1. Lifestyle
  2. Kenapa Attitude Lebih Penting Dari Skill Saat Ini?
Lifestyle

Kenapa Attitude Lebih Penting Dari Skill Saat Ini?

Kenapa Attitude Lebih Penting Dari Skill Saat Ini?

Bersikap baik itu sendiri sebenarnya adalah hal dasar dari kehidupan sosial antar manusia bahwa kita memerlukan orang lain dalam hidup ini. Jika kamu perhatikan seksama, betapa pentingnya attitude di dunia kerja sebenarnya bisa terlihat dari ketatnya perusahaan rekrutmen yang menggunakan banyak psikotes, seperti wartegg tes, tes logika, sebagai acuan sehingga terlihat kemampuan EQ (Emotional Quotioent) dan IQ (Intelligent Quotient).

Kenapa Attitude Lebih Penting Dari Skill?

Profesionalisme

Karyawan bagus itu hasil kerjanya top, tapi karyawan ideal itu hasil kerjanya bagus dan sikapnya terpuji! Atittude baik itu dimulai dari hal kecil seperti menyapa rekan kerja dengan senyum, siap membantu boss, aktif dalam meeting, datang tepat waktu, tidak melewati deadline, dll. Attitude semacam itulah sikap seorang karyawan profesional! Hasil kerja sempurna bisa dilakukan mesin, tapi sikap disiplin yang melancarkan sistem kerja perusahaan hanya bisa dilakukan karyawan dengan attitude baik!

Rasa Hormat

Perusahaan bukan pabrik otomatis, dan karyawan bukan robot. Attitude kerja yang baik tentunya adalah menghormati rekan kerja, mulai dari teman satu divisi, cleaning service, manager, HRD, sampai boss. Menjaga hubungan baik dengan mereka itu penting! Kalau hanya bekerja baik dan tidak mau menjalin relasi, sama saja dengan mesin tanpa jiwa.

Kerja Sama Lancar

Melanjutkan dari poin 2 di atas, sikap saling hormat dengan rekan kerja akan membuat kerja sama tim lancar! Kalau sikapmu baik, mereka akan dengan senang hati membagi ilmu, meminta pendapat, juga mengajakmu ikut serta dalam kegiatan perusahaan.

Hemat Waktu

Skill hebat memang penting agar pekerjaan cepat selesai, tapi attitude baik itu poin utama dalam menghemat waktu! Karena attitude baik, komunikasi bisa berjalan lancar dan tidak satu arah. Tidak akan ada miskomunikasi, sehingga proses kerja berjalan cepat! Kalau attitude jelek, akan makan waktu sampai rekan kerja mau bicara denganmu atau merespon tugas yang kamu kumpulkan. Pekerjaan pun tersendat!

Lingkungan Kerja Nyaman

Manfaat terbaik dari attitude positif adalah lingkungan kerja asri! Kalau kamu banyak senyum, suka menolong, dan disiplin, lingkungan kerja juga akan mengikuti. Orang-orang di kantor akan tersenyum padamu, menawarkan makan siang bareng (kadang ditraktir!), membantu kalau kau sibuk, membelamu kalau ada masalah, dll. Kantormu akan jadi seperti surga!

Sebaliknya, kalau attitude buruk, rekan kerja akan bersikap dingin. Mereka akan cuek, menganggap kamu gak ada. Jangankan mengajak hang out, memberi tahu pengumuman dari boss saja gak mau! Pergi ke kantor jadi menyiksa! Demikian alasan kenapa attitude lebih penting dari skill! Bukan berarti kamu cukup bersikap manis saja ya, tapi yang penting berusaha keras sambil menjaga hubungan baik dengan teman kantor.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel