Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA: WUJUD DAN PENGARUHNYA DALAM TATANAN MASYARAKAT

Keragaman Budaya Indonesia: Wujud dan Pengaruhnya Dalam Tatanan Masyarakat

LS Lifestyle
Sabtu, 22 Mei 2021 | 10:52:47
Durasi baca: 5 menit, 9 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Keragaman Budaya Indonesia: Wujud dan Pengaruhnya Dalam Tatanan Masyarakat

Foto: Viapulsa.com

Selain terkenal sebagai sebuah negara kepulauan ataupun negara dengan sumber daya yang melimpah, Indonesia juga terkenal dengan keragaman budayanya. Ya, Anda tentu sudah familiar bukan bahwa ada banyak sekali budaya berbeda yang ada di Indonesia dan menjadi sebuah kebanggaan?

Secara singkat, budaya adalah cara berpikir yang akan membentuk cara hidup masyarakat. Nah, banyaknya suku bangsa yang ada di Indonesia membentuk banyak cara hidup masyarakat yang berbeda. Hal inilah yang melahirkan keragaman budaya Indonesia sebagaimana dikenal.

Dalam pengertian yang lebih kompleks, keragaman budaya adalah beragam cara atau proses yang berkembang di masyarakat yang dibedakan sesuai dengan karakter masing-masing, mulai dari wilayah, corak hidup dan lainnya hingga membentuk jadi diri suatu suku bangsa.

Baca juga: Inspirasi Dress Kondangan Untuk Orang Gemuk : Tidak Selamanya Warna Hitam

Wujud Keragaman Budaya di Indonesia

Sebagaimana disinggung di awal, Indonesia memiliki beragam budaya yang berbeda. Perbedaan budaya-budaya tersebut membentuk suatu keragaman dan juga mempelopori lahirnya adat istiadat yang berbeda dari kelompok satu dengan yang lainnya.

Jika dilihat sekilas, Anda pasti akan menemukan banyak sekali adat istiadat di Indonesia. Contoh mudah dari adat istiadat tersebut adalah seperti bagaimana cara untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan di berbagai daerah ataupun cara pemakaman keluarga yang sudah meninggal. 

Nah, jika dipelajari lebih dalam, ada beberapa wujud keragaman budaya yang membentuk aneka corak budaya dan masyarakat sosial yang ada di Indonesia. Beberapa wujud keragaman budaya Indonesia tersebut adalah sebagai berikut:

  • Rumah Adat

Bisa dikatakan jika rumah adat adalah salah satu cerminan budaya masyarakat Indonesia. Meskipun sebagian besar rumah adat saat ini difungsikan sebagai tempat upacara adat saja, namun eksistensi rumah adat menjawab adanya corak tinggal masyarakat yang berbeda.

Adanya rumah adat yang berbeda dari suku bangsa yang berbeda adalah sebuah cerminan dari proses adaptasi masyarakat. Selain itu, rumah adat yang ada di daerah tersebut umumnya memiliki nilai filosofi yang menjadi inspirasi bersikap dari warga setempat.

Baca juga: Arti Insecure Dalam Hubungan Dan Cara Menyikapnya


  • Upacara Adat

Wujud keragaman budaya lain di Indonesia adalah upacara adat. Tradisi yang satu ini dianggap memiliki beragam nilai luhur yang diyakini oleh masyarakat sekitar.

Tidak hanya berfungsi sebagai pengenal budaya semata, lebih dari itu, upacara adat adalah cara untuk berinteraksi dengan Sang Pencipta dan para leluhur. Misalnya saja, upacara labuhan yang dijadikan sebagai alat untuk mensyukuri pemberian dari Sang Pencipta.

  • Pakaian Tradisional 

Pakaian tradisional merupakan wujud dari keragaman budaya lainnya yang ada di Indonesia. Keragaman budaya yang satu ini adalah wujud dari ekspresi sebuah identitas dari eksistensi suku bangsa tertentu.

Umumnya, pakaian adat atau pakaian tradisional tersebut dikenakan ketika peringatan tertentu ataupun ketika ada upacara adat yang dilakukan. Juga, sebagaimana rumah adat, pakaian adat yang digunakan umumnya memiliki makna baik dari jenis, warna, dan lainnya. 

Di Indonesia sendiri, ada banyak pakaian adat yang saat ini masih digunakan. Misalnya saja, kain ulos yang berasal dari Sumatera Utara, batik khas Jawa Tengah dan lainnya.

Baca juga: Perangkat Penerjemah Arti Bahasa Arab ke Indonesia

  • Tarian Adat

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki tarian adat. Tentu, tarian adat juga termasuk keragaman budaya Indonesia yang patut disyukuri dan dijaga kelestariannya.

Nah, tarian adat secara umum memiliki fungsi yang berbeda. Beberapa fungsi tersebut misalnya adalah tarian untuk menyambut tamu spesial, untuk mengisi upacara keagamaan atau bahkan juga bagian dari upacara kematian dari adat tertentu.

Selain itu, kini tarian adat juga menjadi daya tarik wisata daerah tertentu. Adapun contoh tarian adat di Indonesia diantaranya adalah tari saman yang berasal dari Aceh, tari topeng dari Betawi, tari piring dari Sumatera Barat dan lainnya.

  • Alat Musik dan Lagu Daerah

Untuk mengiringi tarian adat dalam upacara tertentu, biasanya akan ada alat musik daerah yang dimainkan serta lagu tradisional yang dinyanyikan. Keduanya juga termasuk keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia.

Lagu daerah pada umumnya bercerita tentang kondisi masyarakat sekitar dengan makna yang cukup mendalam. Selain itu, alat musik daerah yang digunakan umumnya juga memiliki nilai filosofis tersendiri.

Baca juga: 5 Tanaman Herbal Terpopuler dan Kaya Khasiat di Indonesia

Beberapa poin di atas adalah wujud dari keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia. Perlu diketahui bahwa wujud keanekaragaman budaya nantinya akan membentuk hukum adat dari suatu daerah yang berbeda dari daerah lainnya. 

Secara singkat, pengertian hukum adat sendiri adalah peraturan yang umumnya tidak tertulis yang berkaitan dengan norma untuk mengatur tingkah laku masyarakat. Karena hukum tersebut tidak tertulis, maka akan diangkat tokoh sebagai tetua untuk dijadikan rujukan hukum. 

Pengaruh Keragaman Budaya Terhadap Tatanan Masyarakat di Indonesia

Adanya beragam budaya di Indonesia memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap tatanan masyarakat dan melahirkan perubahan sosial. Tentu saja, perubahan sosial yang terjadi nantinya akan berpengaruh pada pola hidup yang tergambar dalam masyarakat. 

Secara singkat, pengertian perubahan sosial sendiri adalah perubahan dalam masyarakat yang berpengaruh pada nilai, sikap, sistem sosial dan lainnya pada individu terhadap orang lain. Tidak jarang bahwa perubahan tersebut dibangun dari beberapa budaya yang berbeda.

Nah, berbincang tentang pengaruh dari keragaman budaya Indonesia, terutama dalam tatanan masyarakat ada beberapa pengaruh yang perlu diketahui diantaranya adalah:

Baca juga: Pahami Lebih Dalam Tentang Notice Period Yuk

  • Akulturasi

Akulturasi adalah penggabungan sebagian dari budaya luar dengan budaya asli tanpa menghilangkan budaya asli itu sendiri. Singkatnya, ada penambahan pada budaya asli yang dilakukan meskipun bukan pada ajaran inti.

Misalnya saja, penggabungan budaya Hindu dan Buddha di masyarakat Indonesia. Beberapa daerah mengambil inspirasi seni bangunan Hindu dan Budha tanpa mengambil sistem kasta.

  • Asimilasi 

Asimilasi adalah pembauran dari dua budaya yang melahirkan budaya baru. Artinya, kedua budaya tersebut kehilangan ciri asli dan membentuk ciri budaya lainnya. Contoh dari asimilasi adalah pembauran budaya Tionghoa dan Batak yang ada di Sumatera Utara.  

Peran dan Fungsi Keragaman Budaya Indonesia

Keragaman budaya yang ada di Indonesia memiliki peran serta fungsi yang cukup penting, terutama di era modern sekarang ini. Salah satu fungsinya adalah untuk menjadi daya tarik bangsa asing yang ingin mempelajari budaya Indonesia.

Selain itu, keragaman budaya juga menjadi pengembangan budaya nasional. Terkait budaya nasional, Anda bisa membaca biografi Ki Hajar Dewantara yang menjadi salah satu tokoh paling penting dalam hal budaya Indonesia.

Juga, keragaman budaya yang ada di Indonesia berfungsi untuk menumbuhkan sikap toleransi dari suku bangsa yang berbeda sehingga masing-masing warga negara bisa saling menghormati. Hal ini selaras dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang terdapat dalam dasar negara.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang keragaman budaya yang ada di Indonesia. Tentu, sikap terbaik masyarakat Indonesia saat ini adalah berusaha mempertahankan budaya Indonesia sebagai sebuah identitas bangsa dan kebanggaan daerah.

Hanya dengan usaha tak kenal lelah untuk menghadirkan budaya secara up to date tanpa kehilangan sifat aslinya-lah, keragaman budaya Indonesia akan terus lestari hingga generasi-generasi berikutnya. Semoga bermanfaat, ya.

budaya indonesia tradisional

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle