Kenali Healthy dan Unhealthy Relationship serta Dampaknya ala WIJABA

Sabtu, 30 Juli 2022 | 10:00:00

Tyas Sukma

Penulis : Tyas Sukma

Kenali Healthy Dan Unhealthy Relationship Serta Dampaknya Ala Wijaba

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - The World is Just a Book Away (WIJABA) mengadakan webinar mengenai relationship yang bertajuk “How to Maintain Relationship” pada Jumat (29/7/2022). Dalam webinar yang berlangsung secara daring itu, Ni Made Putri Ariyanti hadir sebagai pembicara.

Ni Made Putri Ariyanti atau biasa dipanggil Putri, dinilai cocok sebagai pembicara untuk webinar kali ini karena latar belakangnya. Ia merupakan seorang psikolog Klinis, lulusan S1 Universitas Udayana dan S2 Universitas Airlangga.

Webinar Wijaba. (Special)

Putri menjelaskan, hubungan secara psikologis adalah hubungan yang berkelanjutan dan komitmen antara dua orang atau lebih, seperti keluarga, pasangan, persahabatan atau pertemanan, dan rekan kerja. Ketika satu sama lain saling membagi pikiran, perasaan, dan tindakan satu sama lain.

Menurut Putri, hubungan itu terbagi menjadi dua, yakni healthy dan unhealthy relationship. Menghormati diri sendiri dan orang lain adalah karakteristik utama dari healthy relationship. Sedangkan unhealthy relationship salah satu pihak mencoba menggunakan kontrol dan kekuasaan atas orang lain secara fisik, emosional, mengabaikan kebutuhan, tidak jujur, dan kurangnya dukungan.

Dampak hubungan tidak sehat mempengaruhi fisik, seperti nafsu makan berkurang, malas makan, sulit tidur, memiliki perasaan yang hampa, sakit kepala, memiliki kecenderungan makan banyak karena stress release, dan tidur berlebihan karena pola hidup juga udah mulai tidak balance lagi akhirnya berdampak pada imunitas, akhirnya jadi mudah sakit seperti flu, dan batuk.

Dampak psikologis, seperti sulit fokus, sering menangis, merasa hampa, dan merasa kosong hidupnya. Terkadang, terdapat kasus walau sudah memiliki pasangan dan teman tapi masih merasakan kesepian, merasa tidak pernah didengarkan, merasakan sedih, serta posisi memiliki orang tua tapi rasanya seperti hidup sendiri di dunia ini karena tidak ada yang mendukung.

s