Kenali Lebih Dekat Soal Fitur Nightography pada Galaxy S23 Series 5G

Jumat, 10 Maret 2023 | 19:05:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Kenali Lebih Dekat Soal Fitur Nightography Pada Galaxy S23 Series 5G

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G. (Special)

Ladiestory.id - Tantangan terbesar saat foto menggunakan smartphone adalah kemampuan untuk mengambil gambar dalam kondisi malam atau pada lokasi-lokasi yang minim pencahayaan. Sekarang tak perlu khawatir, permasalahan-permasalahan tersebut dapat diatasi dengan Galaxy S23 Series 5G.

Fitur Nightography pada Galaxy S23 Series 5G dapat membuat gambar yang lebih cerah dan tajam, meskipun diambil dalam kondisi minim pencahayaan.

Kemampuan Nightography pertama kali diperkenalkan pada Galaxy S22 Series 5G dan langsung mendapat sambutan yang positif di kalangan pengguna. Kini, terobosan yang inovatif itu pun kembali dikembangkan oleh Samsung di Galaxy S23 Series 5G guna memberikan kepuasan yang lebih hakiki kepada penggunanya. 

Peningkatan kemampuan Nightography ini tak lepas dari kolaborasi yang kuat antara Samsung Research America (SRA) dan Samsung R&D Institute India-Bangalore (SRI-B). 

John Seok-Jun Lee, Head of Computational Camera Part at Samsung Research America (SRA), dan Narasimha Gopalakrishna Pai, Head of AI Computational Imaging Part at Samsung R&D Institute India-Bangalore (SRI-B) pun menjelaskan mengenai terobosan kemampuan Nightography yang ada pada Galaxy S23 Series 5G.

“Teknologi AI MFP Nightography hadir untuk membantu pengguna dalam meningkatkan kualitas foto malam hari. Teknologi ini menggunakan analisis yang rumit untuk menentukan titik pengaturan yang tepat dan menganalisis setiap piksel dengan ISP yang ditenagai AI untuk meningkatkan warna, detil, dan tone foto yang pada akhirnya dapat menghasilkan foto malam yang epic,” ujar John Seok-Jun Lee.

Nightography pada Galaxy S23 memungkinkan foto yang diambil pada kondisi minim cahaya, seperti saat senja atau malam hari, menjadi lebih terang dan jelas tanpa mengorbankan kualitas foto dengan banyak noise atau kabur. 

Kenali Lebih Dekat Soal Fitur Nightography pada Galaxy S23 Series 5G. (Special)

 

Narasimha juga menjelaskan proses peningkatan kualitas foto ini, kini mampu dijalankan dengan cepat berkat kehadiran chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy melalui optimasi pada multi-frame pipeline dan akselerasi pada AI model.

“Nightography mengambil dan memproses banyak gambar, tetapi hanya memilih gambar yang jelas dan tidak mengandung kecacatan seperti blur. Tim SRI-B mengembangkan teknologi pipa-pemrosesan yang heterogen dengan menggunakan semua unit pemrosesan yang tersedia pada CPU, NPU, dan GPU untuk memastikan bahwa teknologi MFP dapat bekerja dengan cepat sehingga pengguna akan mendapatkan pengalaman yang baik setiap kali mengambil foto,” terang Narasimha.

Kolaborasi yang berpusat pada pemanfaatan teknologi terkini adalah kunci untuk menciptakan inovasi secara berkelanjutan. Maka dari itu, kolaborasi antara tim SRA dan tim SRI-B sangat vital dalam pengembangan Nightography di Galaxy S23 Series 5G, dimana masing-masing tim memegang peranan penting dalam proses penciptaan fitur inovatif tersebut. 

Kenali Lebih Dekat Soal Fitur Nightography pada Galaxy S23 Series 5G. (Special)

 

“Langkah tersebut dimaksudkan untuk membuat Signal to Noise Ratio (SNR) dan dynamic range jadi lebih baik, serta menjadikan blur yang disebabkan oleh kamera atau objek yang bergerak jadi lebih optimal,” ujar John Seok-Jun Lee.

Tidak hanya itu, tim di SRA MPI juga berkolaborasi dengan tim Solusi Visual MX untuk mengembangkan dan mengoptimalkan pemrosesan sinyal gambar AI guna menghilangkan level noise yang tinggi dan meningkatkan detail pada foto,” pungkasnya.

Kenali Lebih Dekat Soal Fitur Nightography pada Galaxy S23 Series 5G. (Special)

 

Sementara itu tim SRI-B bertanggung jawab untuk mengembangkan, mengoptimalkan, dan mempercepat model AI dengan menggunakan semua unit komputasi yang tersedia pada platform, termasuk CPU multicore, NPU, dan GPU, dalam kerangka algoritma pipeline. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kinerja komputasi dan mempercepat proses pengolahan data agar mampu membantu pengguna untuk menangkap foto malam hari dengan warna yang lebih hidup.