Kerajinan Tangan Khas Indonesia Yang Mendunia

Rabu, 25 November 2020 | 14:09:22

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Kerajinan Tangan Khas Indonesia Yang Mendunia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman budaya dan keseniannya. Itu terlihat dari banyaknya kerajinan tangan Indonesia yang dihasilkan oleh masyarakat di berbagai penjuru daerah. Bahkan, kerajinan tangan Indonesia itu sudah dikenal hingga berbagai penjuru dunia. Ingin tahu?

Kerajinan Anyaman

Sejak dulu Indonesia memang sudah terkenal dengan kerajinan anyamnya, terutama anyaman dengan material bambu. Tak hanya berupa fashion items, anyaman bambu ini kerap kali dijumpai pula dalam bentuk perabot rumah tangga seperti kursi, tudung saji, dan masih banyak lagi. Untuk keperluan artifisial, anyaman bambu juga tersedia dalam rupa hiasan ruangan. Cocok sekali untuk kamu yang menganut tema etnik dalam rumah.

Kerajinan Kulit

Tak kalah dengan kualitas produksi rumah mode besar ala Eropa, nyatanya lini tas dari pengrajin kulit lokal pun telah diakui kualitasnya oleh dunia. Sebut saja Bogor dan Garut yang sampai sini masih jadi incaran para wisatawan hanya demi leather goodsnya. Selain menyediakan produk yang sudah jadi atau ready to wear, banyak pengrajin kulit asal daerah yang juga melayani pembuatan secara custom lho. Namun perlu diingat, karena proses produksi tak sebentar, diharap kamu bersabar ya dalam memesan produk kulit yang kamu kehendaki.

Kerajinan Wayang

Baik wayang kulit ataupun wayang golek, ternyata hasil olahan tangan khas Indonesia ini banyak digemari pula di kancah luar lho. Kental dengan kebudayaan Jawa, wayang kerap kali dijadikan hiasan ruangan untuk memberi warna pada sisi rumah yang kosong. Tak hanya sebagai unsur estetika, pagelaran wayang yang masih sering diadakan hingga saat ini pun telah diakui oleh UNESCO lho. Keren nggak sih?

Kerajinan Ukir Kayu

Dilintasi oleh garis khatulistiwa membuat Indonesia unggul akan kualitas kayunya karena tumbuh di negara tropis. Ditambah pula dengan lihainya para pengukir kayu yang telah dikenal ‘jago’ untuk menciptakan masterpiece berupa kerajinan ukir kayu yang telah terdengar kabarnya ke ujung dunia. Terbukti, kaligrafi, patung, dan relief dari kota Jepara yang telah banyak diekspor, bahkan sampai ke Eropa.

Kerajinan Batik

Siapa yang tak mengenal batik? Eksistensinya sebagai warisan nenek moyang Indonesia pun telah diakui oleh seluruh negara di dunia. Bahkan banyak selebriti Hollywood yang pernah juga mengenakan rancangan batik hasil tangan desainer kenamaan tanah air untuk menemaninya bergaya di karpet merah lho.

Itulah beberapa kerajinan tangan yang sudah mendunia. Yuk, wujudkan rasa cinta Tanah Air dengan mengoleksi kerajinan tangan nusantara dari berbagai daerah di Indonesia. Pastikan kamu mematuhi protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, hingga memakai masker, saat berburu berbagai kerajinan tangan nusantara di berbagai daerah.

Sumber Foto Utama: Freepik.com