terhubung dengan dunia maya serta menggunakan berbagai macam kecanggihan teknologi yang sudah ada.

Bahkan, banyak anak kecil yang sudah disodori dengan menggunakan gadget sehingga mereka sudah memahami teknologi sejak kecil. Hal inilah yang membuat kepribadian dan kehidupan yang mereka alami berbeda dengan generasi sebelumnya.

Untuk lebih paham dengan generasi Z ini, berikut akan dijelaskan tentang beberapa karakteristik yang dimilikinya.

      1. Mahir dalam Menggunakan Teknologi dan Senang Berkomunikasi

Di zaman seperti sekarang, berbagai macam teknologi telah berkembang sehingga memudahkan siapa saja untuk beraktivitas. 

Tak heran, jika gen Z akan lebih akrab dengan teknologi yang ada saat ini, terutama dalam sistem komputerisasi.

Baca juga: Apakah Kita Sedang Terjebak Pada Generasi Sandwich


Tak hanya itu, bahkan mereka juga lebih senang untuk melakukan komunikasi dengan berbagai kalangan. Namun, hal tersebut tidak dilakukan dengan bertatap muka secara langsung, tetapi dengan menggunakan platform jejaring sosial yang ada.

Hal inilah yang membuat mereka bebas untuk berkenalan dengan siapa saja, bahkan dengan orang luar negeri sekalipun.

      2. Lebih Mandiri namun Suka Mengumbar Privasi

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, ternyata  generasi Z jauh lebih mandiri. Mereka bisa mengambil keputusan apapun tanpa harus melibatkan orang lain. 

Bahkan, menariknya lagi mereka juga bisa berkembang dan belajar sendiri. Dengan kecanggihan internet yang ada saat ini, membuat mereka mudah untuk mengakses apapun dan mempelajarinya.

Akan tetapi, kebiasaan mengumbar privasi yang dilakukan oleh banyak gen Z di jejaring sosial menjadikan nilai minus untuk mereka.

Baca juga: Intip Yuk Cara Membeli Perhiasan Untuk Generasi Z Yang Enerjik

Media sosial saat ini menjadi ajang pamer sehingga membuat mereka bisa memamerkan apapun yang dimilikinya atau yang mereka raih.

      3. Penuh Ambisi dan Juga Lebih Toleran

Persaingan di generasi Z ini ternyata lebih ketat karena mereka selalu ingin menunjukkan yang terbaik dalam dirinya. Perkembangan diri dan karir menjadi salah satu karakteristik yang sangat iconic.

Tak heran, jika semangat mereka dalam bersaing antara satu dengan yang lainnya selalu penuh dengan ambisi.

Selain itu, sikap toleran yang dimiliki oleh generasi ini ternyata juga berkembang lebih baik. Indonesia merupakan salah satu negara yang terdiri atas berbagai macam kultur dan budaya.

Teknologi telah membantu para generasi Z untuk lebih mengenal setiap suku dan juga budaya yang ada di Indonesia. Hal inilah yang membuat mereka memiliki sikap toleransi yang sangat tinggi.

Baca juga: Spot Foto Prewedding Minimalis Untuk Generasi Z

Tak hanya antar suku yang ada di Indonesia saja, namun sikap toleran yang dimiliki oleh gen Z tersebut juga antar negara di dunia.

Generasi  Z merupakan generasi yang sudah melek teknologi. Pemikiran yang mereka miliki pun lebih berkembang dan lebih baik. Jadi, jika gen Z tersebut bisa melakukan berbagai macam hal positif dalam hidupnya, tentu hal ini akan sangat membantu perkembangan negara.

Begitu pula sebaliknya,  generasi Z bisa menjadi boomerang bagi sebuah negara jika generasi tersebut banyak menyerap hal negatif dalam hidupnya.

gen z melek teknologi media sosial

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle