Kenali Jenis Pelukan dan Makna Dibaliknya, Jangan Salah Mengartikan!

Kamis, 1 Juli 2021 | 14:22:25

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Kenali Jenis Pelukan dan Makna Dibaliknya, Jangan Salah Mengartikan!

Foto: Ladiestory.id

Setiap orang memiliki bahasa kasih yang berbeda. Bahasa kasih ini merupakan suatu bentuk untuk mengekspresikan diri kita, salah satunya adalah pelukan.

Peluk atau pelukan adalah sebuah bentuk keintiman fisik yang biasanya dilakukan dengan menyentuh atau memegang erat seputar bagian badan seseorang, beberapa orang sekaligus, ataupun hewan peliharaan. Pelukan merupan tanda dari perasaan cinta atau kasih sayang maupun penghargaan.

Beberapa penelitian menyatakn bahwa pelukan merupakan hal yang terbaik di dunia. Memang di Indonesia, pelukan bukanlah suatu cara yang biasa digunakan di tempat umum terlebih terhadap lawan jenis. Ataupun, biasanya pelukan hanya dilakukan kepada pasangan atau orang terdekat.

Terlepas dari itu, sejumlah penelitian membuktikan bahwa pelukan tidak hanya mengungkapkan rasa saying. Dengan berpelukan bisa mengurangi stress, memberikan rasa tenang, meningkatkan kepercayaan diri seseorang hingga dapat menguatkan daya tahan tubuh seseorang.

Rupanya ada jenis pelukan dan makna dibaliknya. Sebab itu, ketika kita mendapat pelukan dari seseorang, dapat mengetahui apa maksud dari sebuah pelukan tersebut.  

Jenis Pelukan dan Makna Dibaliknya

  1. Pelukan dari Belakang

Foto: Ladiestory.id

Ketika kamu sedang sibuk dengan suatu pekerjaan atau sedang asyik menonton film, tiba-tiba dipeluk dari belakang. Pelukan jenis ini seolah memberi kejutan dengan memiliki nuansa kejahilan.

Meskipun pelukan ini kerap kali membuat kita terkejut, namun justru pelukan ini meninggalkan rasa nyaman, aman, dan merasa sangat dicintai.

Sebenarnya jenis pelukan ini memiliki perasaan mendalam kepada orang yang dipeluk. Pelukan ini seolah bisa menggantikan kalimat ‘aku cinta kamu’ dan dipastikan bahwa ini sebagai ungkapan rasa cinta.

Protector atau pelukan dari belakang berarti bahwa dia siap berperan sebagai pelindung, dilansir dari The Little Things.

  1. Merangkul Pundak

Foto: Ladiestory.id

Jenis pelukan ini biasanya dilakukan dari arah belakang dan secara cepat. Pelukan ini kerap kali juga dilakukan oleh sesama jenis, seperti sahabat dan teman untuk menunjukkan dukungan, memberikan semangat, menghibur, atau hanya menunjukkan hubungan yang akrab.

Jika jenis pelukan ini dilakukan oleh sepasang kekasih, maka bisa dibawa ke arah yang romantis.

  1. Pelukan Pinggang

Foto: Ladiestory.id

Pelukan ini kerap kali dilakukan oleh sepasang kekasih yang sedang berjalan-jalan. Rupanya pelukan ini memiliki makna ketertarikan dan rasa saying pada pasangan.

  1. Berpelukan Sambil Mengelus atau Menepuk Punggung

Foto: Ladiestory.id

Memeluk sembari memberikan sentuhan mengelus atau menepuk punggung memberikan kesan menenangkan dan membuat orang nyaman untuk terus dipeluk. Namun pelukan ini bisa dikatakan tidak ada "bumbu cinta" ataupun keintiman.

Biasanya pelukan ini dilakukan oleh sesama jenis, namun tidak menutup kemungkinan sepasang kekasih juga melakukannya ketika sedang berada dalam masalah. Pelukan jenis ini dilakukan oleh antar pria ketika bertemu dan menyapa satu sama lain.

  1. Pelukan Sambil Menyandarkan Kepala

Foto: Laidestory.id

Pelukan ini bisa menggantikan kata-kata "aku ingin terus bersama" tanpa mengucapkannya, pelukan ini memiliki koneksi yang kuat, cinta serta kasih sayaang saat sepasang kekasih berpelukan sembari menyandarkan kepala.

Jenis pelukan ini juga menandakan bahwa ada rasa menghargai yang mendalam dan memuja satu sama lain

  1. Warm Bear

Foto: Ladiestory,id

Jenis pelukan ini biasanya dilakukan ketika sepasang sahabat atau teman sudah lama tidak berjumpa. Pelukan ini mengkomunikasikan bahwa orang yang dipeluk sangat berarti dan menempati posisi penting dihati.

Jenis pelukan ini memiliki makna penuh kehangatan dan terselip rasa bahagia sekaligus memiliki emosi dalam sebuah pelukan, dilansir dari Stylecraze

  1. London Bridge atau Pelukan Jenis A

Foto: Ladiestory.id

Jenis pelukan seperti ini membentuk "Londen Bridge" atau huruf "A" yang membentuk jarak dengan pelukan di bagian atas tubuh, sementara bagian bawah tubuh cukup berjarak. Biasanya pelukan ini tidak berlangsung lama dan tidak ada keintiman.

Pelukan ini biasanya dilakukan oleh orang yang sudah putus dan saling merindukan atau orang yang sedang diam-diam jatuh cinta

  1. Slow Dance

Foto: Ladiestory.id

Jenis pelukan ini kerap kali dilihat dalam film, dengan sepasang kekasih yang sedang berdansa diiringi tempo lembut. Dengan posisi tangan pria berada di pinggang pasangan, sementara tangan wanita di pundak pria. Keduanya saling tatap dan menumbuhkan romansa.

  1. Pelukan Kelompok

Foto: Ladiestory.id

Jenis pelukan ini biasanya terjadi di antara teman atau kolega untuk menjukkan kebersamaan. Terlebih jika sesuatu berhagra baru saja dicapai, seperti target, nilai tugas yang bagus atau hal lainnya. Selain itu, pelukan ini juga bisa dilakukan demi memberikan dukungan satu sama lain.

Inilah jenis pelukan dan makna dibaliknya, jangan sampai kita salah mengartikan pelukan seseorang. Atau malah jangan sampai kita salah memberikan pelukan agar orang yang kita peluk tidak salah paham.

Berita Terkait