Jangan Dibuang! Botol Bekas Bisa Disulap Jadi Kerajinan, Lho!

Jumat, 17 Desember 2021 | 15:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Jangan Dibuang! Botol Bekas Bisa Disulap Jadi Kerajinan, Lho!

Ilustrasi kerajinan botol bekas. (supersimple.com)

Ladiestory.id - Jangan buang botol bekas setelah menghabiskan minumannya! Sebab Kamu bisa mengubah botol bekas menjadi kerajinan dari barang bekas yang bermanfaat.

Membuat kerajinan dari botol bekas akan membantu dalam mengurangi sampah plastik. Selain itu, daur ulang botol bekas juga bisa dapat mengubahnya menjadi barang yang lebih berguna.

Kerajinan dari Botol Bekas

Nah, dengan menekan jumlah sampah yang dihasilkan dan menggunakan kembali bahan yang ada, kita pun turut berkontribusi dalam melindungi lingkungan. Yuk coba 5 kerajinan dari barang bekas berupa botol bekas di bawah ini!

1. Pot Bunga atau Tanaman

Ilustrasi pot bunga dari botol bekas. (Special)

Ide kerajinan dari barang bekas botol bekas yang pertama adalah pot tanaman atau bunga. Tentu saja, kerajinan ini sangat cocok bagi Kamu yang gemar akan tanaman hias.

Kamu bisa coba daur ulang botol bekas minuman berukuran 1 liter dan menyulapnya menjadi pot gantung lucu. Caranya sangat mudah, yakni dengan memotong bagian bawah botol, tambahkan tali gantungan, lalu lukis dengan cat warna sesuai keinginan. Yuk coba di rumah!

2. Tempat Pensil

Ilustrasi tempat pensil dari botol bekas. (Spesial)

Tempat pensil yang lucu dan imut ini dapat Kamu letakan di meja belajar sehingga menimbulkan efek refreshing ketika jenuh belajar. Kamu bisa mengubah botol bekas menjadi kerajinan dari barang bekas yang sangat bermanfaat.

Caranya pun terbilang mudah. Kamu hanya membutuhkan botol bekas beserta dengan pernak-pernik sesuai selera. Misalnya ingin melapisi dengan kain flanel, ataupun di cat dengan warna warni sesuai dengan kreativitas.

3. Gelang

Ilustrasi gelang dari botol bekas. (Spesial)

Kerajinan dari barang bekas yang satu ini mungkin terlihat aneh. Namun rupanya botol bekas tersebut juga dapat dijadikan sebagai modal bisnis. Kamu hanya memerlukan botol bekas dan mengkreasikan aksesori yang murah dan berdaya jual.

Kerajinan dari botol plastik bekas ternyata dapat menciptakan gelang sederhana yang keren seperti ini. Kerajinan dari botol bekas ini juga sangat mudah dibuat.

Cara membuat kerajinan dari botol bekas adalah Kamu perlu menyiapkan botol plastik, setrika, cat kuku atau cat acrylic, isolasi, dan gunting. Pertama, lilitkan isolasi pada sekeliling botol plastik untuk membentuk pola gelang. Potong bagian yang telah diberi isolasi. Lepaskan isolasi dari bagian yang dipotong.

Rapikan bagian tepian yang dipotong dengan menggunakan setrika panas. Kemudian, warnai gelang tersebut dengan cat kuku atau cat acrylic. Kamu juga dapat membuat gambar pada gelang sesuai dengan kreativitas.

4. Tempat Sampah

Ilustrasi tempat sampah dari botol bekas. (Spesial)

Cara daur ulang sampah botol plastik tidak hanya memanfaatkan bagian bodinya. Namun Kamu dapat memakai seluruh bagian botol plastik bekas.

Seperti kerajinan dari barang bekas yang satu ini. Kamu dapat menyusun botol bekas yang dapat dijadikan sebagai tempat sampah yang berwarna-warni.

Cara membuat kerajinan botol plastik untuk tempat sampah ini mudah. Kamu hanya memerlukan banyak botol bekas serta lem perekat untuk menyusun semua tutup botol menjadi tempat sampah.

5. Lampu Gantung

Tidak perlu membeli hiasan lampu gantung yang mahal. Kamu dapat membuat lampu ruang tamu yang nampak biasa menjadi lebih mewah dengan menggunakan botol bekas. Tanpa mengeluarkan banyak modal, Kamu dapat membuat kerajinan dari barang bekas menjadi sesuatu yang luar biasa.

Cara membuat kreasi dari barang bekas ini pun cukup mudah. Potong botol plastik bening secara melingkar supaya membentuk seperti donat. Bakar pinggirannya dengan lilin supaya tidak kasar.

Rangkai potongan-potongan botol plastik tersebut dengan ring seperti pada gambar. Selanjutnya, pasang rangkaian tersebut pada rangka lampu gantung. Kamu bisa menggunakan rangka lampu gantung bekas supaya lebih hemat.

Yuk, bantu lingkungan menjadi lebih sehat dengan cara yang sederhana.