Perhatikan! Kenali 8 Tanda Pacar Berbohong

Senin, 13 September 2021 | 07:39:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Perhatikan! Kenali 8 Tanda Pacar Berbohong

Foto: Ladiestory.id

Tidak ada manusia yang mau dibohongi. Orang yang berbicara bohong dan terutama orang yang mempunyai kebiasaan berbohong disebut pembohong. Garis antara kebohongan dan kebenaran sangatlah tipis.

Berurusan dengan pembohong bisa membuatmu kesal, kecewa, marah, dan sedih. Terlebih jika bohong itu dilakukan oleh orang terdekat kita seperti pacar ataupun teman.

Ada beragam alasan yang membuat mereka berbohong, mulai menghindari perasaan tidak enak, merasa lebih dihargai, atau membuat orang lain merasa kagum. Meski begitu, semua jenis kebohongan tidak bisa dibenarkan.

Perhatikan 8 Tanda pacar berbohong

Menurut buku Super Handbook for Perfect Lie Detector In Relationship, seseorang yang sedang berbohong, sebenarnya menyampaikan pesan komunikasi yang tidak dia sadari dalam ucapannya.

Pesan-pesan tersebut menyiratkan bahwa dia sedang berusaha memanipulasi suatu fakta atau menyembunyikan kebenaran dari lawan bicaranya.

Sedangkan menurut seorang psikolog ternama mengatakan kalau kamu bisa mencari tahu kebohongan seseorang melalui 'pesan' tidak langsung yang tersirat dari kata-katanya.

Oleh sebab itu, jika kamu curiga pacar kamu berbohong, sebaiknya cek dengan 8 tanda pacar berbohong.

1. Bicara dengan kaku

Foto: Ladiestory.id

Jika gaya berbicara menjadi formal, itu menjadi satu tanda bahwa dia mulai berbohong. Doi tahu itu salah, namun terus berbohong. Gaya ucapan kaku ini adalah cara baginya untuk menjauh dari kebenaran yang benar-benar terjadi.

2. Perubahan intonasi percakapan

Pasti kamu tahu bagaimana nada seseorang ketika berbicara normal. Nah, jika tiba-tiba nada suaranya menjadi rendah atau tinggi, bahkan dia mulai salah tingkah. Kemungkinan doi telah menyembunyikan sesuatu dari kamu

3. Jangan merespons secara langsung

Jika doi  jujur, seharusnya tidak butuh banyak waktu untuk menjawab, baik secara lisan maupun waktu

4. Menghindari kontak mata

Seseorang yang biasanya berbohong dapat dilihat dari mata yang tidak mau menatap lawan bicaranya. Doi selalu menghindar jika kontak mata secara langsung dengan kamu.

Misalnya, doi sering melihat jam tangan atau ke arah lain saat berbicara denganmu. Hal ini seolah-olah doi ingin selesai berbicara dengan kamu.

5. Terlalu sensitif

Foto: Ladiestory.id

Orang-orang berbohong biasanya sangat sadar bahwa dirinya sedang berbohong. Karena itu doi harus waspada agar kebohongannya tidak terbongkar.

Oleh sebab itu, biasanya doi akan mudah marah atau kesal, jika kamu bertanya terlalu banyak. Terutama jika kamu sudah menyebutkan atau menanyakan hal yang sedang dia sembunyikan.

6. Nafas cepat

Seseorang yang berbohong akan mengalami detak jantung yang meningkat. Selain itu, nafas juga akan menjadi cepat. Sehingga jika doi secara sedang mengambil nafas dalam-dalam, bisa jadi dia sedang berusaha menenangkan perasaanya.

Nah, inilah yang dapat dijadikan tanda pacar berbohong. Kamu bisa secara diam-diam mengukur detak jantung doi. Ataupun kamu bisa melihat nafas pacar saat menginterogasinya.

7. Mengalihkan topik pembahasan

Tanda pacar berbohong bisa dilihat dari dirinya yang berusaha mengalihkan topik pembahasan. Jika kamu sedang membicarakan atau bertanya sesuatu yang mencurgiakan, doi akan merasa tidak nyaman jika benar-benar berbohong.

Maka dia akan berusaha untuk mengalihkan topik pembicaraan. Atau bahkan doi malah menyanggah pertanyaanmu.

8. Menyentuh beberapa bagian di wajah

Foto: Ladiestory.id

Kamu bisa memperhatikan gerak gerik atau bahasa tubuhnya agar tahu apakah dia sedang menunjukan tanda pacar berbohong. Sebab jika doi berbohong akan menggerakkan jarinya ke bagian wajah seperti hidung, bibir, dan telinga.

Bahkan menurut pakar ahli bahasa tubuh, tanda seseorang menutupi sesuatu dengan menyentuh atau mengusap hidungnya.

Saat doi menyentuh bibir, berarti sedang menyembunyikan sesuatu dan tidak mau mengatakannya. Namun jika kamu melihat dia menggosok daun telinganya secara perlahan, maka dia sedang merasa takut ketahuan.

Inilah 8 tanda pacar berbohong. Kamu juga harus mendengar kata hati, sebab biasanya kata hati menjadi sinyal tersendiri untuk mendeteksi kebohongan pacar.

Berita Terkait